Rabu, 07 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Cerai dari Ben, Marshanda Salat Istikharah Berulang Kali

Posted: 07 May 2014 04:10 AM PDT

Marshanda akhirnya mulai berani mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi terhadap rumah tangganya dengan Ben Kasyafani. Tekadnya untuk berpisah dan bercerai dari pria yang sudah memberinya satu anak itu pun sudah bulat.

"Ini berdasarkan akal aku sendiri saja. Aku berdoa, salat istikharah, berulang kali. Aku pengin ini (perceraian) benar-benar hal yang sudah aku pikirkan, nggak mau gegabah," ucap Chaca, sapaannya, saat menggelar jumpa pers di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (7/5/2014).

Bintang sinetron Bidadari ini mengungkapkan kalau dalam beberapa bulan terakhir pernikahannya dengan Ben digoncang konflik dan permasalahan yang tak kunjung menemukan solusi. Hingga akhirnya, Chaca terpaksa menggugat cerai sang suami.

"Nggak lebih dari setahun sih (ada masalah dengan Ben), tapi memuncaknya di tiga bulan terakhir," jelasnya.

Sayangnya, Chaca masih enggan mengungkap apa yang sebenarnya menjadi penyebab dirinya menggugat cerai sang suami. Apalagi, usia pernikahannya dengan Ben, masih dalam hitungan tahun.

"Kalau soal (penyebab perceraian) yang sudah banyak beredar tentang apa pun itu, aku nggak mau membahas itu lagi.Aku juga nggak akan sebut kenapa. Aku hormati itu jadi bagian darinya. Mohon maaf aku nggak bisa buka alasan kita berpisah," ujarnya.

Chacha pun melayangkan gugatan ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Pusat pada Rabu, 23 April 2014. Sidang cerai perdana pasangan ini akan berlangsung pada 13 Mei 2014. Chacha dan Ben menikah pada 2 April 2011 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Murray Tunjuk McEnroe Sebagai Pelatih Baru

Posted: 07 May 2014 04:03 AM PDT

Juara Wimbledon Andy Murray akan menyewa juara grand slam tujuh kali John McEnroe sebagai pelatihnya. Murray yakin McEnroe akan memberi banyak hal pada permainannya.

Murray saat ini sedang bermain di turnamen Madrid Masters, tanpa didampingi pelatih sejak ia berpisah dengan Ivan Lendl pada Maret lalu. Bersama Lendl, Murray meraih dua gelar grand slam serta medali emas di Olimpiade 2012.

"Setiap pemain selayaknya memiliki pelatih untuk membimbingnya," kata Murray kepada BBC.

"Saya suka mendengar komentarnya dan ia banyak memberi pembelajaran bagi para petenis. Ini amat menarik, karena saya akan mendapat banyak pengetahuan dari dia," katanya seperti dikutip Reuters.

"Ketika kita bemain amat kompetitif, rasanya kita juga menjadi pelatih dan itu menguntungkan. Ia pemain hebat dan selalu tampil bagus di lapangan, itu hal terpenting. Ia juga memiliki pengetahuan luas tentang olahraga ini," kata Murray.

Donor Darah Sebagai Gaya Hidup Baru Mahasiswa

Posted: 07 May 2014 04:02 AM PDT

Donor darah bagi sebagian orang merupakan momok yang menakutkan. Atas dasar itulah American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang langsung bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengadakan donor darah yang bertajuk “Blood for Nation”. Acara ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 6 dan 7 Mei 2014 di Poliklinik UMY.

Menurut ketua Panitia acara ini, Muhammad Abas, diadakannya acara ini untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup baru bagi mahasiswa.

“Acara ini bertujuan untuk menjadikan donor darah sebagai new lifestyle bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa UMY dan mahasiswa di Yogyakarta pada umumnya. Kebetulan UMY menjadi salah satu dari empat universitas di Indonesia yang mengadakan donor darah ini bekerja sama dengan  American Corner di seluruh Indonesia.” ujarnya.

Acara ini adalah acara tahunan yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat bersama dengan American Corner di Universitas-universitas seluruh Indonesia dan tahun ini menginjak tahun ke tiga.

Muhammad Abas juga menuturkan bahwa Indonesia lewat Palang Merah Indonesia (PMI) menargetkan setidaknya 2,5 % dari seluruh total rakyat Indonesia bisa menyumbangkan darahnya karena kebutuhan darah di Indonesia semakin hari semakin banyak. Oleh sebab itu acara ini juga untuk mendukung terpenuhinya target dari PMI tersebut.

Antusiasme pendonor terhadap acara ini juga cukup tinggi. Pendonor yang mendonorkan darahnya akan mendapatkan paket menarik berupa Goodybag, Rubberband, Kaos, dan Makanan ringan. Namun kurangnya publikasi menjadi sedikit penghambat jalannya acara ini.

“Saya tahu acara ini dari teman. Sangat disayangkan acara sebagus ini sangat kurang publikasinya.  Kalau publikasinya bagus pasti akan menarik lebih banyak pendonor. Selain itu, dengan mendonorkan darah, kita bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Bisa membuat kita lebih bersyukur juga atas apa yang kita miliki.

Semoga acara ini bisa rutin dilaksanakan di Kampus UMY ini.” tutur Edit Setyonugroho, salah satu pendonor yang berasal dari jurusan Hubungan Internasional UMY. 

Penulis:

Bryan Bimantoro

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Twitter : @bryanbmntro

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

Australia Coret Kaptennya dari Daftar Pemain ke Brasil

Posted: 07 May 2014 04:02 AM PDT

Australia memastikan tidak akan membawa kaptennya, Lucas Neill ke Piala Dunia mendatang. Keputusan ini disampaikan pelatih Socceroos, Ange Postecoglou.

Menariknya, pengumuman pencoretan Neill hanya sepekan sebelum Postecoglou mengumumkan daftar pemain intinya ke Brasil bulan depan.

"Neill sangat kecewa dengan keputusan ini. Dia telah bekerja keras untuk membuat dirinya siap menghadapi Piala Dunia," kata Postecoglou seperti dilansir Guardian.

"Namun selama enam bulan terakhir saya melihat tidak ada bukti kalau dia siap. Jadi, saya tidak akan membawanya ke Brasil," ujarnya menambahkan.

Neill menjadi kapten bagi timnas Australia dalam 60 laga. Total bek berusia 36 tahun itu telah 96 kali membela negaranya dan mencetak satu gol.

"Keputusan ini tidak mudah bagi saya. Neill telah menunjukkan determinasi yang luar biasa belakangan ini," kata Postecoglou.

"Jika saja Neill pindah ke klub yang tepat Januari lalu, mungkin pikiran saya akan berbeda. Dia hanya tidak beruntung," pungkas Postecoglou.

Cipaganti Khawatir Ongkos Lewat Jembatan Selat Sunda Mahal

Posted: 07 May 2014 04:01 AM PDT

Rencana pembangunan jalan tol Sumatera, Jawa dan Jembatan Selat Sunda (JSS) mendapat dukungan dari PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT). Pasalnya, perusahaan penyedia jasa transportasi darat (shuttle & travel) ini berniat masuk ke wilayah operasi Medan dan Makassar.

Sekretaris Perusahaan Cipaganti, Toto Moeljono mengungkapkan, perseroan akan merambah wilayah operasi shuttle dan travel ke Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

"Kalau jadi daerahnya Medan dan Makassar, tapi lihat dulu Presidennya siapa, arah kebijakannya pemerintahan baru ke mana. Jadi kami belum bisa pastikan waktunya," kata dia kepada wartawan usai 'Investor Day 2014' di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Lanjut Toto, arah kebijakan pemerintah baru sangat penting bagi pengusaha transportasi karena berkaitan dengan kepastian pembangunan infrastruktur yang sudah dirancang pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Shuttle sangat bergantung pada jalan tol dan pemerintah punya program yang baik dalam pembangunan infrastruktur, seperti Tol Trans Sumatera sepanjang 2.400 kilometer (km), Tol Trans Jawa membentang 1.500 km. Kami mau lihat apakah program itu bisa terus dijalankan atau tidak di pemerintahan baru," ucapnya.

Toto pun berharap besar pada rencana pembangunan JSS yang akan menghubungkan Jawa-Sumatera dengan nilai investasi sekitar Rp 200 triliun.

"Kalau jadi, JSS sangat membantu. Tapi, lihat dulu, takutnya biaya nyebrangnya mahal, kan buat shuttle jadi susah. Asal biayanya masuk akal saja kami senang," terang dia.

Per 31 Maret 2014, perseroan mengoperasikan 582 taksi regular berlisensi untuk wilayah Bandung, Jakarta dan Surabaya. Sedangkan shuttle dan travel yang beroperasi sebanyak 1.171 dengan beberapa rute diantaranya Bandung-Bogor, Bandung-Jakarta, Bandung-Soekarno Hatta, Bandung-Tasikmalaya dan Bandung-Cirebon.

Toto mengaku perseroan mengalami penurunan kinerja di lini bisnis transportasi darat pada kuartal I ini. Penyebabnya, sambung dia, akibat bencana banjir yang melanda wilayah Jakarta dalam kurun waktu cukup lama.

"Kalau dulu Jakarta banjir cuma satu sampai dua hari, tapi Februari lalu sangat lama banjirnya. Jadi bisnis inti kami terganggu. Belum lagi ada longsor dan jalan rusak di tol Cipularang sehingga yang tadinya bisa bolak balik dua kali, jadi sekali per hari," tandasnya. (Fik/Ndw)

Kenapa Penderita TB Juga Mengidap Diabetes Mellitus

Posted: 07 May 2014 04:00 AM PDT

Tak hanya memiliki keterkaitan dengan HIV saja, Tuberkulosis (TB) bisa berkaitan erat dengan penyakit noninfeksi seperti diabetes mellitus (DM). Hanya saja, masih banyak pasien tidak menyadarinya.

"Pasien DM kalau diteliti, 28 persennya disertai TB. Sedangkan pada pasien TB, kalau diteliti gula darahnya, sekitar 20 persen memiliki DM. Jadi, sama, TB bikin DM, DM bikin TB," kata dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. Rochsismandoko, SpPD, KEMD dalam seminar TB dan Asma di RS Persahabatan, Jakarta Timur, Rabu (6/5/2014)

Kondisi gula darah yang tinggi pada penderita DM, tambah Rochsismandoko, merupakan lingkungan yang baik untuk bakteri berkembang termasuk kuman TB laten yang bisa aktif. Inilah yang akhirnya membuat dua penyakit itu dialami secara bersamaan.

"Kuman sudah ada, tekanan gula darahnya tinggi, ya sudah, jadi. Gula darah itu merupakan nutrisi bagi kuman Tuberkulosis," kata dia menerangkan.

Ia menjelaskan, pasien DM berisiko mengalami TB, karena diabetes adalah satu penyakit yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan penderita TB berisiko mengalami DM salah satunya akibat dampak obat-obatan TB di pankreas yang menyebabkan penurunan kadar insulin, sehingga menaikkan gula darah.

Pengobatan pasien TB yang disertai DM, membutuhkan waktu lebih lama, sekitar 9 bulan karena kuman TB lebih susah dibasmi. "Sedangkan untuk pasien TB saja butuh waktu 6 bulan, apalagi yang disertai DM, pasti akan lebih lama" kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peluang kuman TB menjadi resisten pada penderita DM juga tinggi. Sekitar 38 persen pasien TB yang disertai DM akan menjadi MDR (Multi Drug Resistan) atau kebal dengan berbagai macam obat. Jelas, pengobatan akan jauh lebih panjang lagi. Bisa sampai dua tahun.

Gejala pasien TB disertai DM, jelas  Dr. Rochsismandoko, biasanya tanpa gejala atau gejala tidak terlihat sama sekali. Gejala lainnya, biasanya napsu makan menurun, badan meriang, tanpa batuk, dan lemas terus menerus.

Berhubung TB yang disertai DM dianggap penyakit berat dan sama beratnya dengan HIV, pengobatannya tidak boleh dilepas, harus dilakukan sampai benar-benar sembuh. Pasien juga disarankan melakukan kontrol lebih sering.

"Kalau sudah MDR maka pasien disuntik setiap hari selama 6 bulan. Pasien juga harus lebih sering melakukan pemeriksaan. Paling tidak, dua minggu sekali harus ke dokter," kata dia menekankan. /Abd

Berani Makan Menu Sayap Ayam Mengerikan Ini?

Posted: 07 May 2014 04:00 AM PDT

Pernahkah Anda memesan menu sayap ayam di resto ayam cepat saji yang berlogo Kolonel Sanders? Resto ayam cepat saji ini hampir ada di setiap negara dan dilengkapi dengan menu unik yang berbeda-beda.

Jika di Jepang resto ini baru saja meluncurkan menu baru hasil kolaborasi dengan Ronaldo, maka Cina pun tak mau kalah. Resto ayam cepat saji di Beijing ini pun punya menu unik sekaligus aneh.

Seperti yang dilansir Rocketnews24, baru-baru ini negara Tiongkok dihebohkan dengan menu chicken wing di salah satu gerai restoran ayam cepat saji, yang memiliki bentuk berbeda dari menu chicken wing pada umumnya. Pasalnya, menu tersebut memiliki bentuk seperti jari-jari yang muncul di bagian pinggirnya.

Dalam foto chicken wing yang diduga berasal dari resto ayam cepat saji terkemuka di Tiongkok karena struknya yang berbahasa mandarin tersebut, terlihat bahwa chicken wing tersebut berbentuk seperti perpaduan antara chicken wing dan kaki (ceker) ayam.

Karena bentuknya yang mengerikan, menu chicken wing ini pun diberi julukan oleh netizen sebagai ‘sayap ayam mengerikan’ karena dirasa lebih cocok menjadi bagian salah satu dari tubuh alien.

Berdasarkan netizen yang mengunggah foto tersebut, chicken wing tersebut diduga merupakan hasil dari ayam yang mengalami kecacatan karena hormon. (Ars/Liz)

Miley Cyrus Anggap Dirinya Cerminan Anak Muda Sehat

Posted: 07 May 2014 04:00 AM PDT

Miley Cyrus sudah kembali lagi. Selasa (6/5/2014) malam waktu London, wanita 21 tahun itu sudah mulai meramaikan panggung O2 Arena dengan aksi vulgarnya di tur musik Bangerz. Miley bahkan menyuruh fansnya untuk berciuman sesama jenis [baca: Buka Konser di London, Miley Cyrus Minta Fans Cium Sesama Jenis].

Dalam sebuah konfrensi pers yang digelarnya di London, Miley mengatakan bahwa saat ini kesehatannya sudah pulih dan ia berterima kasih atas dukungannya. Miley menampik keras tentang tuduhan konsumsi atau overdosis obat-obatan terlarang yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit.

"Aku tidak pernah menderita semacam overdosis terhadap obat-obatan terlarang. Aku hanya mengonsumsi antibiotik yang disarankan dokter untuk mengobati infeksi sinus, namun ternyata ada reaksi alergi lain," ujar Miley seperti dikutip Eonline baru-baru ini.

Ia bahkan dengan bangga mengatakan jika dialah cerminan anak muda sehat masa kini. "Aku sangat sehat dan aku adalah gambaran anak muda yang sehat," tambah Miley yakin.

Pelantun Wrecking Ball ini juga membeberkan  keyakinan yang selama ini diakuinya sebagai kebenaran, "Mungkin hanya aku satu-satunya orang yang tidak minum atau merokok sebelum tampil di atas panggung. Aku sangat serius dengan hal ini. Seperti seorang atlet di atas panggung, maka ia tidak akan bisa menjalankan show milikku ini jika menegak minuman beralkohol atau menghisap rokok."

Miley juga mengaku ketika sakit ia tidak melakukan kegiatan lain selain berbaring di atas tempat tidur selama dua minggu, "Itulah saat paling menyiksa dalam hidupku," kata Miley.

 

Beginilah Suasana Pertandingan Piala Dunia Pertama

Posted: 07 May 2014 03:59 AM PDT

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia FIFA diselenggarakan di Uruguay tahun 1930. Dan Uruguay keluar sebagai juaranya (Sumber:FIFA.com).

Banyak Masalah dalam Pileg 2014, KPU Janjikan Evaluasi Total

Posted: 07 May 2014 03:53 AM PDT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan ada beberapa kajian yang harus dievaluasi dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif 2014. Yang paling mencolok adalah soal ketersediaan sumber daya manusia (SDM).

"Evaluasinya total. Pertama terkait soal SDM, dulu saya menyarankan petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) untuk di bimbingan teknisnya 7 orang, ternyata anggaran tidak tersedia, jadi hanya 2 orang. Jadi transformasi mengalami kendala," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Selanjutnya, kata Ferry, evaluasi juga akan dilakukan terhadap ketersediaan anggaran untuk pelaksanaan pemilu. "Yang kedua dari sisi anggaran, ini perlu perhatian," katanya.

Kemudian, lanjutnya, berkaitan dengan para anggota KPU provinsi, kabupaten, PPK, dan PPS yang tidak sejalan dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan KPU, sebaiknya mengundurkan diri.

"Supaya teman-teman on the track, independensi dan integritasnya terjaga. Jadi evaluasi kita sekarang adalah kalau ada teman-teman dari KPU provinsi, kabupaten atau kota, bahkan PPK dan PPS yang tidak berintegritas, lebih baik mundur," tegas Ferry.

Ferry menegaskan, petugas KPPS juga akan mengalami penyortiran yang akan dilakukan para anggota KPU provinsi, kabupaten, dan kota. Yang terlibat kecurangan tidak akan dipakai kembali saat Pilpres 2014.

"Apabila sudah terbukti kasusnya, harus dievaluasi, bahkan diberhentikan sementara atau di DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) kan, bahkan bila perlu dipidanakan," tandasnya.

Sedangkan terkait tenggat rekapitulasi suara tingkat nasional, Ferry menegaskan selalu optimis seluruh perhitungan suara akan selesai pada 9 Mei lusa.

"Dari awal kita selalu optimis, kita pastikan patokan tanggal 9 Mei atau 30 hari setelah pemungutan suara," ujarnya.

Kendati mengaku optimis rekapitulasi KPU selesai 9 Mei, Ferry mengaku siap menerima konsekuensi jika nantinya rekapitulasi tersebut melewati batas waktu yang tercantum dalam Peraturan KPU.

"Kita mengupayakan untuk tanggal 9 Mei, konsekuensinya kita sudah paham, publik sudah tahu, tetapi mudah-mudahan bisa kita lalui. Itu konsekuensi jabatan yang harus kita upayakan dengan kondisi seperti ini," katanya.

Karenanya, Ferry menjelaskan, tetap berupaya menyelesaikan rekapitulasi sesuai prosedur administrasi PKPU. "Kita berupaya sekuat tenaga dengan tidak mengabaikan sisi-sisi prosedural administratif yang ada, kebenaran faktual untuk mempercepat akselerasi aktivitas pleno ini," pungkas Ferry.

Hingga saat ini KPU baru mengesahkan rekapitulasi suara untuk 19 provinsi, yaitu Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Gorontalo, Bali, Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, DIY, Lampung, Papua Barat, Kepulauan Riau, Jawa Tengah.

Sementara 9 provinsi lain yang sudah dipresentasikan namun ditunda pengesahannya karena ada beberapa temuan masalah yaitu Riau, Jawa Barat, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan NTT.

Kemudian 5 provinsi lainnya yang sama sekali belum dipresentasikan dan dibahas data perolehan suaranya di KPU, yaitu Sumatera Utara, Papua, Maluku, Maluku Utara, dan Jawa Timur. (Yus)