Jumat, 16 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


OJK: Bank Mandiri Rugi Reputasi

Posted: 16 May 2014 04:34 AM PDT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku tak memberikan sanksi kepada PT Bank Mandiri Tbk atas kasus pembobolan dana nasabah dengan modus skimming mesin ATM. Namun bank yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut wajib mengganti rugi seluruh dana nasabah yang lenyap akibat kasus tersebut.

Deputi Komisioner Manajemen Strategis I OJK, Lucky Fathul Hadibrata mengatakan, akibat kasus ini, reputasi Bank Mandiri telah tercoreng. Ini salah satu kerugian yang diderita bank pelat merah tersebut.

"Kami tidak beri sanksi, tapi itu kerugian reputasi Bank Mandiri sendiri. Berarti sistem keamanannya kurang. Masyarakat menilai lebih baik saya pindah ke tempat yang aman. Itu kerugian dia," ungkap dia di kantornya, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

OJK, lanjutnya, selalu memperingatkan dan melakukan penilaian kepada seluruh lembaga keuangan termasuk perbankan dari sisi pelaksanaan governance.

"Kami yang meminta Bank Mandiri ganti rugi, makanya perlindungan konsumen tetap harus berjalan. Dimonitor, dia harus lapor dan kami juga buka pengaduan atas ketidakpuasan pelayanan bank," terangnya.

Lucky mengaku, saat ini Bank Mandiri telah menyelesaikan sebagian besar pemblokiran ribuan nasabah yang terindikasi terkena skimming.

"Kalau lebih dari tiga hari sebenarnya dia makin rugi, makanya sekarang sudah selesai. Nasabah cek uang lagi di rekening pasti sudah balik," tukas dia. (Fik/Gdn)

Mengintip Keindahan Masjid Nasir al-Mulk, Masjid Berwarna Pink

Posted: 16 May 2014 04:30 AM PDT

Masjid sebagai tempat beribadah selain memancarkan kedamaian, ternyata dapat juga memancarkan keindahan lewat arsitektur yang dimilikinya. Seperti halnya masjid berikut ini yang memancarkan keindahan dan kemegahannya kepada dunia.

Seperti yang dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (16/5/2014), masjid kokoh nan indah ini terkenal dengan nama Pink Mosque atau Masjid Pink.

Warna dari Masjid ini memang tidak serta merta seluruhnya berwarna pink, namun masjid yang bernama asli Nasir al-Mulk ini menyimpan keindahan yang luar biasa di dalamnya.

Untuk membuktikan keindahan daripada masjid tersebut, Anda hanya perlu menunggu hingga matahari menerpa masjid yang terletak di Shiraz, Iran ini.

Masjid Nasir al-Mulk ini dipenuhi kaca yang berwarna-warni. ketika Anda masuk di dalamnya pada siang atau pagi hari, Anda bisa melihat warna-warni yang memenuhi ruangannya.

Percaya atau tidak, ternyata konsep bangunan ini adalah warisan dari kehidupan di tahun 1876. Pembangunan Masjid Nasir al-Mulk sendiri dirampungkan pada tahun 1888.

Di langit-langit masjid, Anda juga bisa melihat keramik cantik yang tertata apik dan sangat menawan. Menunjukan kemegahan dan keindahan yang tiada tara. Masjid ini adalah satu dari sekian masjid yang memiliki kaca warna-warni sebagai penghiasnya.

Lebih lanjut, masjid ini akan menampakan kepada Anda dua sisi yang berbeda yaitu sisi yang nampak redup dan ada sisi yang tampak merona.

Berikut keindahan dari masjid pink, Nasir al-Mulk:

 

 

Godzilla, Kembalinya Sang Dewa Monster

Posted: 16 May 2014 04:30 AM PDT

Masih ingatkah anda dengan kehadiran "Pacific Rim" pada pertengahan 2013 kemarin? Meski tidak mampu berbicara banyak dalam hal perolehan, karya sutradara Guillermo del Toro itu seolah membuktikan kalau film bertema raksasa masih mampu membuat para penonton terloncat dari kursinya.

Alhasil, tidak berlangsung lama setelah kegagalannya di box office Amerika, Guillermo del Toro pun mulai terobsesi untuk mengulang keberuntungan lewat sebuah sekuel. Ia bahkan nekat menulis skrip bersama Travis Beacham meski belum ada lampu hijau dari Legendary Pictures.

Lalu bagaimana dengan Godzilla? Monster paling populer di Jepang yang sempat diadaptasi Hollywood dan menjadi olok-olokan para pengamat film.

Dipegang oleh sutradara asal Inggris, Gareth Edwards, film yang belakangan ketambahan angka 2014 di judulnya ini, mencoba menggali sisi protagonis yang ada dalam sosok Godzilla.

Apalagi, dengan kemampuan olah drama Gareth yang sudah teruji lewat film indie bertajuk "Monsters" pada 2010 lalu, para produser pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat film ini menjadi tontonan yang memiliki kekuatan pada segi drama.

Hasilnya, KABOOM!! aplikasi naskah karya Max Borenstein dan David Callaham itu berhasil menjadi perbincangan baru di kalangan penikmat film. Hal itu juga sukses membuat orang lupa dengan karya Rolland Emmerich yang beberapa hari kemarin masih dijadikan bahan perbandingan oleh beberapa pengamat film.

Padahal, bagi generasi 1990-an yang menonton Godzilla di bioskop ketika masih kecil, versi 1998 sebenarnya tidak seburuk yang dibilang para kritikus dan fans setia Godzilla. Secara penghasilan, film yang dibintangi oleh Matthew Broderick itu juga sukses memperoleh US$ 379 juta dari peredarannya di seluruh dunia.

Lantas, seperti apa raja monster yang diusung Hollywood kali ini?

http://cdn1.production.liputan6.com/medias/677938/big/godzilla05.jpg

Diadaptasi dari salah satu serial anak-anak populer di Jepang, Godzilla versi Legendary Pictures berkisah tentang ilmuwan Daisuke Serizawa (Ken Wanatabe) dan Vivienne Graham (Sally Hawkins) yang menemukan dua kepompong raksasa dalam kerangka purba di sebuah tambang di Filipina.

Kejadian itu kemudian berlanjut dengan gempa besar di wilayah nuklir Janjira, Jepang yang menewaskan banyak warga, termasuk istri dari teknisi nuklir Joe Brody (Bryan Cranston) yang turut tewas di saat kebocoran nuklir terjadi.

15 tahun kemudian, dibantu oleh sang anak, Ford Brody (Aaron Taylor-Johnson), Joe yang masih belum bisa beranjak dari peristiwa itu pun berusaha mencari tahu penyebab asli dari kejadian tersebut. Hal inilah yang akhirnya menyibak sebuah misteri besar yang sudah ditutupi sejak masa Perang Dunia Kedua.

http://cdn0.production.liputan6.com/medias/672529/big/wallpaper_2.jpg

Di luar dramanya yang cukup kuat, beberapa rasa ketidakpuasan pun turut mengiringi film ini, salah satunya adalah porsi kemunculan sang monster yang tergolong sedikit. Apalagi jika memperhatikan durasi film yang mencapai 123 menit.

Ibarat kata, ketimbang jor-joran dalam menampilkan pertempuran melawan monster raksasa seperti layaknya Pacific Rim, Gareth lebih memilih fokus pada drama manusia selaku para pemain utamanya.

Beruntung, meski porsi manusia terhitung banyak, kehadiran mereka tidak terlalu mengintimidasi dan menyebalkan seperti layaknya Sam Witwicky (Shia Labeouf) saat ikut bertarung bersama Transformers. Semuanya tergolong seimbang sehingga klimaks tetap bisa dicapai lewat kegagahan sang monster sendiri.

Akhir kata, selain berhasil tampil sebagai penyelamat manusia, Godzilla 2014 juga bisa disebut sebagai salah satu penyelamat nama Godzilla di tangan Hollywood.(Feb/Rul)

Kerennya Pelepasan Lampion di Hari Waisak 2014

Posted: 16 May 2014 04:29 AM PDT

Perayaan Waisak merupakan hari yang disucikan dan dan dimuliakan umat Buddha di seluruh dunia, perayaan Vesak di Indonesia biasanya berpusat di kawasan Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah. Kemarin, Kamis 15 Mei 2014 perayaan yang diperingati tiap tahun itu pun berjalan dengan sakral.

Umat Buddha menjalankan proses demi proses dengan suasana khusyuk, para umat duduk bersila diam dengan sikap tangan anjali. Setiap tahunnya perayaan Vesak selalu menjadi perayaan yang menarik minat turis lokal maupun turis asing untuk datang ke Borobudur. Beberapa dari mereka tertarik mengikuti proses dari awal sejak Rabu 14 Mei 2014.

Prosesi akhir dari perayaan ini yang paling di nanti-nanti oleh turis yaitu pelepasan seribu lampion sebagai tanda penutupan ritual Tri Suci Waisak 2558 EB / 2014. Dalam penutupan ritual tersebut suasana sakral terasa saat lampion-lampion dilepaskan ke langit pada malam hari.

Perayaan Vesak juga meramaikan linimasa, mulai dari ucapan selamat dari para Tweeple untuk para umat Buddha yang merayakannya, hingga postingan foto para Tweeple saat mengikuti prosesi pelepasan lampion di Borobudur.

(Foto: @Runners_JKT)

(Foto: @Dmzbayu)

(Foto: @swaragamafm)

Sayangnya tahun ini para Tweeple tidak bisa melihat prosesi pelepasan lampion secara dekat karena hanya para tamu undangan dan umat Buddha saja yang boleh mendekati candi Borobudur. Hal ini dikarenakan pada perayaan tahun 2013, prosesi Vesak di Borobudur berjalan dengan kacau sebab para turis melanggar peraturan seperti beberapa fotografer amatir yang melewati garis khusus umat Buddha yang sedang berdoa. 

Menurut umat Buddha, Pelepasan lampion ke angkasa merupakan simbol penyampaian doa-doa dan harapan kepada sang Buddha untuk kebaikan umat manusia di masa yang akan datang.

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:

Almira Yudhoyono pun Demam Lagu `Let It Go' Frozen

Perempuan ini "Pede" Luar Biasa, tapi Dibenci

Fotografer Ini Memadukan Adegan Film dengan Objek yang Difotonya 

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

 

Pabrik Gula di NTB Dirusak Massa

Posted: 16 May 2014 04:25 AM PDT

Sebuah pabrik gula yang baru dibangun di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat,  dirusak serta dibakar massa. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (16/5/2014).

Dengan berbekal berbagai jenis senjata tajam, massa yang merupakan warga Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, menyerbu pabrik gula. Selain merusak puluhan hektar lahan tebu, mereka juga membakar kendaraan operasional pabrik dan gudang penyimpanan. Puluhan personel Brimob Polda NTB yang berjaga di lokasi tak mampu membendung aksi massa. Aksi anarkis warga diduga dipicu karena keberadaan pabrik gula, kegiatan menggembalakan ternaknya di areal kebun tebu dan juga rencana perluasan lahan baru.

Sementara itu, Polres Gorontalo Kota menggagalkan upaya penyelundupan ribuan liter minyak tanah yang didatangkan dari wilayah Pagimana, Sulawesi Tengah. Dalam penggeledahan di kapal baronang yang ditangkap, polisi mendapati ratusan kardus berisi minyak tanah. Bahkan untuk mengelabui petugas, para pelaku mengemas minyak tanah selundupan ke dalam koper dan kardus ikan.

Beralih ke Jawa Timur, Pengadilan Negeri Jombang menjatuhkan vonis 3 bulan 10 hari dan denda Rp 1 juta kepada Farid Alfarisi, menantu wakil Bupati Jombang atas kasus tabrak lari hingga menyebabkan korbannya meninggal dunia. Vonis itu lebih ringan 3 bulan dari tuntutan jaksa yang menegaskan terdakwa secara sah telah melanggar UU Lalu Lintas dan angkutan jalan.

Sedangkan di Samarinda, Kalimantan Timur, dengan berdalih terpengaruh tontonan video porno, 2 pria melampiaskan hasratnya pada 2 bocah. Tersangka merupakan buruh bangunan yang tega mencabuli anak tirinya. Seorang tersangka lain yang masih berusia belasan tahun, tega mencabuli keponakannya sendiri. Kini, kedua tersangka yang diringkus polisi harus mendekam di dalam sel.

Di Bekasi, Jawa Barat, petugas Satpol PP Kota Bekasi menggembok paksa rumah ibadah atau kantor milik jemaah Ahmadiyah di Pondok Gede. Hal itu dilakukan terkait dikalahkannya Pemkot Bekasi dalam sidang gugatan di Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Sementara, Pemkot Bekasi berpegang pada surat walikota dan surat keputusan 3 menteri yang melarang seluruh kegiatan jemaah Ahmadiyah. (Yus)

Juve Siapkan Kontrak Baru untuk Pirlo

Posted: 16 May 2014 04:25 AM PDT

Pemain veteran Andrea Pirlo bakal berstatus bebas transfer pada musim panas ini menyusul akan habis kontraknya dengan Juventus. Akan tetapi Juve tidak ingin kehilangan Pirlo, sehingga mereka tengah mempersiapkan kontrak baru untuk pemain berusia 34 tahun itu untuk masa kerja dua tahun.

"Lebih atau kurangnya kami sudah mencapai kesepakatan. Saya berharap pengumuman akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang," kata Pirlo kepada Gazzetta dello Sport, Kamis (15/4/2014).

Pirlo, yang terpilih sebagai Pemain Terbaik Seri A dua kali berturt-turut (2012, 2013), sangat menikmati kebersamaannya dengan Juventus. Pemain asal Italia itu bergabung dengan Juve dari AC Milan pada tahun 2011 dan menjadi pemain utama selama di Turin.

Selama membela Juve musim ini, performa Pirlo terbilang gemilang. Ia mencetak empat gol dalam 29 penampilannya di liga untuk membantu Juve meraih Scudetto untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Terkait dengan masa depannya di Juve, Pirlo berharap Conte akan tetap duduk di kursi pelatih. Pernyataan itu dikeluarkan Pirlo menyusul kabar yang mengatakan Conte bakal hengkang setelah tiga musim sukses yang bertanggung jawab atas Nyonya Tua.

"Saya berharap, pertandingan melawan Cagliari pada akhir pekan ini bukan menjadi pertandingan terakhir Conte dengan Juventus. Dalam tiga tahun, ia telah membawa kami memenangkan tiga gelar liga," ucap Pirlo.

Dalam laga pamungkas melawan Cagliari nanti, Juve hanya membutuhkan satu poin untuk menjadi klub pertama di Italia yang mampu mencapai 100 poin dalam satu musim.

"Ini merupakan prestasi penting. Kami memiliki kesempatan untuk melakukannya dan kami tidak akan melewatkan kesempatan ini," ucap Pirlo.

Garuda Tambah Armada Dukung Sail Raja Ampat

Posted: 16 May 2014 04:20 AM PDT

Maskapai PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan menambah armada penerbangan ke Sorong, Papua Barat untuk mendukung Sail Raja Ampat pada 20 Juni 2014. Dengan penambahan armada itu maka dalam sehari penerbangan dengan rute Jayapura-Sorong dapat mencapai tujuh kali penerbangan.

General Manajer PT Garuda Indonesia  wilayah Jayapura, Wahyudi mengatakan, penambahan rut eke Sorong, juga disertai dengan penambahan rute baru yakni Jayapura-Sorong-Manado dan sebaliknya dengan dua kali penerbangan dalam sehari.

“Peningkatan penumpang Jayapura-Sorong selalu full booking. Pesawat kami berkapasitas 12 kursi bisnis dan 120 kursi di kelas ekonomi. Harga untuk rute Jayapura-Sorong juga tidak mengalami peningkatan yakni Rp 1,2 juta,” jelas Wahyudi, Jumat (16/5/2014).

Pihaknya juga mengaku  penerbangan dengan rute Jayapura-Sorong-Manado, dapat mempermudah masyarakat di Manado dan sekitarnya untuk ke Raja Ampat, melalui Sorong.

Rute ini juga terus mengalami peningkatan. Rata-rata penumpang melewati Manado-Sorong, salah satunya dengan tujuan akhir di Raja Ampat.

Maskapai Garuda juga mengklaim tahun ini akan mendatangkan pesawat jenis ATR, untuk melayani sejumlah kabupaten di Papua, di antaranya Kabupaten Jayawijaya dan Nabire.  “ATR dipastikan bisa mendarat di runway 1.200 meter. Tahun ini kami mencoba dua kabupaten,” ucap dia lagi.

Pipik Kembali Ingat Momen Sedih Ditinggal Uje

Posted: 16 May 2014 04:20 AM PDT

Totalitas berakting diperlihatkan Pipik Dian Irawati, istri mendiang Ustad Jefri Al Buchori (Uje), saat melakoni penggarapan videoklip milik band Wali yang berjudul Jamin Rasaku.

Janda empat anak begitu menghayati penggalan lirik demi lirik yang dilantunkan Wali tentang penggambaran kesedihan sekaligus ketegaran seseorang saat ditinggal orang-orang yang dicintainya.

"Ya iyalah, wajah siapa lagi yang saya ingat selain beliau (Uje)," ucap Pipik saat disinggung tentang caranya menghayati lagu tersebut di kediamannya di Bukit Mas, Rempoa, Jakarta Selatan, Jumat (16/5/2014).

Linangan air mata sempat terlihat di mata Pipik saat menghayati lagu yang dilantunkan oleh Faank Cs. Ia menyebut hal itu bukan sebagai ratapan untuk kembali mengingat Uje, melainkan proses berserah diri kepada Tuhan.

"Saya kembalikan di sini sebagai puncaknya tawakal, saat semuanya kembali kepada Allah," tegas Pipik.

Pipik menilai lagu berjudul `Jamin Rasaku` bermakna luas. Tak hanya mengingatkan kembali kesedihan terhadap Uje, tapi juga keluarganya yang lain.

"Lagunya nyambung kemana-mana, nggak cuma ke almarhum saja. Tadi pas syuting saya juga memikirkan ayah saya yang sedang sakit," tutupnya.(Gie/Mer)

Dua Kali Menolak, Ini Alasan Chairul Tanjung Mau Jadi Menteri

Posted: 16 May 2014 04:18 AM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku pernah dua kali mengajak Chairul Tanjung untuk masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Bersatu baik di Jilid I maupun Jilid II.

Namun dari sekian kalinya dia menawarkan jabatan menteri kepada Pria yang akrab disapa CT, SBY mengaku selalu ditolak oleh. Lalu mengapa kali ini pemilik Trans Corp itu bersedia?

Saat ditemui di Istana Kepresidenan, CT mengaku keinginannya menerima tawaran SBY sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian kali ini karena masa jabatan kali ini hanya selama lima bulan. Dalam masa tugasnya yang relatif singkat itu, negara akan terfokus dalam pelaksanaan Pemilu Presiden pada Juli 2014.

"Semua ini akan berakibat tidak ada lagi yang terfokus masalah ekonomi, padahal situasi ekonomi tingkat global maupun domestik banyak tantangan berat dan luar biasa yang harus diatasi, melihat hal seperti ini. Saya mengiklaskan diri saya untuk mengemban jabatan menjadi Menko Perekonomian," kata Chairul Tanjung, Jumat (16/5/2014).

Chairul Tanjung menjelaskan, Dia juga telah memiliki prinsip untuk hanya selama lima bulan itulah dirinya masuk dalam kabinet pemerintahan. Dia memastikan bakal menolak jika ditunjuk kembali sebagai Menko Perekonomian atau menteri lain di masa pemerintahan selanjutnya.

Dengan komitmennya tersebut CT mengaku ikhlas akan mencurahkan segala kemampuannya demi mengemban tugas sebagai Menko Perekonomian yang menyita banyak waktu.

"Saya tidak bersedia diminta Presiden yang akan datang untuk melanjutkan jabatan ini atau menjadi menteri kabinet yang akan datang. Ini menjadikan saya betul-betul menyelesaikan tugas kabinet ini dan untuk menyiapkan pondasi terkait pemerintah akan datang, oleh karena itu saya tidal terlibat conflict of interest mendukung siapapun," paparnya.

Lebih lanjut, Chairul Tanjung juga membantah selama jelang pemilu, kementerian dilarang mengambil kebijakan strategis dengan tujuan supaya tidak menimbulkan keresahan masyarakat.

"Jadi filosofisnya tidak boleh mengambil kebijakan strategis tanpa konsultasi Pak Presiden, kalau konsultasi ya boleh. Yang pasti semua kebijakan bersifat strategis akan saya konsultasikan dengan Pak Presiden dan pemerintahan baru nantinya," pungkas CT. (Yas/Ndw)

Jokowi Resmikan Pasar Bawa Sarung

Posted: 16 May 2014 04:17 AM PDT

Gubernur DKI, Joko Widodo meresmikan pasar Jembatan Dua, Jakarta, Jumat (16/5/14). (Liputan6.com/Herman Zakharia)