Rabu, 14 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Kombinasi Bola Pendek dan Crossing Jadi Senjata Timnas U-23

Posted: 14 May 2014 05:04 AM PDT

Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Aji Santoso menyebut tim asuhannya harus dapat menampilkan ciri khasnya pada saat berhadapan dengan Republik Dominika pada laga ujicoba, Kamis 14 Mei 2014. Ia menekankan akan memasang pemain yang siap untuk bertanding pada laga tersebut.

"Kami ingin menampilkan permainan dengan ciri khas bermain Timnas U-23, bola pendek, crossing, pokoknya kombinasi akan kami tunjukkan besok."

Timnas U-23 yang akan dipersiapkan untuk Asian Games mendatang ini telah melakukan beberapa program latihan beberapa bulan sebelumnya. Mereka pun kembali menggunakan jasa pemain U-23 yang sebelumnya sempat mencicipi permainan timnas senior seperti Bayu Gatra dan Rizky Pellu.

"Bagi saya, tidak ada pengecualian. Laga ini juga sebagai ajang seleksi dan pemantapan permainan kami. Jadi jika ada yang tidak siap, pasti akan kelihatan. Akan ada tujuh pergantian pemain pada laga nanti, dengan itu saya pribadi akan melihat kondisi dan kemampuan pemain nanti."

Aji juga menyebut laga ini sangat bagus untuk timnya. "Laga ini sangat penting, karena selain bertaraf internasional, lawan kami nanti juga di atas kami."

"Tapi itu tidak jadi persoalan, karena di situlah kemampuan tim ini jadi terasah. Jika sebuah tim bermain bagus saat lawan tim yang lebih lemah, lalu bermain buruk saat lawan tim kuat, itu namanya mereka belum siap secara mental," ucap Aji Santoso.

Cara Baru Agar Terhindar Virus MERS-CoV

Posted: 14 May 2014 05:02 AM PDT

Selain melakukan suntik vaksin meningitis dan influenza, para calon jamaah haji atau umrah juga dapat melakukan antisipasi lainnya dengan infus vitamin C dalam dosis tinggi dan terapi ozon.

Meski di Indonesia belum ada satu pun masyarakatnya yang tertular virus MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus), Spesialis Infeksi Pencernaan yang pernah bekerja di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Mulyadi Tedjapranata, MD, FIAS mengatakan, para calon jamaah juga harus tetap waspada dan melakukan sejumlah langkah, demi terhindar dari virus berjenis RNA ini.

"Walaupun sudah suntik vaksin meningitis dan influenza, jangan takut untuk suntik vitamin C ini. Karena, semuanya akan saling berkesinambungan. Jangan takut karena diberi suntik vitamin C lantas vaksin tidak berfungsi di dalam tubuh," kata dia menjelaskan dalam acara `Cara Aman Menangani Virus MERS-CoV dan Pencegahannya` di STANMED Center, Jalan Hang Lekir, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (14/5/2014)

Seperti diketahui bahwa virus MERS-CoV dapat menyerang sistem imunitas para jamaah yang tengah berada di sana. Maka itu, WHO menyarankan agar dapat menjaga kesehatan dan memperkuat kekebalan tubuh dengan minum yang cukup air putih, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan melakukan suntik vitamin C dosis tinggi.

"Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh," kata dia menambahkan.

Sedangkan terapi ozon, kata Mulyadi, terbukti efektif dalam membunuh virus, kuman, dan bakteri yang terdapat di dalam tubuh dengan cara merusak selaput pelindung kuman.

Benfica vs Sevilla: Coba Patahkan Kutukan Guttman

Posted: 14 May 2014 05:01 AM PDT

Nama Bela Guttman seperti menjadi momok setiap kali Benfica menembus final kompetisi Eropa. Ya, kini Benfica ingin melepas kutukan Guttman yang menyebut klub asal Portugal itu tidak akan juara di Eropa  selama 100 tahun sejak tahun 1962.

Ya, Guttman adalah salah satu pelatih tersukses yang dimiliki Benfica. Dia membawa klub berjuluk The Eagles itu dua gelar liga Portugal dan dua gelar Liga Champions.

Namun, Benfica akhirnya memecat pelatih Hungaria itu pada tahun 1962 karena meminta kenaikan gaji. Itu sebabnya, Guttman mengutuk mantan klubnya karena merasa sakit hati.

Menariknya, kutukan Guttman seperti tidak bisa lepas hingga sekarang. Terakhir, Benfica takluk 1-2 dari Chelsea dalam final Liga Europa musim lalu.

Tapi, skuat Benfica percaya bisa melepas kutukan itu musim ini. Apalagi mereka punya modal bagus karena tak terkalahkan dalam perjalanan menuju final, meraih enam kemenangan dan dua kali hasil imbang.

Di laga dinihari nanti, Benfica akan tampil tanpa Eduardo Salvio dan Enzo Perez karena hukuman kartu. Sementara bek Silvio absen karena cedera.

"Laga ini sangat sulit, kami dan Sevilla punya tujuan yang sama yakni masuk ke final," kata kapten Benfica, Luisao seperti dilansir Soccerway.

"Semuanya akan ditentukan dalam satu laga. Kami menghormati mereka dan siap bersaing di laga ini. Menjadi juara selalu terasa spesial bagi kami."

Di sisi lain, Sevilla datang ke Juventus Stadium sebagai klub underdogs. Pasalnya, dalam beberapa laga terakhir, performa anak asuh Unai Emery ini justru menurun.

Mereka kalah dalam tiga laga terakhir di La Liga, sehingga tiket Liga Champions pun lepas dari genggaman. Bahkan kemenangan terakhir diraih Sevilla pada laga leg pertama lawan Valencia, bulan lalu.

Di laga ini, Sevilla tidak bisa memainkan Jairo Samperio karena hukuman kartu. Sementara, Sebastian Cristoforo dan Denis Cheryshev absen karena cedera.

"Kami tahu Benfica lawan yang sulit. Apalagi mereka mengalahkan Juventus di babak semifinal," kata striker Kevin Gameiro.

"Tapi di laga final semuanya bisa terjadi. Terpenting kami harus mengerahkan segalanya di lapangan," ujarnya menjelaskan.

Prakiraan Formasi:

SL Benfica (4-4-2) - Oblak – Maxi Pereira – Garay – Luisão – Siqueira – R. Amorim – André Gomes – Gaitán – Sulejmani – Rodrigo – Lima

Sevilla (4-2-3-1) - Beto – Figueiras – N. Pareja – Fazio – F.Navarro – Carriço – Mbia – Rakitic – Reyes – Vitolo – Bacca

Stadion: Juventus Stadium

Kapasitas: 41 000

Wasit: Felix Brych

Apa Beda Cloud Computing dan Tradisional IT?

Posted: 14 May 2014 05:00 AM PDT

Storage atau ruang penyimpanan, belakangan ini sudah menjadi bagian penting di perusahaan untuk meningkatkan produktivitas. Namun investasi storage hingga kini masih terbilang mahal dan diklaim banyak pihak kurang efisien.

Sebagai solusi kini telah hadir teknologi cloud computing atau komputasi awan yang memungkinkan perusahaan untuk memiliki storage dengan kapasitas tertentu tanpa harus membeli hardware, software, dan pemeliharaan sistem penyimpanan.

"Itu adalah beberapa keunggulan cloud computing, di mana perusahaan tak harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli hadware, seperti server dan lain sebagainya. Hal itu bisa menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya," kata Denny Sugiri, Auditor Information Security Management System (ISMS) yang juga dikenal sebagai praktisi cloud computing di Kuningan Royal Hotel, Jakarta.

Denny menyebut, jika sebuah perusahaan mengusung traditional IT, mereka harus menyiapkan dana besar untuk membeli server, router, menyiapkan SDM yang bertugas melakukan pemeliharan storage, dan mempersiapkan infrastruktur.

"Mengenai infrastruktur, bila menggunakan cloud computing, hanya dalam satu minggu perusahaan langsung bisa menguji storage-nya. Sedangkan bila memakai traditional IT bisa menghabiskan waktu hingga tiga bulan," tambah Denny.

Perbedaan lainnya, lanjut Denny, cloud computing bisa diakses kapan saja dan oleh siapa saja - syaratnya harus terhubung dengan koneksi internet. Sementara tradisional IT, pengambilan data ke server hanya bisa diakses secara internal.

"Untuk model bisnisnya pun, cloud computing bisa dibayar sesuai kebutuhan sehingga dana yang dikeluarkan perusahaan tidak membengkak. Sedangkan tradisional IT biayanya tidak fleksibel dan bisa dipastikan sangat mahal. Dengan cloud computing, penerapan IT di perusahaan menjadi mudah dan murah," tambah Denny lagi.

Namun demikian, Denny memaparkan bahwa cloud computing memiliki kekurangan yang cukup menonjol, yaitu semua data yang diakses oleh perusahaan harus melalui jalur internet.

"Saya rasa infrastruktur di Indonesia masih perlu dibenahi dan harus ditingkatkan. Bagi saya, kecepatan koneksi internet 3G masih sangat kurang untuk melakukan aktivitas komputasi awan. Kalau bisa teknolgi 4G LTE jangan cuma diuji coba saja tetapi harus diterapkan secepatnya," tutupnya. 

Alami Kecelakaan, Bryce Dallas Howard Nyaris Dimakan Dinosaurus

Posted: 14 May 2014 05:00 AM PDT

Aktris cantik Bryce Dallas Howard dikabarkan mengalami kecelakaan ringan saat tengah melakoni adegan laga di lokasi syuting "Jurrasic World" (sekuel keempat Jurrasic Park). Insiden tersebut terjadi akibat listrik yang tiba-tiba padam.

Akibatnya, seperti dikutip dari harian online Showbiz Spy, Rabu (14/5/2014), bintang "The Village" itu terjebak di dalam rahang Dinosaurus yang kesemuanya terbuat dari mesin.

Bryce pun langsung berteriak begitu menyadari kalau dirinya dikelilingi oleh puluhan kawat dan mesin yang biasa dipakai untuk mengoperasikan rahang tersebut. "Tolong, keluarkan saya dari sini!" pintanya.

Untungnya, para kru langsung sigap dan berusaha mengeluarkan aktris malang tersebut. Setelah 15 menit berjalan, Bryce pun terbebas dari mulut robot binatang purba itu.

Seperti diketahui, Jurassic Park sendiri adalah berkisah tentang penciptaan kembali dinosaurus di sebuah pulau untuk keperluan objek sebuah taman hiburan. Sayang kegagalan sistem yang terjadi membuat pulau tersebut menjadi berbahaya.

Bergerak untuk mensukseskan film ini, Spielberg direncanakan akan kembali bertindak sebagai eksekutif produsernya. Naskahnya juga akan dikerjakan langsung oleh Rick Jaffa dan Amanda Silver yang belakangan dikenal lewat "Rise of the Planet of the Apes".

Terakhir, disutradarai oleh Collin Trevorrow, Jurassic World akan dirilis mulai 12 Juni 2015 mendatang.(Feb/Rul)

Bisnis Batu Bara Lesu, Indika Energy Tak Bagi Dividen

Posted: 14 May 2014 04:50 AM PDT

PT Indika Energy Tbk (INDY) memutuskan untuk tidak membagi dividen untuk tahun buku 2013. Hal tersebut dikarenakan perseroan membukukan rugi yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$ 62,5 juta.

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, Wishnu Wardhana mengatakan, jika tahun 2013 merupakan tantangan bagi pasar batu bara global. Lebih lanjut, hal itu juga dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak.

"Penurunan harga batu bara thermal dan kenaikan harga minyak merupakan tantangan terberat dan memberikan dampak signifikan," kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Ia menjelaskan perusahaan dalam grup seperti Kideco Jaya Agung dan Santan Batubara produsen batubara mengalami dampak langsung terhadap turunnya harga bara. Tambah dia, Multi Tambangjaya utama juga mengalami penundaan perolehan ijin untuk melanjutkan kegiatan operasional.

"Kontraktor batubara Petrosea mengalami penurunan target pengupasan lapisan tanah (overbunder removal) para klien," lanjutnya.

Namun demikian, perusahaan engineering, procurement, and contruction (EPC) Triapatra mengerjakan proyek besar di tahun 2013 seperti proyek Banyu Urip di Blok Cepu, Bojonegoro dan proyek fasilitas produksi gas di Blok Toili, Senor.

Wishnu menambahkan, perusahaan transportasi dan logistik Mitrabahtera Segara Sejati juga berhasil meningkatkan kinerjanya, baik bisnis tongkang juga transshipment. Selain itu, kontribusi Petrosea Offshore Supply Base juga meningkat sering pertumbuhan permintaan kegiatan minyak dan gas lepas pantai Balikpapan.

"Pendapatan Indika Emegergy meningkat sebesar 15,2% menjadi US$ 863,4 juta terutama dikontribusikan oleh  peningkatan pendapatan dari proyek engineering, procurement and construction (EPC) Triapatra," pungkasnya. (Amd/Ahm)

Di Dalam Penjara, Dewi Perssik Sempat Ditakuti Akan Disetrum

Posted: 14 May 2014 04:50 AM PDT

Banyak hal yang dirasakan Dewi Perssik alias Depe saat menjalani hukuman tiga bulan penjara di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Depe sempat ditakuti akan disetrum oleh sipir penjara.

Hal itu terjadi saat Depe terkena sidak di dalam penjara. Di kamarnya, petugas menemukan ponsel yang sifatnya haram untuk dimiliki narapidana.

"Waktu ketahuan kami dipanggil, teman saya bilang 'sudah ngaku saja kalau tidak nanti disetrum lho'. Ya saya akhirnya mengaku kalau ponsel bukan punya saya, tapi memory card-nya iya," kata Depe di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (14/5/2014).

Depe memang mengaku kalau ia memakai ponsel untuk mendokumentasikan keadaan di dalam rutan. Foto-foto itu nantinya akan ia masukkan ke dalam buku yang berisi pengalaman hidup selama berada di penjara. Karena ketahuan, ia pun sempat dipanggil kepala rutan.

Kejadian lain yang dialami Depe, ialah soal banyaknya teriakan dari sel-sel penjara. "Setiap hari saya dengar tangisan, teriakan, dan nggak semua yang disana itu bersalah, sedih banget deh," tutur Depe. (Jul/Fei)

Awan D Academy Buka Tempat <i>Fitness</i> di Medan

Posted: 14 May 2014 04:40 AM PDT

Akhirnya keinginan Awan D'Academy untuk memiliki sarana olahraga kebugaran alias tempat fitness telah terwujud. Sarana fitnessnya diberi nama Awan D'Academy Barbel Club. Selain untuk mengolah tubuhnya, tempat tersebut juga sebagai penghasilan tambahan untuk anak dan istrinya.

"Aku namakan Awan D'Academy Barbel Club (sarana fitness). Karena aku bangga menjadi kontestan D'Academy, walaupun sudah tersenggol," cerita Awan melalui BBM (BlackBerry Messenger), Rabu (14/5/2015).

Memang pasca Awan tersenggol dari ajang pencarian bakat penyanyi dangdut D'Academy Indosiar, sanak saudaranya melarang ia bekerja kasar seperti sebelumnya, yakni sebagai pekerja bangunan. "Kata om aku (pemborong proyek), jangan lagi aku ikut jadi kuli bangunan," lanjut pria berbadan tegap tersebut.

Oleh karena itu, pemilik nama asli Rumawan Siregar ini, memberanikan untuk meminjam uang kepada adik orangtuanya sebagai modal. Dana pinjaman yang didapatkan olehnya kini telah ia belikan alat-alat fitness.

"Sudah satu minggu berjalan, yah baru merintis, belum banyak orang tahu aku punya tempat fitness, jadi yang latihan belum banyak," imbuh biduan kelahiran Medan 28 tahun silam.

Awan pun berharap dengan mendapat tawaran bernyanyi dari D'Academy dirinya bisa cepat mengembalikan uang pinjamannya tersebut. "Kalau aku dapat job di Jakarta, tempat fitnes ini dijaga sama istri aku bang, buat tambahan belanja dapur, sembari nunggu acara dari Indosiar," tutupnya.

Ribuan Unit Kia Soul dan Sportage Ditarik dari Inggris

Posted: 14 May 2014 04:37 AM PDT

Badai penarikan (recall) mobil tak hanya dialami oleh pabrikan asal Amerika Serikat (AS) saja. Terkini, Kia mengumumkan akan menarik ribuan model Soul dan Sportage yang beredar di Inggris Raya.

Dilansir dari Inautonews, Rabu (14/5/2014), penarikan ini dilakukan karena temuan masalah yang terjadi pada sabuk pengaman (seatbelt). Tak pelak, ribuan unit dari model Kia Soul dan Sportage dilaporkan masuk dalam daftar recall.

Lebih jauh, Kia menjelaskan, masalah ini terjadi karena kerusakan piston pada komponen mekanik yang menyebabkan pretensioner tidak bekerja sempurna. Jika diabaikan, masalah ini bisa meningkatkan risiko saat kecelakaan.

Secara keseluruhan terdapat 5.787 unit Kia Sportage yang terdampak dari kebijakan recall ini. Semantara pabrikan asal Korea Selatan itu juga akan menarik sebanyak 1.432 unit Kia Soul dari Inggris Raya. Sejauh ini, Kia belum memeroleh laporan adanya pengemudi yang cedera akibat kesalahan ini.

Kia Sportage yang bermasalah adalah yang diproduksi pada Oktober 2011 hingga November 2012, di fasilitas Zilina, Slovakia. Sedangkan untuk Soul, pabrikan menarik mobil yang diproduksi sepanjang Agustus 2011 hingga Maret 2012 di fasilitas Kwangju, Korea Selatan. (Gst/Gdn)

Ketemu Surya Paloh dan Cak Imin, Muka Jokowi Tegang

Posted: 14 May 2014 04:37 AM PDT

Capres PDIP Joko Widodo hadiri acara deklarasi dukungan partai di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (14/05/2014) (Liputan6.com/Herman Zakharia).