Senin, 12 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Ada Becak di Amrik!

Posted: 12 May 2014 04:54 AM PDT

Siapa bilang becak hanya ada di Indonesia atau Asia saja? Di negara moderen yang mengaku adidaya ini pun, becak menjadi salah satu sarana transportasi yang populer.

Becak ini hanya bisa ditemui di kota Savannah di Amerika Serikat. Sarana transportasi dengan sepeda ini memang populer di kota kecil ini. Bentuknya pun hampir mirip dengan becak di Tiongkok dan Indonesia, hanya saja penampilannya terlihat lebih kokoh.

Di Savannah, becak ini disebut dengan nama Pedicab dan hanya diperbolehkan beroperasi di wilayah wisata. Menariknya, para pengemudi becak ini umumnya masih berusia muda dan tampan. Wah!

Para penduduk Amrik yang berkunjung ke Savannah umumnya senang menggunakan pedicab ini, terutama setelah mereka lelah berjalan kaki memnyusuri kota tua, atau terjebak dalam kemacetan yang padat.

Anda bahkan bisa mengikuti Pedicab tur keliling tempat-tempat bersejarah di kota Savannah. Pemandunya tentu saja sang pengemudi pedicab itu sendiri. Umumnya, mereka dibekali dengan pengetahuan dasar mengenai tempat-tempat bersejarah di kota tersebut.

Savannah sendiri merupakan kota kecil berusia tua yang terletak di negara bagian bernama Georgia. Kota ini terkenal dengan gedung-gedung bersejarahnya yang kebanyakan masih utuh dan menjadi salah satu pelengkap cerita terbentuknya negara Amerika Serikat. (Liz)

Peredaran Minuman Alkohol Diperketat, Ini Kata Bos Multi Bintang

Posted: 12 May 2014 04:54 AM PDT

Manajemen PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) menyatakan tidak khawatir dengan langkah pemerintah memperketat peredaran minuman beralkohol.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperketat peredaran minuman beralkohol yang dijual secara umum. Pembeli jenis minuman ini nantinya harus berusia di atas 21 tahun dan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP).

Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk, Michael Chin mengatakan, pihaknya tidak keberatan dengan adanya peraturan ini. Pasalnya selama ini yang menjadi konsumen dari produk bir perusahaan ini adalah konsumen dewasa dengan usia di atas 21 tahun.

"Ini adalah peraturan terbaru, tetapi kenapa tidak, karena fokus kami tidak pernah untuk orang di bawah umur," ujar Michael di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (12/5/2014).

Dia mengungkapkan, untuk mengantisipasi aturan ini, pihaknya akan menggandeng beberapa toko ritel yang mendistribusikan produk-produknya terutama terkait pengetatan ini.

"Itu tugasnya reseler untuk ini, kami hanya mengikuti peraturan. Ritel semua kerjasama tidak hanya Multi Bintang, ada Circle-K, Sevel, sudah berjalan, mungkin nanti Midi masih dalam proses," kata Michael.

Seperti diketahui, Kemendag melakukan pengetatan terhadap peredaran minuman beralkohol di dalam negeri. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 20/M-DAG/PER/4/2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengawasan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Dalam regulasi tersebut, membagi minuman beralkohol dalam tiga kelompok yaitu golongan A, golongan B, dan golongan C. Golongan A adalah minuman yang mengandung 5% alkohol, Golongan B adalah minuman yang beralkohol kadar 5%-20%, dan Golongan C adalah minuman beralkhohol berkadar 20%-55%. (Dny/Ahm)

4 Nama Karakter yang Konyol di Drama Korea

Posted: 12 May 2014 04:50 AM PDT

Drama Korea terkenal dengan jalan ceritanya yang membuai sehingga membuat penggemar terjerat ke dalamnya. KDrama Lovers--sebutan penggemar drama Korea--menyangka jika karakter di drama favorit mereka terkesan keren.

Sayangnya, tak semua nama dalam karakter KDrama ini keren. Ada juga nama konyol dan unik yang membuat orang lain tertawa geli. Simak saja berikut ini!

Gu Mi Ho - My Girlfriend is a Gumiho (2010)

Gu Mi Ho - My Girlfriend is a Gumiho (2010)

Bercerita tentang siluman rubah berekor sembilan yang hidup pada masa ratusan tahun lalu. Gara-gara satu hal, karakter ini tiba-tiba harus mendapati dirinya dalam masa Korea modern.

Drama yang diperankan Lee Seung Gi dan Shin Min Ah ini, memiliki satu nama yang unik. Dia adalah Gu Mi Ho. Sesuai dengan ceritanya mengenai siluman rubah, nama Gu Mi Ho yang diperankan aktris cantik memiliki arti rubah ekor 9.

Byun Tae Shik – “Shining Romance “ (2014)

Byun Tae Shik – Shining Romance (2014)

Drama ini diperankan oleh Lee Jin, Park Yoon dan Jo An yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang wanita super yang memiliki suami "tak berguna". Kehidupannya pun harus mengalami pasang-surut ketika bercerai dengan suaminya.

Di drama ini ada salah satu karakter yang bernama Byun Tae Shik ternyata memilki arti nama yang terdengar kurang sopan. Dalam hange-ul atau bahasa Korea, Byun Tae Shik berarti mata keranjang.

Gae In - Personal Taste“(2010)


Gae In - Personal Taste (2010)

Drama yang diperankan Son Ye Jin dan Lee Min Ho ini, bercerita tentang kisah cinta yang rumit antara wanita dengan pria. Son Ye Jin berperan sebagai Gae In, merupakan wanita yang patah hati dan berjanji tak ingin jatuh cinta lagi.

Sementara, Lee Min Ho demi memuaskan keinginanya harus berpura-pura sebagai gay untuk tinggal bersama Gae In yang merupakan putri dari sriket ternama. Ternyata nama Ga In sendiri memiliki arti yang unik yaitu milik seseorang, tentu saja berbanding terbalik dengan awal cerita kisah ini.

Geum Jan Di - “Boys over Flowers” (2009)

Geum Jan Di - Boys over Flowers (2009)


Masih ingat kan dengan drama `Boys Over Flower` yang melambungkan nama Lee Min Ho? Di drama ini, Lee Min Ho berperan dengan Koo Hye Sun sebagai Geum Jan Di.

Ceritanya mengenai seorang gadis dari keluarga biasa yang memiliki toko laundry di dekat sekolah Shinhwa, sekolah paling ternama dan bergengsi di Korea Selatan. Sesuai dengan ceritanya, Geum Jan Di ternyata memiliki arti sebagai ilalang.

Baca juga:

Boys Over Flowers Vs Boys Before Friends

Boys Over Flowers Vs Boys Before Friends
Boys Over Flowers Vs Boys Before Friends
Boys Over Flowers Vs Boys Before Friends

Asosiasi Logistik Minta Kereta Api Indonesia Tingkatkan Layanan

Posted: 12 May 2014 04:42 AM PDT

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) memberi apresiasi pada Kementerian Perhubungan dengan diadakannya double track (jalur ganda) pada lintasan kereta api. Jalur ganda itu dinilai akan meringankan beban pengiriman logistik terutama di jalan raya.

Chairman ALFI, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, adanya jalur ganda ini diperkirakan mampu memangkas beban pengiriman logistik di jalan raya sebesar 30%. "Saya kira sangat setuju kurangi beban jalan 30%," kata dia, Jakarta, Senin (12/4/2014).

Meski demikian, kata dia,  PT Kereta Api Indonesia mesti meningkatkan pelayanan dalam mengelola jalur ganda untuk pengiriman logistik. Hal ini dikarenakan, double track sendiri disiapkan untuk penumpang, bukan untuk barang.

Tak hanya itu, ia menjelaskan biaya penggunaan kereta api sendiri masih terbilang relatif lebih tinggi. "Cost kereta api  masih lebih tinggi dari jalan raya. Kurang lebih 13%," lanjutnya.

Oleh karena itu, dengan biaya cukup tinggi, maka ia meminta agar KAI tidak hanya berorientasi pada keuntungan tapi juga pelayanan. "Dia (KAI) harus punya sifat melayani. Jangan KAI  berorientasi provit, ini yg kita bicarakan," pungkas dia. (Amd/Ahm)

RSHS Rawat 7 Pasien Terduga Virus Mers

Posted: 12 May 2014 04:40 AM PDT

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung kini merawat 7 orang, yang diduga terkena virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) atau yang lebih dikenal sebagai virus unta. Salah satu di antaranya anak berusia dua tahun.

Kepala Humas RSHS Nurul Wulandhani mengatakan, anak berusia 2 tahun berinisial A tersebut merupakan pasien rujukan dari RS Santosa Bandung. Sebelum dilakukan perawatan A bersama orangtuanya usai Umrah dari Arab Saudi.

"Pasien A rujukan dari RS Santosa. Pasien tersebut sebelumnya dibawa sama keluarga untuk pergi umrah," katanya saat ditemui di RSHS Bandung, Senin (12/5/2014).

A sendiri masuk ke RSHS pada Minggu (11/5/2014). Selain itu RSHS pun menerima pasien berinisial D (52), N (49) dan F (81) dengan di antaranya rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung.

Keempat pasien kini menjalani perawatan di ruang isolasi RSHS Bandung dengan ditangani oleh dokter berbagai spesialisl. Untuk pasien anak sendiri mendapat penanganan dari spesialis anak.

"Semuanya setelah dirawat di sini kondisinya stabil, membaik. Namun mereka belum bisa meninggalkan RSHS karena masih menunggu hasil pemeriksaan dari labolatorium," katanya.

Lebih lanjut Nurul menjelaskan untuk gejala MERS yang dialami anak, tidak jauh berbeda dengan dewasa yaitu apakah memiliki riwayat perjalanan dari Timur Tengah yang kini sedang marak ditemukannya indikasi virus pernapasan ini.

"Anak biasanya memiliki keluhan antara lain sesak napas, demam dan batuk serta riwayat perjalanan umrah," ujarnya.

Total suspect Mers yang dirawat di RSHS ada 7 pasien. Tiga pasien lain yang lebih dulu mendapat perawatan diantaranya AS (54), E (51) dan M.

Lagu Kings of Leon Paling Banyak Diunduh di Inggris

Posted: 12 May 2014 04:40 AM PDT

Grup musik Kings of Leon baru saja mendapat kehormatan dari jagad permusikan Inggris. Band asal Tennessee, Amerika Serikat itu didaulat sebagai musisi rock yang lagunya paling banyak diunduh di Negeri Raja tersebut.

Pengumuman yang dikutip dari Official Chart beberapa waktu lalu ini, menyebut lagu Sex on Fire di peringkat pertama lagu rock terbanyak diunduh. Berkat tembang tersebut, Kings of Leon menaklukkan nama-nama seperti Fun, Snow Patrol, Coldplay, hingga The Killers.

Walau di negara kita terdengar kurang baik, namun situs pengunduh lagu digital tergolong cukup menjanjikan bagi para musisi Inggris baik untuk menambah pemasukan maupun popularitas.

Kings of Leon tidak hanya sukses di tangga ini dengan Sex on Fire. Lagu lainnya yang berjudul Use Somebody duduk di posisi ketiga dari peringkat 20 besar. Fun bercokol di posisi runner-up dengan We Are Young, Snow Patrol di tempat keempat dengan Use Somebody dan band klasik Journey di posisi kelima dengan Don't Stop Believin.

Tak hanya Kings of Leon yang memiliki lebih dari satu lagu di tangga ini. Coldplay dan Killers pun sukses membawa lebih dari satu tembangnya. Killers membawa Mr Brightside dan Human, sementara Coldplay menyukseskan Paradise, Viva La Vida dan Fix You.

Berikut daftar resmi 20 besar peringkat lagu rock terbanyak diunduh sepanjang masa:

1. SEX ON FIRE - KINGS OF LEON
2. WE ARE YOUNG - FUN FT JANELLE MONAE
3. USE SOMEBODY - KINGS OF LEON
4. CHASING CARS - SNOW PATROL
5. DON'T STOP BELIEVIN' - JOURNEY
6. PARADISE - COLDPLAY
7. IRIS - GOO GOO DOLLS
8. HO HEY - LUMINEERS
9. POMPEII - BASTILLE
10. KILLING IN THE NAME - RAGE AGAINST THE MACHINE
11. VIVA LA VIDA - COLDPLAY
12. MR BRIGHTSIDE - KILLERS
13. HUMAN - KILLERS
14. THE MAN WHO CAN'T BE MOVED - SCRIPT
15. ROCKSTAR - NICKELBACK
16. HOW TO SAVE A LIFE - FRAY
17. ONE DAY LIKE THIS - ELBOW
18. SWEET DISPOSITION - TEMPER TRAP
19. EYE OF THE TIGER - SURVIVOR
20. FIX YOU - COLDPLAY

Peringkat bertema asli Official All-time Rock Download Chart Top 20 ini, diresmikan sebagai bagian dari perayaan Decade Of Digital yang menjadi salah satu bagian dari industri musik di Inggris.

Pembentukan awal tangga ini, didukung oleh pihak BPI, salah satu Asosiasi Pedagang Hiburan bersama Official Charts Company, yang didesain untuk merayakan 10 tahun sejak diluncurkannya pengunduhan lagu secara sah di Inggris pada 2004. (Rul/Fei)

Produsen Heineken Bagikan Dividen Rp 970,8 Miliar

Posted: 12 May 2014 04:32 AM PDT

PT Multi Bintang Indonesia (MLBI) membagikan dividen untuk tahun buku 2013 sebesar Rp 970,8 miliar atau Rp 46,08 per saham. Porsi dividen yang dibagikan tersebut mencapai 83% dari total laba bersih yang dibukukan perseroan.

Presiden Direktur Multi Bintang Indonesia Michael Chin menjelaskan, tahun 2013 merupakan tahun yang luar biasa bagi perseroan karena mampu mendulang pendapatan hingga Rp 3,5 triliun.

"Pendapatan tersebut tumbuh 17% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya," ujarnya saat konferensi pers di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (12/5/2014).

"Total pendapatan komprehensif perusahaan melonjak sebesar 23% untuk periode 15 bulan itu dari Rp 970 miliar menjadi Rp 1,192 triliun, atau terjadi peningkatan 21%," tambahnya.

Peningkatan pendapatan tersebut sebagian besar berasal dari volume penjualan produk bir dan produk minuman ringan.

Selain itu, pengelolaan pendapatan, distribusi yang lebih baik kepada titik penjualan dan perkuatan merk dagang seperti Bintang, Heineken dan Greensands juga menjadi faktor pendukung lainnya.

"Didukung oleh faktor-faktor ini, laba sebelum pajak penghasilan mencatat pertumbuhan sebesar 22% meningkat menjadi Rp 1,5 triliun," tandasnya.

Untuk kuartal I 2014, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 738,14 miliar atau tumbuh 15,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp 638,85 miliar,

Namun, laba bersih mengalami penurunan sebesar 16,3% menjadi Rp 184,18 miliar. (dny/gdn)

Mengenal AdWords, Layanan Iklan Digital Google

Posted: 12 May 2014 04:32 AM PDT

Tahukah Anda dari mana perusahaan teknologi berbasis internet seperti Google mendapatkan keuntungan? Menurut data penelitian yang dilakukan Word Stream, dalam rentang waktu Q3 2010 hingga Q2 2011, Google sukses meraih keuntungan fantastis sebesar US$ 33,3 miliar. Dan ternyata, 97% dari keuntungan tersebut berasal dari iklan.

Iklan seperti apa? Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui jika perusahaan raksasa teknologi berbasis internet asal California itu memiliki layanan bernama Google AdWords.

AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai media promosi, biasa disebut juga sebagai search engine marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari. 

Strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan Kata Kunci atau keyword pencarian. Dengan kata lain, kita bisa menargetkan iklan kita keluar dengan kata kunci tertentu.  

Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental mobil, maka dia bisa menargetkan keyword 'sewa mobil' pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika pengguna mesin pencari Google memasukkan keyword 'sewa mobil'.

Jenis marketing seperti ini ternyata menjadi sebuah tren baru di industri teknologi dan informasi. Strategi pemasaran seperti ini pun sangat menarik untuk diteliti.

Tak tanggung-tanggung, menurut data yang dirilis perusahaan riset eMarketer, nilai bisnis periklanan digital di seluruh dunia pada tahun 2012 adalah Rp 1,6 triliun, jumlah tersebut diproyeksikan akan meningkat dengan pesat pada 2016 menjadi Rp 13,3 triliun.

Google sebagai perusahaan raksasa berbasis internet terbesar di dunia diakui mendominasi pasar iklan digital. Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California itu diklaim menguasai sekitar 33,24% dari pasar periklanan digital global.

Selain Google AdWords, perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin itu pun memiliki sejumlah layanan iklan digital lainnya seperti Google Display Network dan YouTube Advertising.

Serial Constantine Rilis Trailer Perdana

Posted: 12 May 2014 04:30 AM PDT

Meski bukan berarti jelek, akting Keanu Reeves sebagai Constantine agaknya bakal segera terlupakan lewat kehadiran serial baru dari NBC yang juga mengangkat tema sama.

Dibintangi oleh Matt Ryan, serial bertajuk Constantine ini sukses membuat para penggemarnya berteriak melalui trailer pertama. Apalagi, dengan rambut pirang serta aksen Inggris dari Matt, sosok yang diangkat dari komik DC ini terlihat jauh lebih mirip dengan karakter aslinya.

Tak heran, sejak dirilis di YouTube pada 11 Mei 2014 kemarin, cuplikan yang berdurasi 3 menit 13 detik ini berhasil menarik perhatian lebih dari 1,9 juta pengguna Internet.

Jumlah penonton pun diperkirakan bertambah akibat hashtag #Constantine yang ternyata juga menjadi pembicaraan panas di situs-situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Diproduksi oleh tim kreatif yang terdiri dari Daniel Cerone (The Mentalist) dan David S. Goyer (Man of Steel), serial yang disutradarai oleh Neil Marshall (Games of Thrones, Black Sails) ini bercerita tentang pria bernama John yang bunuh diri di usia 15 tahun karena tak tahan dengan indra keenam yang dimilikinya.

Malangnya, alih-alih bisa beristirahat dengan tenang, arwah John terancam dimasukan ke dalam neraka sehingga harus kembali ke bumi dan menebus segala kesalahannya.

Sejak saat itu, diawasi langsung oleh para Malaikat, John pun berubah menjadi anti-hero dan mencoba menyelesaikan kasus-kasus supranatural yang ada di dunia.

Rencananya, episode pilot Constantine bakal mengudara mulai pertengahan 2014 nanti.(Feb/Rul)

De Boer Bicara Peluang Belanda Juara Piala Dunia

Posted: 12 May 2014 04:29 AM PDT

Pelatih Ajax Amsterdam, Frank de Boer menyadari betul Timnas Belanda berada di grup "Neraka". Mantan pemain Die Oranje di era 1990-an itu memprediksi, banyak kejutan di grup B.

Dari hasil undian Piala Dunia grup B, Tim Oranye bergabung dengan juara bertahan Spanyol, Chile dan Australia. Chile dan Tim Matador, menurut De Boer, berpotensi menjegal langkah Belanda lolos dari fase grup.

"Kami harus tampil di puncak performa untuk melanjutkan langkah ke babak berikutnya karena bergabung di grup berat. Chile dan Spanyol bisa menjadi favorit. Chile bisa membuat kejutan. Sedangkan Spanyol, Anda tahu  kekuatan mereka," ujar De Boer di SUGBK.

Dengan materi pemain senior dan junior di skuat Belanda, De Boer percaya pelatih Louis Van Gaal mampu meracik tim juara. Pelatih yang sempat merumput di Barcelona itu tidak menyangkal, absennya beberapa pemain penting Belanda karena cedera bakal mempengaruhi permainan tim. Terlebih kekuatan Belanda saat ini dihuni pemain muda.

Pemain Belanda yang absen di Piala adalah Kevin Strootman. Gelandang AS Roma itu terpaksa ditinggal dari skuat karena cedera ligamen lutut."Semoga pelatih (Van Gaal) mendapat keajaiban untuk membawa tim menembus fase knock-out," kata De Boer.

Terkait peluang juara Piala Dunia, De Boer meramalkan Brasil menjadi kandidat terkuat. Di mata saudara kandung Ronald De Boer itu, Brasil tampil percaya diri usai merebut Piala Konfederasi tahun lalu.

"Brasil favorit juara. Berstatus sebagai tuan rumah tentu akan menimbulkan keuntungan sendiri buat mereka.Persiapan mereka juga semakin matang setelah Piala Konfederasi 2013," tutur pelatih 43 tahun itu.