Senin, 05 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


1X24 Jam, Polisi Baru Akan Umumkan UGB Bebas atau Ditahan

Posted: 05 May 2014 04:40 AM PDT

Senin (5/5/2014) sekitar pukul 05:30 WIB pagi tadi, Polisi telah menjemput paska Ustad Guntur Bumi di kediamannya di jalan Kesehatan, Bintaro, Tangerang Selatan.

Namun, polisi belum memastikan suami Puput Melati itu ditahan atau tidak. Pasalnya, tim penyidik  masih menjalani memeriksa UGB, di Polda Metro Jaya.

"UGB (Ustad Guntur Bumi) belum ditahan dan masih diperiksa di Subdipkamneg (Sub Direktorat Keamanan Negara)," kata  Kombes Pol. Rikwanto saat ditemui kantor Humas Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (5/5/2014).

Rikwanto menjabarkan dalam kasus UGB ini, pihak kepolisian akan memberitahukan hasil pemeriksaan selama 1x24 jam. "UGB sedang di introgasi dan sambil menunggu pengacara yang bersangkutan untuk menjalani pemeriksaan," jelas Rikwanto.

Selain UGB, saat ini polisi juga memeriksa beberapa saksi terkait kasus penipuan yang berkedok penyembuhan alternatif. "Saksi ada empat yang dipriksa di luar pelapor. Masih dalam proses," sambung Rikwanto.

Seperti diketahui UGB terlibat kasus oleh beberapa laporan mantan pasiennya seperti dugaan penipuan, pelecehan seksual, sampai pemerasan. Total laporan yang masuk terhadap dirinya berjumlah 15 laporan. Tapi, dalam hal ini, kepolisian hanya mempermasalahkan soal kasus penipuan

Skuat MU Berharap Giggs Dipermanenkan

Posted: 05 May 2014 04:36 AM PDT

Keputusan Manchester United menunjuk Ryan Giggs sebagai manajer sementara mendapat dukungan dari para pemain MU. Penggawa The Red Devils bahkan menginginkan Giggs dipermanenkan sebagai manajer.

Giggs cuma mendapat kepercayaan melatih MU sampai akhir musim nanti. Pria awal Wales itu menggantikan posisi David Moyes yang dipecat MU 22 April lalu menyusul rentetan hasil buruk di musim 2013/2014.

Cara Giggs melatih rupanya membuat pemain-pemain MU merasa nyaman. The Daily Star Sunday mengabarkan bahwa para pemain menginginkan Giggs terus melatih di Old Trafford musim depan.

MU sendiri dikabarkan akan memakai jasa pelatih tim nasional Belanda Louis van Gaal untuk melatih Michael Carrick cs musim depan. Diperkirakan MU akan mengumumkan kepastian bergabungnya Van Gaal sebelum Piala Dunia 2014 dimulai.

Wayne Rooney merupakan salah satu pemain yang konon tidak suka dengan kehadiran Van Gaal. Rooney cemas perannya akan semakin berkurang begitu Van Gaal berkuasa mengingat eks pelatih Barca itu memiliki hubungan dekat dengan Robin van Persie.

23 Perusahaan Migas Keberatan Bayar Pajak

Posted: 05 May 2014 04:30 AM PDT

Indonesian Petroleum Association (IPA) menyatakan ada 23 perusahaan industri minyak hulu keberatan membayar Pajak Bumi Bangunan (PPB) karena terlalu besar.

Presiden IPA Lukman Mafoedz mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengajukan keberatan atas pengenaan PBB pada lahan ekplorasi yang sedang dikelola oleh 23 perusahaan tersebut.

"Pajak PBB, kami sedang selesaikan pemerintah untuk pajak PBB ekplorasi 23 anggota," kata Luman, dalam konfrensi pers di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, Senin (5/5/2014).

Lukman menambahkan, 23 anggota IPA tersebut terkena PBB sebesar Rp 3,4 triliun pada 2011- 2013. Keberatan tersebut sedang di pertimbangkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

"Yang dikenakan pajak dengan jumlah Rp 3,4 triliun ini besar sedang diatur keberatannya, dengan DJP kementerian keuangan,  mudah- mudahan bisa diselesiaikan," tutur Lukman

Perusahaan yang berberatan atas pengenaan pajak tersebut bukan hanya perusahaan kecil, tetapi ada juga perusahaan migas besar, seperti Inpex, Chevron, Total dan British Petroleum. Dengan adanya keberatan tersebut maka 23 perusahaan berhenti melakukan eksplorasi.

"Kami akan bicara dengan Dirjen Pajak, kalau ini selesai, eksplorasi bisa dilanjutkan," pungkasnya.

Katie Price Baru Sadar Kalau Sedang Hamil 6 Bulan

Posted: 05 May 2014 04:30 AM PDT

Model glamor Katie Price baru saja melahirkan anak ke empatnya, Jett Hayler pada Agustus 2013. Istri dari Kieran Hayler ini dikabarkan sangat terkejut setelah mengetahui dirinya kini tengah hamil enam bulan.

Model yang kerap tampil vulgar berusia 35 tahun itu hamil lagi pada November 2013. Namun anehnya, Katie baru menyadari tentang kehamilannya itu baru-baru ini. Itu setelah Katie sering merasa tak enak badan dan sakit perut yang aneh pada perutnya.

Meski terkejut, namun Katie dan suami bahagia dengan kehamilan ini. "Ini bukan sesuatu yang mereka rencanakan setelah kelahiran Jett. Tapi mereka tetap senang. Berita itu datang sebagai sebuah kejutan yang lengkap," kata seorang sumber, seperti dikutip Dailymail.

"Katie sudah di trimester kedua. Jadi dia telah hamil selama hampir enam bulan tanpa menyadarinya. Dia akan melahirkan musim panas ini. Tidak seperti di empat kehamilan lainnya, dia tidak meminta hal yang aneh dan tidak menunjukkan sesuatu yang aneh. Dia baik-baik saja," sambung si sumber.

Dengan kehamilannya ini, Katie akan memiliki lima orang anak. Sebelumnya, Katie telah memiliki anak bernama Harvey Price yang lahir pada Mei 2002, dari hubungannya dengan hubungannya dengan pesepakbola Dwight Yorke.

Kemudian, Katie menikah dengan Peter Andre pada 2005 dan bercerai pada 2009. Empat tahun menikah, mereka dikarunia dua orang anak, Junior Savva Andreas Andre yang lahir pada Juni 2005 dan Tiaamii Crystal Esther Andre Princess Andre lahir pada Juni 2007.

Katie menikah dengan Alex Reid pada 2 Februari 2010 dan hanya bertahan setahun tanpa dikarunia anak. Kemudian dari pernikahannya dengan Kieran Hayler pada 16 Januari 2013, Katie dikarunia Jett Hayler yang lahir pada Agustus 2013.

Ngeri! Berenang Bersama Buaya di Crocosaurus Cove

Posted: 05 May 2014 04:30 AM PDT

Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda saat berlibur dan berwisata ke suatu tempat? Tempat wisata berikut ini dijamin bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Senin (5/5/2014), di Darwin, Australia Utara, ada sebuah tempat wisata yang dijamin bisa memacu adrenalin Anda, namanya Crocosaurus Cove.

Satu hal yang menjadi magnet perhatian adalah di tempat wisata ini memilki kolam yang berisi buaya. Jika Anda ingin menguji adrenalin, Anda dapat masuk ke dalam kolam tersebut.

Di Crocosaurus Cove, Anda tidak hanya diajak untuk masuk ke dalam kolam buaya. Anda juga bisa memancing buaya, belajar tentang kehidupan buaya, memberi makan buaya dan yang paling seru, berenang bersama buaya.

Di Crocosaurus Cove ada dua kolam yang disediakan. Kolam pertama didesain khusus untuk anak-anak. Kolam ini juga berdekatan dengan kolam bayi buaya yang hanya dibatasi dengan kaca.

Kolam kedua adalah kolam untuk orang dewasa. Untuk Anda yang berani, Anda akan dimasukkan ke dalam sangkar yang terbuat dari kaca. Setelah itu, Anda akan dimasukan ke dalam kolam yang berisi buaya besar selama 15 menit. Anda pun kemudian bisa langsung melihat buaya besar dan jangan lupa untuk bercengkrama dengan si buaya besar tersebut.

[VIDEO] Popularitas Perangkat Android di Indonesia

Posted: 05 May 2014 04:28 AM PDT

Beberapa tahun belakangan ini popularitas sistem operasi (OS) Android kian meroket tajam, baik di kancah global maupun regional. Indonesia pun merasakan demam sistem operasi ‘robot hijau’ ini.

Laporan dari lembaga riset pasar Gesellschaft für Konsumforschung (GfK) yang dirilis pada Mei 2013 mengungkap, smartphone berbasis Android telah mendominasi pasar Indonesia sebesar 51 persen.

Saat ini persentase tersebut semakin merangkak naik. Pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade, Lucky Sebastian mengungkap bahwa dominasi Android di pasar Indonesia diperkirakan sudah tembus lebih dari 60 persen dan bisa dibilang sudah menduduki posisi nomor satu.

"Pertumbuhan OS Android di Indonesia sangat signifikan. Hal itu bisa dilihat dari berbagai merek smartphone yang ada di pasaran saat ini sudah menjalankan OS Android. Dan sepertinya ekspansi Android sudah menduduki posisi nomor satu dalam hal platform mobile. Dari sisi smartphone, persentasenya sudah berada di atas 60 persen," kata Lucky dalam bincang santai bersama tim Tekno Liputan6.com di Hotel Ibis Arcadia, Jakarta.

Untuk perangkat Android lokal sendiri, Lucky menyebut beberapa merek ponsel buatan asli Indonesia sudah sangat maju dalam hal teknologi.

"Kebanyakan dari smartphone Android lokal sudah diperkuat dengan spesifikasi yang powerful. Salah satunya sudah mengusung prosesor octa-core," tambah Lucky.

Untuk lebih jelasnya, simak video wawancara berikut ini.

Izin Persib Vs Persija Masih Belum Keluar

Posted: 05 May 2014 04:26 AM PDT

Laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2014 yang mempertemukan antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung 8 Mei nanti hingga kini masih mengambang. Itu karena duel yang kerap disebut El Clasico Indonesia itu belum mendapatkan izin dari kepolisian.

Hingga H-3 izin pertandingan belum juga dikeluarkan oleh pihak kepolisian.Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, ada beberapa syarat yang masih belum dilengkapi oleh pihak panitia penyelenggara, salah satunya adalah izin penggunaan stadion.

"Masih belum lengkap syaratnya. Salah satunya izin stadion. Setelah dicek oleh Polda, ternyata pengelola stadion belum memberi izin karena masih ada tunggakan," kata Martinus saat ditemui di Bandung, Senin (5/5/2014).

Oleh karena itu, dengan belum dilengkapinya beberapa syarat, maka pihak Polda Jabar belum bisa memberikan berkas berisi rekomendasi kepada Mabes Polri yang nantinya sebagai acuan dalam pemberian izin.

"Kalau memang sudah dibayar dan dilaporkan kepada kami, ya rekomendasi itu akan kita layangkan ke Mabes Polri. Karena belum, ya kita belum berani melayangkan ke Mabes," jelas Martinus.

Dengan kata lain, kalaupun syarat baru dipenuhi dua atau sehari sebelum hari H pertandingan, Mabes sudah mengantongi bayangan dokumen.

"Dokumen persyaratan memang belum lengkap, tapi sudah kita informasikan ke Mabes. Kemungkinan diizinkan tidaknya ya bergantung Mabes. Tapi sepertinya akan diizinkan," tuturnya.

9 Sepeda Motor Polisi di Sigi Dibakar Massa

Posted: 05 May 2014 04:25 AM PDT

Sebanyak 9 unit sepeda motor operasional Polres Sigi yang digunakan personel Rainmas dibakar massa di Desa Karawana, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (5/5/2014). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja Polres Sigi harus menanggung kerugian ratusan juta rupiah.

Kapolres Sigi, AKBP Nur Hudayah membenarkan peristiwa itu. Namun, ia tidak bisa memberikan keterangan lebih detail. "Ya benar, sekarang saya masih melakukan rapat dulu dengan sejumlah perwira di Polres," ujar Nur.

Sementara itu, Kepala Desa Karawana, Abdul Rahman yang dikonfirmasi terpisah menyatakan, pembakaran sepeda motor terjadi setelah personel Rainmas mencoba membubarkan hiburan malam usai pesta di TKP dengan membuang tembakan. Akibat adanya suara tembakan tersebut memicu kemarahana massa yang sedang mengikuti hiburan, sehingga berujung pembakaran 9 sepeda motor tersebut.

"Untuk penyebab dan sasaran personel Rainmas buang tembakan itu kami tidak ketahui. Karena sejumlah personel Raimas masuk ke desa juga secara serampangan. Padahal tidak ada keributan apa-apa di acara itu," terang Rahman.

Ia juga mengaku, sebagai pemerintah desa merasa tidak dihargai karena personel Rainmas masuk ke desa yang dipimpinnya secara serampangan dengan membuang tembakan yang membuat sejumlah warga panik.

"Kalau mereka memberitahukan ke kami sebagai pemerintah desa, pasti tidak akan ada kejadian pembakaran sepeda motor seperti ini. Tapi nyatanya, mereka tidak memberitahukan ke kami, malah serampangan saja masuk ke desa dengan membuang tembakan, kalau begini siapa yang mau disalahkan. Tidak mungkin kan massa," tandas Rahman.

Sementara itu, pantauan di TKP Tim Inafis Polda Sulawesi Tengah telah melakukan olah TKP. Dan dari hasil olah TKP sementara itu, tim Inafis menemukan peluru yang digunakan personel saat membuang tembakan, yang di antaranya satu peluru tajam, satu peluru karet, dan satu selongsong.

Sedangkan puing sembilan unit sepeda motor tersebut telah diangkut untuk diamankan dan diperiksa di Polres Sigi.

Atut Jalani Sidang Perdana, Statusnya Masih Gubernur Aktif

Posted: 05 May 2014 04:23 AM PDT

Ratu Atut Chosiyah selaku Gubernur Banten akan menjalani sidang perdana pada Selasa 6 Mei 2014. Persidangan terkait suap Pilkada Kabupaten Lebak itu akan digelar di Tipikor, Kuningan, Jakarta.

Sidang perdana yang mengagendakan pembacaan dakwaan Ratu Atut, dijadwalkan berlangsung pada pukul 09.00 WIB.

Meski demikian, status Ratu Atut sebagai Gubernur Banten masih dinyatakan aktif hingga jelang persidangannya.

"Dasar penonaktifan didasarkan pada register pengadilan. Nanti berdasarkan register, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat surat penonaktifan sementara," kata Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Deden Apriandi di ruangannya, Senin (5/5/2014).

Beber Deden, hingga kini jalannya roda pemerintahan di Banten berjalan normal. Komunikasi Rano Karno selaku Wakil Gubernur dengan jajaran di bawahnya pun berjalan dengan baik. Bahkan, di setiap acara kedinasan, Rano selalu menghadirinya.

Terkait penonaktifan Ratu Atut yang akan menjalani sidang perdananya esok, pemerintah provinsi Banten menyatakan belum menerima surat tersebut dari Kemendagri.

"Sampai saat ini, biro pemerintahan belum menerima surat tersebut. Karena yang berhak menerbitkan itu Presiden melalui Kemendagri," jelas Deden.

Ratu Atut ditetapkan sebagai tersangka oleh komisi anti rasuah pada 20 Desember 2013 tahun lalu. Dengan dugaan bahwa dirinya ikut serta melakukan suap pilkada Kabupaten Lebak terhadap ketua MK, Akil Mochtar. (Yus)

Impor Baja Boron Rugikan Negara Rp 439 Miliar

Posted: 05 May 2014 04:20 AM PDT

Impor baja  boron atau biasa disebut dengan baja paduan dinilai merugikan negara. Indonesia Iron and Steel Industry (IISIA) menyebutkan kerugian yang diterima negara mencapai Rp 439 miliar per tahun.

Komite Standarisasi dan Sertifikasi Indonesia Iron and Steel Industry (IISIA), Basso Datu Makahanap mengatakan, kerugian ini akibat dari baja yang digunakan sebagai bahan baku pada proyek pembangunan infrastruktur tersebut masuk secara ilegal dengan jumlah mencapai 400 ribu ton setiap tahunnya.

"Pelaku usaha baja ada yang memasukkan unsur baja boron ketika melakukan impor agar biayanya lebih murah. Jika mengimpor baja murni, harga produknya jauh lebih murah," ujar Basso dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (5/5/2014).

Basso menjelaskan, impor untuk industri baja nasional mencapai 2,02 juta ton dengan nilai US$13,4 juta pada 2012. Impor tersebut untuk menutup konsumsi baja nasional yang mengalami kekurangan sebesar 2,6 juta ton dari produksi nasional yang hanya sebesar 6 juta ton.

"Produksi baja nasional hanya sebesar 6 juta ton, sedangkan konsumsi nasional sebesar 8,6 juta ton. Konsumsi per kapita nasional pada 2012 sebesar 29,6 kilogram (kg)," katanya.

Sedangkan pada 2015, diperkirakan konsumsi baja per kapita mencapai 49,6 kg dengan kebutuhan baja per tahun sebanyak 13,8 juta ton. Sementara itu, pada 2025 dengan perkiraan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$ 4 triliun hingga US$ 4,5 triliun, maka konsumsi baja per kapita akan semakin naik menjadi 100 kg dan kebutuhan baja nasional sebesar 26,2 juta ton.

"Program Masterplan Percepatan dan Perluasan. Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) membutuhkan baja dalam jumlah besar dengan kenaikan tingkat kebutuhan yang besar. Hal ini akan mendorong kenaikan investasi dan multiplier effect lainnya yang akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi," tandasnya.