Jumat, 09 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Bulog Jamin Stok Beras di Bengkulu Aman 6 Bulan

Posted: 09 May 2014 04:52 AM PDT

Bulog Devisi Regional Bengkulu menjamin stok beras untuk masyarakat Provinsi Bengkulu akan aman hingga 6 bulan mendatang.

Kepala Bulog Divre Bengkulu Basirun  mengatakan, dari total persediaan stok beras yang tersimpan di 4 Gudang Bulog dalam Provinsi Bengkulu saat ini mencapai 10.779 ton.

Jumlah itu tersebar di gudang Bulog Kota Bengkulu sebanyak 8.671 ton, di gudang Argamakmur Bengkulu Utara sekitar 756 ton, di Manna Bengkulu Selatan sebanyak 569 ton dan di Curup Rejang Lebong 881 ton.

Untuk penyaluran yang dilakukan pihak Bulog setiap bulannya, baik untuk Raskin, Kementrian Sosial dan Kemenkumham diakui Basirun, hanya 1.800 ton.

“Dengan persediaan stok itu ditambah lagi dengan upaya penyerapan pengadaan dalam negeri atau beras lokal, yang hingga kini dari target 6 ribu ton sudah bisa dicapai pihak Bulog Bengkulu sekitar 3.347 ton, diyakini akan cukup aman untuk menghadapi bulan puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang,” kata Basirun di Bengkulu (9/5/2014).

Pihaknya mengharapkan seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak perlu kawatir dengan persediaan stok beras, baik di pasaran maupun di gudang Bulog.

Bahkan apabila harga beras terus merangkak naik terutama di bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri mendatang, pihaknya juga telah siap melakukan operasi pasar.

“Bulog Bengkulu juga akan terus mempercepat proses perealisasian beras raskin untuk masyarakat penerima manfaat, yang ada di Provinsi Bengkulu," tegas Basirun.(Yuliardi Hardjo Putra/Nrm)

Kadinkes DKI akan Tegur 5 RS yang Tolak Pasien KJS

Posted: 09 May 2014 04:51 AM PDT

Seorang bayi berusia 11 bulan, Muhammd Fauzan Saputra, yang menderita radang otak ditolak oleh 5 rumah sakit (RS) di Jakarta dengan alasan ruang rawat yang penuh. Kelima rumah sakit itu adalah RS Taruna, RS Tarakan, RS Harapan Kita, RS Pelni dan RS Hermina Jatinegara.

Karena itu, Fauzan terpaksa dirawat di RS Royal Taruma yang tidak terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan pemerintah selama lebih dari sepekan. Akibatnya, biaya rumah sakit yang dikeluarkan oleh orangtua Fauzan yang hanya seorang penjual bubur ayam Rp 17 juta di RS tersebut.

Melihat fakta tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dien Emmawati mengatakan pihaknya akan segera memberi teguran kepada 5 rumah sakit yang menolak pasien peserta Kartu Jakarta Sehat (KJS).

"RS nanti kita akan tegur. Artinya RS tidak boleh menginformasikan ke pasien untuk mencari RS sendiri. Dia bisa telepon 119, dia (RS) bisa kontak saya, dia bisa kontak Kadis-nya. Harus itu. Ini memang yang masih tidak benar," ujar Dien usai mengunjungi Fauzan di RS Tarakan di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (9/5/2014).

Selain itu, Pemprov DKI dalam hal ini Dinkes juga akan mengganti biaya pengobatan Fauzan yang membengkak selama berobat di RS Royal Taruma. Karena Fauzan yang terdaftar sebagai pasien KJS seharusnya tidak akan dikenakan biaya pengobatan sepeserpun.

"Kita akan urus uang yang sudah masuk ke Royal Taruma untuk pulangin. Kita minta 100% dipulangin. Kecuali dia tidak punya, sampai dengan terbitnya kartu dia harus bayar," ungkapnya.

Dien juga menegaskan, ketika kamar rawat ternyata sudah penuh, pihak rumah sakit menurut aturan memiliki kewajiban membantu pasien rujukan mencari kamar inap. Namun, hal itu tak tak dilaksanakan oleh rumah sakit. Sehingga dia menyayangkan selama ini pasien harus mencari ruang rawat inap sendiri dan dipersulit oleh RS yang bersangkutan.

"RS yang mencarikan tempat tidur rujukan," katanya.

Lady Gaga Tuduh Katy Perry Curi Gaya dan Penampilannya

Posted: 09 May 2014 04:50 AM PDT

Lady Gaga dan Katy Perry memang sering dikabarkan tidak rukun. Keduanya dilaporkan seperti rival dalam dunia hiburan Hollywood. Pernah suatu kali, Gaga menampik tuduhan bahwa musik dan gayanya sama dengan Katy. Ia merasa musiknya sangat berbeda jauh dengan pelantun Dark Horse tersebut.

Namun Gaga rupanya membalikkan perkataannya pada Maret tahun lalu itu dengan kata-katanya di Twitter. Gaga seperti merujuk kepada Katy Perry yang dituduhnya telah mencuri gaya dan penampilannya di atas panggung. Mulai dari penampilan dan warna rambut sampai dengan properti yang digunakan mantan kekasih John Mayer.

"Sepertinya masalahnya sekarang adalah rambut berwarna hijau dan properti berbentuk kuda besar," tulis Gaga dalam akun Twitternya seperti diberitakan Dailymail, Jumat (9/5/2014).



Memang belum lama ini tepatnya pada 7 Mei lalu, Katy baru saja menggelar tur musik Prismatic di Belfast. Dan Gaga mengomentarai beberapa poin tentang penampilan Katy yang dianggap serupa dengan aksi-aksinya.

Katy memang mengubah warna rambutnya menjadi hijau terang, hampir mirip dengan milik pelantun Just Dance, hal itu membuatnya kesal. Belum lagi, ketika aksi Katy yang menunggangi kuda emas yang diduga meniru gaya Gaga di red carpet American Music Awards 2013, kala itu Gaga naik kuda mekanik berwarna putih.

Asean All Stars Gelar Latihan Perdana di GBK

Posted: 09 May 2014 04:47 AM PDT

Sebanyak 18 pemain yang tergabung dalam tim Asean All Stars menggelar latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (9/5/2014) sore WIB. Dengan mengenakan kostum serba oranye, mereka dipantau langsung oleh sang pelatih, Datuk K. Rajagobal.

Nama Rajagobal tentu tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pelatih berusia 57 tahun itu pernah membawa Timnas Malaysia juara Piala AFF 2010 setelah mengalahkan Indonesia di partai final.

Kali ini Rajagobal mendapat tugas berbeda. Ia ditunjuk menangani pemain-pemain bintang asal Asia Tenggara yang akan bertanding melawan Timnas senior Indonesia, 11 Mei 2014. Pertandingan itu nantinya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno setelah laga antara Persija Jakarta kontra Ajax Amsterdam selesai digulirkan.

Di sesi latihan perdana ini, Rajagobal tak basa-basi. Setelah pemanasan, ia langsung memerintahkan skuat asuhannya untuk berlatih tanding. Latihan ini sendiri dimulai tepat pada pukul 17.00.

Di daftar pemain Asean All Stars, ada nama-nama terkenal seperti Mohammad Aidil (Malaysia), Safiq bin Rahin (Malaysia), Le Cong Vinh (Vietnam), Alex Boromeo (Filipina), dan Teerasil Dangda (Thailand) yang siap menghadapi tim asuhan Alfred Riedl. Namun khusus Teerasil Dangda, pemain berusia 25 tahun itu baru akan tiba di Jakarta beberapa jam sebelum kick off dimulai pukul 21.00. (Van)

Waspadai Virus Mers

Posted: 09 May 2014 04:43 AM PDT

Jumlah pasien yang diduga terjangkit virus Mers Corona di RSU Adam Malik Medan Sumatera Utara terus bertambah. Sepanjang hari ini empat pasien baru dirawat diruang Isolasi.

Pemerkosa Anak

Posted: 09 May 2014 04:42 AM PDT

Seorang remaja berusia 15 tahun di bekasi, Jawa Barat mengadukan ayah tirinya ke Komnas Perlindungan Anak karena mengalami kekerasan seksual.

Pemerkosa Anak

Posted: 09 May 2014 04:41 AM PDT

Seorang remaja berusia 15 tahun di bekasi, Jawa Barat mengadukan ayah tirinya ke Komnas Perlindungan Anak karena mengalami kekerasan seksual.

Shilpa Shetty Bangga Dapat Gelar Ibu Terbaik

Posted: 09 May 2014 04:40 AM PDT

Shilpa Shetty mendapat pujian sebagai Yummy Mummy dan Spalicius Mom berkat kemampuannya membagi waktu untuk anak dan pekerjaan. Shilpa mengaku sangat gembira dengan pujian tersebut. Ia juga sangat menikmati perannya sebagai seorang ibu.

"Mereka tidak hanya memilih saya karena saya telah kembali ke bentuk bentuk tubuh ramping saya. Mereka merasa bahwa saya mampu menyeimbangkan ibu dan pekerjaan dan mampu kembali ke bentuk tubuh semula. Jadi, tidak ada pujian yang lebih besar dari ini," ujar Shilpa, seperti dikutip Bollywoodlife.com.

Meski sekarang menjadi seorang pebisnis, istri Raj Kundra ini mengaku tetap meluangkan waktu untuk mengasuh sang anak, Viaan Raj Kundra yang lahir pada 21 Mei 2012 lalu.

"Apapun yang kita lakukan, kita melakukannya dari hati. Ibu-ibu lain tidak membutuhkan saran saya. Saya mengerjakan apa yang saya bisa kerjakan, dan itu normal. Dulu saya berpikir bahwa kehamilan sulit dan setelah melahirkan ternyata semuanya akan mudah," sambung wanita kelahiran 8 Juni 1985 ini.

"Tapi kemudian Anda merasa enam bulan pertama sangat keras dan kemudian dia (bayi) mulai berjalan. Ketika ia mulai berjalan, ia jatuh di mana-mana dan Anda takut. Setiap fase (dari kehidupan seorang anak) adalah kurva pembelajaran bagi orangtua , " tambah bintang yang terkenal lewat film Baazigar ini.

Meski tak meninggalkan dunia entertain, Shilpa kini tengah sibuk dengan bisnis spa. Shilpa yang sempat berpartisipasi di Cebrity Big Brother di Inggris ini juga baru saja membuka sebuah toko emas bernama Satyug Gold.

Vietnam dan Otomotif, Alasan Harga Karet Dunia Anjlok

Posted: 09 May 2014 04:39 AM PDT

Harga karet di pasar internasional saat ini tengah mengalami penurunan drastis. Pada 2000, harga karet sempat bertengger hingga US$ 5,7 per kilogram (kg), namun saat ini hanya mencapai US$ 1,6 per kg.

"Tahun 2000 cukup berhasil angkat harga karet sampai di level US$ 5,6-US$ 5,7 per kg. Harga saat ini sangat tidak bisa diterima hanya US$ 1,6 per kg dan pada tingkat petani tentu sangat menekan karena petani hanya terima Rp 6.000-Rp 7.000 per kg Itu tidak bisa kita terima," ujar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (9/5/2014).

Menurut dia , faktor utama yang menyebabkan harga karet menjadi anjlok karena terjadi perubahan struktur produksi karet dunia.

Saat ini, Vietnam menjadi produsen ketiga terbesar di dunia berhasil menggeser posisi Malaysia yang sebelumnya berada di posisi kedua di atas Indonesia.

"Jadi, Thailand paling besar, Indonesia sedikit di bawahnya, di bawah Thailand, Vietnam nomor tiga. Padahal, Vietnam tidak termasuk dalam International Tripartit Rubber Cooperation (ITRC). Masuknya vietnam tidak lagi kerja sama berkurang efektifnya. Laos dan Kamboja mulai masuk, bahkan India dan China jadi pemasok karet," tutur dia.

Bayu juga mengungkapkan faktor lain yang menyebabkan harga karet anjlok karena karena pada saat ini, permintaan pada industri otomotif tengah menurun, meskipun sifatnya itu siklus dan bukan permanen.

"Proyeksi produsen mobil akan tingkatkan penjualannya. Tetap akan dibutuhkan ban. Dan ban adalah produk akhir karet alam yang menampung 85% karet alam dunia masuk ke ban," lanjutnya.

Untuk mengatasi anjloknya harga ini, menurut Bayu ada tiga hal yang harus segera dilakukan, yaitu pertama, pemerintah akan mengusulkan agar ITRC ditingkatkan dan dikembangkan jadi Asean Rubber Committee atau Cooperation.

"Ada kerja smaa karet alam ASEAN. Jadi nggak hanya 3 negara, tapi bisa masuknya Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar untuk bergabung karet alam kerja sama itu. Tantangan industri karet seimbangkan kebutuhan dengan pasokan. Kalau kelebihan salah satu, dampaknya terasa disektor harga," ungkap Bayu.

Solusi kedua, dengan meningkatkan produktivitas karet rakyat, karena lebih dari 95% karet alam diproduksi oleh petani kecil dan perkebunan rakyat.

"Nah, kita harus tingkatkan produktivitasnya. Perkebunan di indonesia hanya 600-700 kg per hektar (ha), padahal negara tetanggan 2-3 ton per ha. Ini saya kira tantangan besar yang berlangsung lama. Tapi hasil perlu ditingkatkan," jelas dia.

Dan ketiga, yaitu dengan meningkatkan kualitas karet. "Karena faktor besar itu dipotong transportasi adalah masalah kualitas, kebersihan dari karet yang dihasilkan. Karet kita kotor selama ini," tandas Bayu. (Dny/Nrm)

Audi Kenalkan Mesin Diesel Ramah Lingkungan

Posted: 09 May 2014 04:39 AM PDT

Pabrikan otomotif berlambang empat cincin, Audi, memperkenalkan sebuah mesin diesel terbaru garapannya pada gelaran International Vienna Motor Symposium pada 8-9 Mei ini. Mesin tersebut diklaim lebih irit BBM dan ramah lingkungan.

Melansir laman Carscoops, Jumat (9/5/2014), Audi membuat sebuah mesin V6 berkapasitas 2.967 CC yang telah dibekali fitur turbodiesel. Mesin tersebut dapat menghasilkan dua pilihan output tenaga yaitu sebesar 215 horse power (HP) dan 268 hp.

Bila dibandingkan dengan mesin sejenis versi sebelumnya, mesin diesel terbaru dari Audi ini terjadi peningkatan output tenaga antara 14 hp sampai 27 hp.

Meskipun mengalami lonjakan tenaga, pihak Audi mengatakan kalau mesin generasi terbaru ini lebih hemat bahan bakar sekitar 13% tergantung dari mobil yang mengusung mesin ini.

Mesin V6 diesel baru ini V6 diesel baru ini mengusung teknologi terkini termasuk ring piston dan pin dioptimalkan untuk minim gesekan. Lalu sistem pendingin untuk crankcase dibuat terpisah serta bentuk kepala silinder yang dirancang ulang.

Hal terpenting pada lonjakan tenaga dari mesin diesel Audi ini ialah turbocharger yang diperbaharui sehingga mampu menghasilkan tenaga lebih sempurna.

Untuk mengimbangi tenaga besar yang dihasilkan, Audi juga menghadirkan sistem transmisi tujuh percepatan dual-clutch. Dengan transmisi canggih itu membuat mobil Audi akan sangat nyaman dikendarai.

Audi dalam menggarap mesin dieselnya kali ini amat memperhatikan emisi yang akan ditimbulkan sehingga pihak pabrikan merancang mesin sedemikian rupa agar menghasilkan emisi CO2 hanya 10 gram per kilometer.

Dengan emisi yang sangat rendah, mesin berbahan bakar solar milik Audi ini telah memenuhi standar emisi EURO 6 di Eropa. (Ysp/Nrm)