Minggu, 11 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Kawasan Ekonomi Tanjung Api-Api Bakal Terwujud Sebelum Pilpres

Posted: 11 May 2014 04:24 AM PDT

Proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) Sumatera Selatan (Sumsel) bakal terwujud segera. Pasalnya, Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah berjanji kepada Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, untuk mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) KEK TAA sebelum pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres).

"Keppres KEK segera keluar karena sudah tidak ada masalah lagi, waktunya tunggu saja," terang Alex Noerdin kepada Liputan6.com di Palembang, yang ditulis Minggu (11/5/2014).

Janji tersebut diberikan setelah Alex bertemu dengan SBY untuk meminta kejelasan mengenai proyek KEK TAA.  Namun, SBY belum bisa memastikan tanggal pasti dikeluarkannya Keppres tersebut, karena masih masih ada beberapa masalah internal.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesian Shipowners Association (INSA) Datuk Kurmin Halim menambahkan, dengan terwujudnya KEK TAA maka dipastikan akan meningkatkan kunjungan kapal karena salah satu rencana KEK TAA adalah membangun pelabuhan.

"Itu sudah pasti akan meningkatkan hingga ratusan persen. Kami tinggal menunggu saja. Tadi sudah berbicara dengan gubernur, dan KEK TAA sudah jalan kalau sudah ditandatangani presiden," katanya.

Dia menjelaskan, Gubernur Alex Noerdin memberikan sedikit bocoran mengenai hasil pertemuan dengan SBY. "Keppres akan ditandatangani sebelum pemilihan Presiden. Tapi belum tau kapan pastinya," katanya.

Suntikan Botox di Kelamin Bikin Pria Tahan Lama di Ranjang?

Posted: 11 May 2014 04:03 AM PDT

Botox sering digunakan untuk menghaluskan kerutan dan keriput terutama di wajah. Tapi, para ilmuwan sedang menguji agar botox bisa membuat pria bertahan lama di ranjang.

Ilmuwan di Tulane University, New Orleans, sedang menguji botox pada tikus untuk membantu pria yang menderita ejakulasi dini.

Cairan yang biasa digunakan untuk mengatasi keriput itu disuntikkan ke tikus jantan dan melihat dampaknya terhadap seberapa lama si tikus bisa berhubungan seksual. Lamanya hubungan seksual kemudian dibandingkan dengan kinerja si tikus sebelum diinjeksi. Hasilnya, peneliti menemukan tikus bisa bertahan lebih lama setelah disuntikkan obat. Data ini kemudian dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine.

Kini, percobaan dua tahunan tersebut dicobakan pada 60 relawan manusia untuk melihat apakah botox bisa membantu mengatasi ejakulasi dini. Pria antara 18-50 tahun yang menjalin hubungan monogami jangka panjang yang ikut dalam penelitian yang dilakukan produsen obat Allergen. Relawan terpilih akan disuntikkan obat ke otot di ujung kelaminnya. Sedangkan yang lain akan menerima plasebo.

Dr John Dean, mantan presiden di International Society for Sexual Medicine mengatakan, uji coba tersebut pantas diselidiki. Namun, ia memperingatkan bahwa pengobatan harus dilakukan petugas medis yang mengenal obat tersebut.

Dokter menambahkan, pengobatan mungkin harus diulang setiap obat mereda, seperti dilansir MailOnline, Minggu (11/5/2014).

Sekitar satu dari empat pria menderita ejakulasi dini dan itu merupakan masalah seksual yang paling umum di kalangan pria muda.

Beberapa hal yang dianggap berkontribusi terhadap ejakulasi dini termasuk stres, masalah hubungan, kecemasan, pengalaman seksual traumatis sebelumnya, dan depresi.

Beberapa metode pengobatan untuk mengatasi masalah ini seperti selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), yang merupakan jenis antidepresan yang bisa membantu menunda klimaks.

Banyak Anak Putus Sekolah, Astrid Tiar Tergugah

Posted: 11 May 2014 04:00 AM PDT

Presenter sekaligus pesinetron Astrid Tiar ambil bagian dalam aksi sosial memberantas anak-anak putus sekolah. Hati Astrid tersentuh saat tahu jumlah anak yang mengalami putus sekolah masih sangat tinggi,

"Ini baru pertama kali aku ikut acara sosial seperti ini. Membuka mata sekali setelah tahu banyak anak berpengetahuan minim karena putus sekolah," kata Astrid di sela peluncuran mobil 'Bisolvon Sekolah Datang' di Museum Mandiri, kawasan Kota Tua Jakarta, Minggu (11/5/2014).

Merujuk data yang dimiliki Komnas Perlindungan Anak, setiap tahunnya ada 1,5 juta anak yang tidak melanjutkan sekolah karena halangan biaya. Hal ini membuat miris, karena pendidikan merupakan penopang untuk berhasil di masa depan.

Hal ini yang akhirnya membuat Astrid mendukung peluncuran mobil Sekolah Datang. Ditambahkan Senior Brand Manager Bislovon, Dewi Isnaniar, mobil itu akan singgah ke tujuh titik yang memiliki konsentrasi anak-anak putus sekolah yang tinggi di Jakarta.

"Kami tidak kerja sendiri, kami bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Anak. Dengan begitu, kami berharap bisa membantu anak-anak putus sekolah agar bisa memperoleh kehidupan lebih baik lagi," urai Dewi.

Astrid juga berharap, suatu saat bisa terjun langsung dan mengajari anak-anak putus sekolah. "Karena aku percaya, aku datang ke acara ini bukan kebetulan, tapi merupakan tanda dari Tuhan kalau aku harus berbagi dengan mereka," pungkas Astrid.(Jul/Rul)

Taman Rusak karena Es Krim Gratis, Walikota Risma Marah Besar

Posted: 11 May 2014 03:46 AM PDT

Acara bagi-bagi es krim di Taman Bungkul Surabaya, Jawa Timur sekitar pukul 06.00 WIB, membuat marah Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Sebab, taman yang pernah mendapatkan penghargaan dari PBB tersebut rusak parah.

Tri Rismaharini mengatakan, akan menuntut secara hukum pihak panitia karena acara Wall's Ice Cream Day yang diselenggarakan di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (11/5/2014), merusak taman kota yang telah susah payah ia bangun bersama warganya.

Dengan penuh amarah, Risma mendatangi stand panitia sambil memarahi mereka karena telah merusak taman yang dia bangun dengan dana miliaran dan juga waktu yang tidak sebentar.

"Kalian tidak punya izin ngadain ini, lihat semuanya rusak! Kami bangun ini nggak sebentar, biayanya juga nggak sedikit. Kalian seenaknya merusak. Saya akan tuntut kalian!" seru Risma sambil meninggalkan panitia Wall's yang terlihat kaget.

Namun, hal yang berbeda diungkapkan pihak panitia, terkait perizinan. Panitia mengaku telah mendapat izin, baik dari Pemerintah Kota (Pemkot), Polrestabes, dan juga Dinas terkait untuk mengadakan dan mengamankan acara.

"Izin kami sudah dapat kok. Sedangkan taman yang rusak saat ini kami sedang mendata dan akan mengganti rugi," kata Kanania Radiatni, Assisten Manager Wall's Ice Cream sebelum kedatangan Risma.

Wall's Ice Cream Day yang diselenggarakan Unilever digelar serentak di 6 kota besar, salah satunya Kota Surabaya. Dalam acara itu, mereka membagikan es krim gratis kepada warga dengan cara menukar kupon yang sebelumnya telah disebar.

Acara dimulai pukul 06.00 WIB tadi pagi dan langsung dibubarkan sejam kemudian, sekitar pukul 07.00 WIB oleh Dinas Pertamanan karena kerumunan masyarakat merusak taman kota dan menimbulkan kemacetan total.

Meski demikian, masyarakat masih terus berdatangan hingga pukul 10.00 WIB dan memadati seluruh ruas jalan yang menuju ke Taman Bungkul. Baik itu jalan protokol dari perempatan Darmo hingga perempatan Wonokromo, maupun jalan-jalan kecil di sekitar di antaranya, Progo, Jalan Serayu, Ciliwung, Cimanuk, hingga Jalan Diponegoro juga kena imbas macet.

Sementara itu, sesaat setelah kedatangan Risma, tenda Wall's sudah dibongkar dan panitia sudah tak terlihat di lokasi. (Yus)

RNI Dirikan Sekolah Gula

Posted: 11 May 2014 03:39 AM PDT

Sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu hal penting dalam pengelolaan sebuah perusahaan. Mengerti akan hal tersebut, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berbasis indsutri gula.

Direktur  Utama RNI Ismed Hasan Putro menjelaskan, saat ini SDM yang benar-benar mengerti industri gula di Indonesia sangat minim. Oleh sebab itu, perusahaan mengambil inisiatif untuk mendirikan sekolah kejuruan yang diberi nama SMK Gula Rajawali Madiun.

Selain itu, pendirian SMK ini untuk mengantisipasi risiko kekurangan SDM di lingkungan RNI. "Saat ini banyak sumber daya manusia di RNI banyak yang mendekati purna tugas," jelasnya seperti tertulis dalam siaran pers, Minggu (11/5/2014).

Ismed menambahkan, adanya sekolah ini juga untuk mengantisipasi persaingan pasar bebas para produsen gula.

SMK milik RNI ini memiliki kegiatan yang berkesinambungan. Untuk pagi, para siswa akan belajar di kelas. Sementara siang hari akan mengikuti praktek di pabrik gula.

Pada tahap awal, SMK Gula Rajawali Madiun membuka kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan, teknik pemeliharaan mekanik industri, kimia industri dan kedepan akan menambah program politeknik. 

SMK Gula Rajawali dijadwalkan membuka pendaftaran dengan tiga jalur yakni, jalur prestasi, jalur PMDK dan jalur umum.

Terkait dengan biaya, untuk jalur prestasi bebas dari biaya pendaftaran, sementara untuk uang partisipasi  sebesar Rp. 250 ribu.

SMK Gula Rajawali Madiun berada di komplek Pabrik Gula (PG) Rejo Agung Baru, Jalan Yos Sudarso Madiun, Jawa Timur.

Arctic Monkeys Puji Keberanian Miley Cyrus

Posted: 11 May 2014 03:30 AM PDT

Matt Helders yang dikenal sebagai pemain drum Arctic Monkeys, belakangan ini mengungkapkan kekagumannya terhadap Miley Cyrus karena telah membawakan cover lagu bandnya bertajuk `Why Do You Only Call Me When You're High?`.

Dilansir dari NME (9/11/2014), Miley kala itu menyanyikan lagu tersebut sebagai bagian dari penampilannya di `MTV: Unplugged` pada 2013 lalu. Di situ, sang penyanyi wanita sensasional tersebut juga membawakan lagu-lagu dari daftar tur dunia `#Bangerz`.

Ungkapan positif dari Matt kepada Miley diungkapkannya kala ia diwawancarai oleh pihak radio Australia Triple J dalam program bertajuk Like A Cover pada akhir pekan lalu.

"Saya pikir versi Mile Cyrus dari lagu Why'd You Only Call Me When You're High?," ujarnya saat sang penyiar bertanya kepadanya mengenai lagu Arctic Monkeys versi siapa yang paling disukainya.

Dilanjutkan lagi oleh Matt saat ia disangka menyindir sang penyanyi oleh penyiar radio, "Tidak, ia melakukan beberapa hal di sana. Ia bisa lebih tinggi dari kami... Dalam hal tarikan suara."

Arctic Monkeys merupakan band beraliran indie rock yang dibentuk pada 2002 silam dan terdiri dari Alex Turner (vokal, gitar), Jamie Cook (gitar), Nick O'Malley (bass), dan Matt Helders (drum).

Penjualan album terbaru mereka bertajuk `AM` sudah mencapai lebih dari 600 ribu kopi di Inggris hingga saat ini. Album tersebut juga sukses menjadi yang terlaris kedua secara cepat sepanjang 2013 setelah `Random Access Memories` milik Daft Punk. Saat itu, Daft Punk sukses menjual 165 ribu kopi pada Mei 2013, sementara Arctic Monkeys menjual sebanyak 157 ribu kopi.(Rul/Feb)

Van Gaal Jawab Rumor Latih MU

Posted: 11 May 2014 03:26 AM PDT

Pelatih tim nasional Belanda Louis van Gaal membantah kabar sudah mencapai kesepakatan untuk melatih Manchester United di musim mendatang. Van Gaal akhir-akhir ini memang disebut-sebut akan menggantikan posisi Ryan Giggs yang ditunjuk sebagai manajer sementara pasca pemecatan David Moyes.

"Kami belum menemui kesepakatan hingga kini," sebutnya seperti dilansir Metro (11/5).

Van Gaal belum memikirkan masa depannya karena ia kini tengah sibuk mempersiapkan timnas Belanda untuk Piala Dunia 2014 mendatang.

"Belum jelas mengenai kesepakatan kami. Belum tentu juga kesepakatan itu akan terjadi di masa depan," sebut Van Gaal. "Beberapa kabar yang beredar selama ini, sama sekali tidak benar."

Van Gaal merupakan mantan pelatih Ajax Amsterdam, Barcelona, Bayern Muenchen dan AZ Alkmaar. Ia pun sukses membawa Ajax menjuarai tiga gelar Eredivisie serta satu gelar Liga Champions di musim 1994/1995.

Setelah itu kesuksesannya berlanjut di Barcelona dengan dua trofi Liga Spanyol dan satu Copa del Rey. Van Gaal juga mampu membawa klub AZ Alkmaar mematahkan dominasi Ajax Amsterdam dengan menjuarai Eredivisie musim 2008/2009 lalu. Ia pun turut membawa Muenchen menjuarai Bundesliga 2009/2010 serta DFB Pokal di musim yang sama.

Poros Bentukan Cikeas Ancam Jokowi dan Prabowo?

Posted: 11 May 2014 03:21 AM PDT

Kesibukan partai politik dalam menentukan arah koalisi untuk mendukung calon presiden yang bertarung untuk memegang kekuasaan, terus menjadi pembahasan menarik. Di sisi lain, Partai Demokrat belum terlihat sibuk untuk menentukan arah koalisi.

Namun, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M Massardi yakin Partai Demokrat sedang menyusun langkah untuk membuat poros koalisi sendiri.

"Saya jamin akan ada poros Cikeas, poros Cikeas ini hasil revisi setgab jilid II," kata Adhie di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (11/5/2014).

Jika nantinya Demokrat akan membuat poros Cikeas, sebut Adhie, akan menjadi masalah baru bagi calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. "Saya melihat bahwa yang menjadi masalah ini justru Prabowo. Nah kalau Bowo bisa running, kemungkinan Gerindra tetap dengan Golkar," ujarnya.

Menurutnya, setgab atau koalisi poros Cikeas ini bisa dibuat oleh Partai Demokrat dengan dasar tingginya suara Partai Demokrat di dalam pemilihan legislatif. Bila dibandingkan dengan partai lain yang tergabung dalam setgab sebelumnya.

"Kemudian setgas jilid II poros Cikeas ini tentu dengan PPP, PKS dan PKB, Demokrat. Di dalam setgab ini, secara hasil dia tetap paling tinggi memimpin. Nah, saya belum tahu Hanura dalam konteks ini apakah bergabung dengan PDIP atau dengan Gerindra atau dengan poros cikeas," ungkapnya.

Sementara saat disinggung apakah nantinya poros Cikeas akan menjegal kemenangan calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, Adhie hanya menegaskan bahwa bisa saja hal itu terjadi.

"Kalau misalkan ada 3 capres-cawapres, ada Jokowi ada Prabowo dan ada dari poros Cikeas. Nah, poros Cikeas ini bisa diuntungkan bila ada pertarungan yang kasar antara pendukung Prabowo dengan pendukung Jokowi. Jadi kalau di bawah ada benturan-benturan atau sengaja untuk dibenturkan, ini bisa menguntungkan poros Cikeas," tegasnya.

Saat ditanyakan siapa tokoh yang akan diusung untuk bertarung dalam pemilihan presiden dari poros Cikeas, mantan Jubir Gus Dur itu mengatakan ada beberapa nama dari peserta konvensi Partai Demokrat.

"Tetap mencalonkan Pramono Edhie, dan wakilnya bukan dari partai-partai itu tetapi dari peserta konvensi, bisa Dahlan Iskan bisa juga Gita Wirjawan," pungkas Adhie. (Yus)

Jokowi Jalin Kerja Sama Bidang Pangan dengan Sulsel

Posted: 11 May 2014 03:13 AM PDT

Minggu siang, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, menandatangani perjanjian kerjasama di Pelabuhan Makassar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (11/5/2014), Sulawesi Selatan akan memasok 160 ton beras dan ikan tuna. Kerjasama ditandai pengiriman 7 kontainer beras dan 3 kontainer tuna dari Pelabuhan Makassar ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Sebelumnya pada Minggu pagi, Jokowi mengikuti jalan santai bersama ribuan warga Makassar. Jokowi juga menyempatkan bertemu dengan para relawannya.

Berbeda dengan sambutan meriah di Makassar, di Jakarta, muncul gerakan meminta Jokowi mundur jadi gubernur jika tetap mencalonkan diri sebagai presiden.

Aksi tersebut digelar warga Cipinang Muara, Jakarta Timur, dengan mengelilingi area Banjir Kanal Timur (BKT). Menurut mereka sebaiknya Jokowi nyapres 5 tahun lagi, karena masih banyak yang perlu dibenahi di ibukota.

Terlepas dari suara sumbang, pencapresan Jokowi mendapat suntikan energi dengan bergabungnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengusung Jokowi.

Sebelumnya Jokowi, juga mengantongi dukungan Partai Nasdem. Rencananya dalam pekan ini, Jokowi akan mengumumkan calon pendampingnya dalam pilpres 9 Juli mendatang.

Jokowi mengisyaratkan sang pendamping berasal dari luar Jawa. Sejumlah nama seperti Jusuf Kalla dan Abraham Samad, yang berasal dari Makassar, serta Ryamizard Ryacudu dari Palembang, masih digodok Jokowi dan PDI Perjuangan.

Dacia Rayakan Produksi ke-5 Juta Unit

Posted: 11 May 2014 03:12 AM PDT

Respons positif dari pasaran membuat fasilitas produksi Dacia kebanjiran pesanan mobil. Terbukti, pabrikan asal Rumania itu merayakan capaian produksi ke-5 juta unit baru-baru ini.

Menurut Dacia, 5 juta mobil diproduksi oleh fasilitas yang berada di Mioveni, Romania, yang memproduksi model Duster facelift. Adapun, pabrik memiliki kapasitas produksi sebesar 350 ribu unit per tahun.

Di samping Duster, fasilitas produksi Mioveni juga menangani pembuatan model Loga, Sandero, Sandero Stepway dan Logan MVC. Sementara model Dokker, Lodgy dan Dokker Van dirakit di Maroko.

Dilansir dari Inautonews, Minggu (11/5/2014), versi facelift dari Dacia Duster resmi diumumkan dalam gelaran Frnkfurt Motor Show.

Mobil hadir dengan sejumlah perubahan termasuk fascia depan dan beberapa komponen anyar lainnya, seperti sistem infotainment MediaNav, sensor parkir, electronic stability control (ESC), cruise control, park assist dan speed limiter.

Menyoal jantung pacu, mobil hadir dengan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter yang menyemburkan tenaga 123 horse power (HP) dan torsi 250 Nm. Dacia Duster juga hadir dengan mesin berkakasitas 1,6 liter dan 1,5 liter. (Gst/Igw)