Selasa, 13 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Forlan-Suarez Masuk Skuat Uruguay

Posted: 13 May 2014 04:24 AM PDT

Pelatih tim nasional Uruguay, Oscar Tabarez telah merilis daftar 25 nama pemain yang akan dipersiapkan untuk berkompetisi pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Jumlah ini pun akan disusutkan menjadi 23 nama untuk dapat mengikuti ajang tersebut pada bulan Juni mendatang.

Tabarez kembali memanggil nama penyerang veteran, Diego Forlan. Penyerang berusia 34 tahun tersebut berhasil menunjukkan permainan terbaiknya bersama Uruguay pada Piala Dunia 2010 lalu. Ia pun berhasil menyabet gelar pemain terbaik pada ajang tersebut.

Selain itu, nama penyerang Liverpool, Luis Suarez, dan penyerang Paris Saint Germain, Edinson Cavani, juga akan dibawa pada ajang empat tahunan tersebut. Mereka akan bersaing dengan Cristian Stuani dan Abel Hernandez untuk memperebutkan posisi di lini serang Uruguay.

Penjaga gawang Galatasaray, Fernando Muslera nampaknya akan menjadi penjaga gawang utama Uruguay menyusul kemampuan apiknya bersama klubnya. Selain itu ada nama-nama yang bermain di klub Eropa lainnya seperti, Diego Lugano, Diego Godin, Martin Caceres, Cristian Rodriguez, dan masih banyak lagi.

Daftar 25 Pemain Uruguay:

Kiper: Fernando Muslera , Martin Silva, Rodrigo Munoz
Bek: Diego Lugano, Diego Godin, Jose Maria Gimenez, Martin Caceres, Maximiliano Pereira, Jorge Fucile, Sebastian Coates.
Gelandang: Egidio Arevalo Rios, Walter Gargano, Diego Perez, Sebastian Eguren, Alvaro Gonzalez, Alejandro Silva, Alvaro Pereira, Cristian Rodriguez, Gaston Ramirez, Nicolas Lodeiro.
Penyerang: Luis Suarez, Edinson Cavani, Diego Forlan, Cristian Stuani, Abel Hernandez.

Aaron Johnson Belum Rela Melepas Topeng Kick-Ass

Posted: 13 May 2014 04:20 AM PDT

Meski tak terikat kontrak, aktor Aaron Johnson mengaku tertarik untuk mengulang perannya sebagai superhero Kick-Ass di sekuel ketiganya nanti. Dikutip dari harian Ace Showbiz, Selasa (13/5/2014), pria yang kini tengah sibuk melawan Godzilla itu merasa siap jika sewaktu-waktu dipanggil oleh Mark Miller selaku pengarang komiknya.

"Aku memang belum terikat kontrak dengan sekuel ketiga. Tapi aku juga tidak terikat kontrak dengan sekuel kedua. Jadi kau pasti tahu maksudnya apa," kelakar Aaron saat menghadiri premiere "Godzilla" beberapa hari kemarin.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui kapan proyek anti hero ini bakal memulai proses produksinya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, hasil tak maksimal yang diterima 'Kick-Ass 2' rupanya tak akan berdampak apapun pada rencana penggarapan sekuel ketiga. Bahkan, menurut Mark Millar, presentase kemunculan Kick-Ass 3 sangatlah besar dan nyaris mencapai titik realita.

Padahal bila menyimak dunia komiknya sendiri, seri Kick-Ass baru sampai pada babak ke dua, yang dilanjutkan oleh komik spin-off bertajuk 'Hit-Girl' yang masih berjalan hingga saat ini. "Buku ketiga sudah hampir selesai," ucap Millar. "Ini akan menjadi sangat hebat," lanjutnya.(Feb/Rul)

Produksi Minyak Meleset, SKK Migas Salahkan Blok Cepu

Posted: 13 May 2014 04:19 AM PDT

Mundurnya puncak produksi Sumur migas Banyu Urip, Cepu yang dikelola oleh Mobil Cepu Limited (MCL) membuat produksi minyak Indonesia tidak mencapai target yang ditetapkan pemerintah pada tahun ini sebesar 870 ribu barel per hari (bph)

Dengan melihat kondisi produksi yang ada, Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) Gde Pradyana pesimistis target tersebut bisa dicapai.  "Target 870 ribu bph itu sulit dicapai," kata Gde dalam seminar Kahmi, di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Menurut Gde, tidak tercapainya target tersebut diakibatkan oleh produksi sumur minyak di blok Cepu yang molor. Semula blok tersebut ditargetkan dapat mulai produksi pada bulan ini. Namun karena ada kendala, produksi minyak di blok yang dikelola Exxon Mobil itu molor.

"Karena Cepu belum produksi di bulan Mei," ungkap Gde.

Gde memperkirakan  proyek itu mulai beroperasi pada November dengan tingkat produksi awal 20 ribu-30 ribu bph, sedangkan puncak produksi mencapi 160 ribu bph diperkirakan terjadi awal  2015.

 "Dari Cepu belum bisa kita nikmati, peak-nya awal tahun depan," tuturnya.

Dengan mundurnya puncak produksi Blok Cepu, maka Gde meperkirakan total produksi minya 2014 hanya mencapai 820 ribu bph, namun angka tersebut belum resmi disampaikan ke pemerintah dan DPR.

"Secara resmi angka belum disampaikan, berapa angka yang anu sudah kita menyampaikan kemungkinan kita perkirakan 820 ribu bph," pungkasnya. (Pew/Ndw)

Rita Ora Semangat Syuting 50 Shades of Grey

Posted: 13 May 2014 04:10 AM PDT

Berakting di depan kamera tak semudah kelihatannya. Hal ini rupanya yang dialami Rita Ora saat melakukan proses pengambilan gambar untuk film pertamanya yang bertajuk "50 Shades of Grey".

Dikutip dari harian MTV News, Selasa (13/5/2014), wanita yang dikenal sebagai penyanyi ini bahkan sempat melakoni pelatihan akting guna bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Ia juga mengaku kesulitan untuk menghilangkan logat aslinya. "Rasanya menyenangkan bisa mencicipi dunia yang belum pernah kulakoni sebelumnya. Aku mengenakan wig dan banyak belajar soal akting di sini."

Beruntung, meski tak kebagian sebagai pemain utama, Rita yang mendapatkan peran Mia Grey (adik angkat Christian Grey) merasa puas dengan karakter yang dimainkannya di adaptasi novel erotis ini. Apalagi, dirinya juga gemar bermain cambuk seperti halnya Mia Grey.

"Aku suka cambuk dan itulah alasannya Fifty Shades sangat cocok untukku, aku suka sekali membaca novel, dan aku sangat suka sesuatu yang tidak terduga," ujarnya ketika menjawab pertanyaan di "The Breakfast Club", Power 105.1 FM.

50 Shades of Grey sendiri berkisah tentang kehidupan seksual Anastasia Steele dengan pebisnis muda, Christian Grey. Rencananya, film besutan Sam Taylor-Johnson ini bakal dirilis serempak pada 13 Februari 2015 mendatang.(Feb/Rul)

Pengusaha Tak Banyak Berharap ke Pengganti Hatta Rajasa

Posted: 13 May 2014 04:07 AM PDT

Chairul Tanjung yang saat ini menjabat sebagai ketua komite Ekonomi Nasional (KEN) digadang-gadang akan menggantikan Hatta Rajasa yang berencana untuk mundur dari jabatan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian. Kalangan pengusaha menganggap pergantian tersebut tak terlalu berpengaruh kepada perkonomian Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menegaskan bahwa pengusaha tidak akan berharap terlalu banyak kepada pengganti Hatta. pasalnya, masa jabatan yang tersisa terhitung singkat.

"Kami tidak dapat berharap banyak dengan pergantian itu karena waktu hanya tinggal 5 bulan," tuturnya kepada Liputan6.com, Selasa (13/5/2014). Namun, Sofjan tetap mengapresiasi jika presiden mengisi kekosongan posisi Menko.

Mengenai Chairul Tanjung, sosok yang diperkirakan akan menggantikan posisi Hatta, Sofjan mengatakan bahwa sosok tersebut cocok. Hal ini jika melihat kedekatan CT dengan pemerintahan saat ini.

"Saya pikir dia baik, dia sudah dekat dengan presiden, ikut dalam sidang kabinet, dan sudah banyak menjalankan tugas-tugas kenegaraan, punya hubungan dengan menteri-menteri lain juga baik, saya pikir tepat untuk dia jadi menko," jelasnya. (dny/gdn)

Jerman vs Polandia: Kesempatan Pemain Muda Unjuk Gigi

Posted: 13 May 2014 04:07 AM PDT

Jerman mulai melakukan pemanasan jelang Piala Dunia 2014 di Brasil, Juni-Juli mendatang. Skuat besutan Joachim Low ini akan menghadapi Polandia dalam laga uji coba di Imtech Arena, Hamburg, Rabu (14/5/2014) dinihari WIB.

Low sendiri telah mengumumkan 30 pemain untuk skuat sementara Timnas Jerman. Untuk laga kontra Polandia, Low dipastikan tidak akan hampir semua pemain bintangnya. Dia tidak bisa memainkan para pemain dari Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen yang akan bertanding di final DFB Pokal, 17 Mei mendatang.

Selain itu, trio Arsenal yakini Per Mertesacker, Mesut Ozil, dan Lukas Podolski juga akan absen karena bermain di final Piala FA. Begitu juga dengan striker Chelsea Andre Schurrle dan Miroslav Klose (Lazio). "Ada beberapa pemain yang hilang, tetapi tidak darurat," kata Low seperti dilansir Soccerway.

Absennya sejumlah pemain bintang tentu kabar baik bagi pemain-pemain muda Jerman, seperti Kevin Volland , Leon Goretzka dan Max Meyer. Ketiga pemain ini telah dimasukkan ke dalam tim kedua dan akan berusaha untuk memberikan kesan bagus untuk Low.

Low sendiri telah memasukkan pemain muda dalam skuatnya seperti di Piala Dunia 2010, di mana saat itu muncul nama-nama seperti Ozil, Sami Khedira, dan Thomas Muller. "Kami membutuhkan pemain muda yang dinamis, seperti mereka yang mungkin baru saja  bergabung," ucapnya. "Mereka dapat memberikan dorongan segar."

Di kubu Polandia, laga uji coba ini kesempatan bagi mereka untuk meraih kemenangan perdana melawan Jerman. Dalam 17 kali pertemuan, Jerman 12 kali menang dan lima lainnya berakhir imbang.

Terakhir, kedua tim bertemu dalam pertandingan persahabatan pada 7 September 2011. Saat itu, Polandia menahan imbang Jerman 2-2.

NASA Mulai Latih Astronot untuk Taklukkan Asteroid

Posted: 13 May 2014 04:06 AM PDT

Ini bukan perwujudan film Armageddon di dunia nyata. Apalagi, belum ada ancaman serius batu angkasa itu pada peradaban manusia.

Namun, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mulai mewujudkan rencananya untuk mengirimkan astronotnya ke luar angkasa dan mendarat di asteroid.

Meski perwujudan rencana itu masih lama, tak bakal diwujudkan sampai tahun 2020-an, namun NASA tetap melakukan simulasi pendaratan asteroid yang melibatkan para astronot  -- di kolam renang sedalam 400 kaki atau sekitar 121 meter di Space Center di Houston.



"Kami sedang mengerjakan teknik dan alat yang mungkin akan kami pakai suatu saat nanti untuk mengeksplorasi sebuah asteroid kecil yang berada dalam orbit sekitar Matahari dan lalu ditarik oleh pesawat ruang angkasa robotik dan ditempatkan ke orbit di sekitar Bulan," kata Stan Love, salah satu astronot berpartisipasi dalam tes, seperti dimuat CNN, Selasa (13/5/2014).

"Saat batu angkasa berada di posisi yang tepat kita bisa mengirim orang ke sana untuk mengambil sampel dan melihatnya dalam jarak dekat," kata kita. "Itu tujuan kami, mencari alat yang memungkinkan kita melakukannya, tentang bagaimana kita mengambil sampel-sampel itu."

Stan Love dan koleganya, Steve Bowen -- yang di antara mereka telah mencatat 62 jam berjalan di angkasa luar (spacewalk) -- menyelam di kolam renang di Johnson Space Center NASA pekan lalu, mempraktikkan memanjat keluar dari tiruan pesawat Orion dalam versi aslinya dan mendarat di asteroid.

Berada di dalam air memungkinkan para astronot bergerak tanpa terpengaruh gaya gravitasi -- seperti berjalan di angkasa luar.

Dua astronot tersebut bekerja sama dengan para insinyur, mencoba untuk merumuskan alat dan perangkat yang mungkin mereka pakai. Misalnya, palu pneumatik (berisi gas) dan pakaian seperti apa yang cocok.

Menentukan Target

Selain menyiapkan astronot dan peralatan, NASA juga sedang mencoba memilih asteroid yang bisa menjadi target misi robotik, yang akan menangkap dan membawa batu angkasa itu ke orbit sekitar Bulan. Astronot kemudian akan menggunakan pesawat Orion untuk mengeksplorasi asteroid dan mengambil sampelnya.

Material dari inti asteroid bisa mengandung informasi tentang usia dan formasi Tata Surya.

Menuju Asteroid, lalu Mars adalah target baru NASA. Mengulang prestasi sebelumnya yang berhasil mengirimkan manusia ke Bulan.

Pada Kamis, 15 April 2010, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendukung mimpi besar itu. "Saya berharap dapat menyaksikan mimpi itu terwujud," kata Obama, di pangkalan pesawat luar angkasa, Kennedy Space Center -- di mana manusia pertama ke Bulan diberangkatkan, seperti dimuat laman Daily News.

Perjalanan ke asteroid adalah perintis, sebelum mewujudkan mimpi besar -- ekspedisi ke planet merah, Mars, yang akan jadi prestasi kolosal yang dicatat sejarah. Sama halnya ketika mengirimkan manusia pertama ke Bulan.

"Kita menginginkan lompatan di masa depan. Tidak menapak terus di jalan yang sama," kata Obama.

Obama tak memprediksi kapan mimpi itu bisa terwujud. Tapi, kata dia, pada 2025, AS akan memiliki pesawat luar angkasa baru yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh. "Kita akan memulai dengan mengirim astronot ke asteroid untuk kali pertamanya dalam sejarah," kata Obama. "Pertengahan tahun 2030-an, saya yakin kita akan bisa mengirim manusia ke orbit Mars dan mengembalikan mereka dengan selamat ke Bumi."

Apa yang diucapkan Obama mirip deklarasi Presiden John F Kennedy pada 1961. "Saya percaya bangsa ini akan mewujudkan mimpi, sebelum dekade ini berakhir, mendaratkan manusia ke Bulan dan kembali dengan selamat ke Bumi," kata Kennedy saat itu.

Pada 1969, mimpi tersebut terwujud. (Yus)

Rasa Cinta Mengurangi Kecemasan

Posted: 13 May 2014 04:00 AM PDT

Rasa cinta memiliki efek positif yang bisa bertahan lama. Bahkan penelitian menunjukkan, hubungan romantis bisa berefek positif pada pengembangan kepribadian orang dewasa muda. Ini semua disebabkan mencintai dan dicintai menurunkan rasa cemas dan neurotisisme.

"Orang-orang neurotik agak cemas, tak aman, dan mudah kesal. Mereka memiliki kecenderungan depresi, sering menunjukkan rasa rendah diri dan cenderung tak puas dengan kehidupan mereka," kata Dr Christine Finn

Penelitian ini dilakukan para psikolog dari Universitas Jerman, Jena dan Kassel, yang diterbitkan dalam Journal of Personality seperti dilansir Sciencedaily, Selasa (143/5/2014).

Namun, menurut Jena pada penelitian tersebut ditemukan orang-orang tersebut menjadi lebih stabil dalam hubungan percintaan dan kepribadian mereka pun stabil.

Pada studi ini, sebanyak 245 pasangan berusia 18 sampai 30 tahun dianalisa korelasi antara kepuasan hubungan dan neurotisme selama sembilan bulan. Mereka diwawancarai setiap tiga bulan.

Para peneliti juga meminta peserta membayangkan skenario yang dibuat dan bagaimana reaksi mereka. "Bagian ini sangat penting karena orang yang neurotik memproses pengaruh dari luar secara berbeda," kata peneliti.

Misalnya saja, orang neurotik bereaksi lebih kuat terhadap rangsangan negatif dan cenderung menafsirkan situasi negatif dengan ambigu, bukan positif atau netral.

Para ilmuwan menemukan bahwa kecenderungan ini secara bertahap menurun dari waktu ke waktu ketika berada dalam hubungan romantis. Semakin lama seseorang menjalin hubungan maka semakin sedikit situasi negatif yang terlihat.

"Emosi positif yang diperoleh dengan memiliki pasangan mengubah kepribadian, tapi secara tidak langsung," kata peneliti.

Anime Tentang Pelajar Berpakaian Minim Sedang Laris

Posted: 13 May 2014 04:00 AM PDT

Beragam tema dalam sebuah anime sudah cukup banyak hingga membuat sebuah judul tersebut laris manis. Salah satunya adalah Kill la Kill yang sukses menempati posisi puncak tangga animasi Oricon di Jepang.

Dikutip dari Anime News Network (13/5/2014), Kill la Kill sukses menduduki peringkat animasi DVD dan Blu-ray Jepang melalui volume kelima. Anime ini sukses menggilas judul-judul seperti Noragami, Black Butler, Arpeggio of Blue Steel, hingga Naruto Shippuden.

Padahal kalau dicermati, anime ini sarat akan unsur sensual dengan memamerkan bagian tubuh setiap karakter wanita maupun pria. Bahkan di beberapa cerita, anime ini menyiratkan eksistensi kaum nudist (pelaku gaya hidup telanjang).


Kisah dalam anime ini berkutat pada seorang pelajar remaja wanita yang mengembara demi mencari pembunuh ayahnya. Hal itu membawanya kepada konflik dengan presiden dewan pelajar di sebuah akademi serta kerajaan fesyen milik ibunya.

Keunikan dalam anime ini adalah konsep seragam khusus di setiap pelajar yang bisa membuat mereka memiliki kemampuan super. Bahkan, seragam tersebut juga bisa berkomunikasi dengan para penggunanya dan berubah menjadi pakaian minim saat memancarkan kekuatannya.

Anime Kill la Kill sudah tayang di televisi Jepang sejak 3 Oktober 2013 hingga 27 Maret 2014 sebanyak 24 episode. Versi manga sudah dirilis sebanyak dua jilid dengan Ryo Akizuki sebagai pembuatnya.(Rul/*)

Sambangi Jakarta, Bos BlackBerry Disambut Macet

Posted: 13 May 2014 04:00 AM PDT

Bos BlackBerry, John Chen menyempatkan diri menyambangi Jakarta untuk melucurkan produk smartphone terbarunya, BlackBerry Z3. Sesampainya di Jakarta, ia dikejutkan dengan kemacetan lalu lintas yang menyambutnya saat mendarat di Ibukota Indonesia.

"Saya sampai kemarin, saya sangat senang dengan sambutan yang saya terima sewaktu mendarat di bandara. Sayang sekali, kondisi lalu lintas di sini sangat parah," cerita Chen kepada awak media dan tamu undangan yang hadir di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Dirinya mengaku ini merupakan kali pertama baginya menyambangi Indonesia, khususnya Jakarta. Ia juga mengaku kedatangan pertamanya ke Jakarta membuatnya kagum atas kemajuan yang terjadi.

"Ini menjadi kunjungan pertama saya ke Jakarta. Tapi saya mengerti, Jakarta merupakan kota yang memiliki pertumbuhan tercepat di dunia. Kota yang paling banyak menggunakan BlackBerry, dunia cukup tahu soal itu," kata Chen memuji Jakarta.

Pria berkebangsaan Amerika Serikat yang keturunan Hong Kong ini pun mengungkapkan sangat gembira dengan sambutan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia atas kehadirannya. Ia berharap bisa kembali datang ke Indonesia lebih sering ke depannya.

"Orang Indonesia memang ramah, seperti yang banyak orang ceritakan. Semoga nanti saya bisa kembali datang ke Indonesia lebih sering," pungkasnya.