Sabtu, 17 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Tuntut Upah Layak, Buruh Minta RI Tiru Brazil dan China

Posted: 17 May 2014 04:30 AM PDT

Reporter: Septian Deny

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai posisi Indonesia secara makro ekonomi sangat baik. Meski mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini, namun Product Domestic Bruto (PDB) Indonesia kini menempati 15 besar ekonomi dunia.

Namun, lanjut Said, kehidupan masyarakat dan buruhnya bertolak belakang. Hal ini terlihat dari tingkat gini ratio tiap tahun meningkat 0,39 (2012) dan 0,41(2013) serta 2014 bertambah lagi.


"Ini berarti gap pendapatan melebar dan pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati kelas menengah atas dan menengah bawah dibayar dengan upah murah," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (17/5/2014).

Dia memaparkan, upah buruh di Indonesia saat ini menempati posisi yang tergolong rendah, yaitu 69 dari‎ 196 negara (ILO). "Oleh karenanya, KSPI ingin memperkecil angka gini ratio yaitu dengan melawan kebijakan upah murah dan pengusaha harus memberikan upah layak dengan seiring meningkatkan produktivitas dan key performance index pekerja," lanjut dia.

Said menjelaskan, dengan upah yang layak maka daya beli masyarakat meningkat. Hal tersebut berarti konsumsi domestik meningkat dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga tidak hanya bertumpu pada masuknya investasi dengan harapan lapangan kerja baru akan tercipta.

"Ini yang dilakukan oleh China dan Brazil, di mana ekonomi mereka tumbuh dan investasi masuk tapi daya beli buruhnya juga meningkat," katanya.

Menurut Iqbal, tiga hal yang bisa meningkatkan upah menjadi layak yaitu pertama, dengan menambah item komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dari 60 item menjadi  84 item sebagai dasar perhitungan upah minimum dan mengejar ketertinggalan upah diantara negara-negara ASEAN lain, karena upah minimum di Thailand telah mencapai Rp 3,2 juta, Filipina Rp 3,6 juta dan Malaysia Rp 3,2 juta.

"Apalagi kita akan masuk pasar tunggal ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015)‎ yang membutuhkan daya saing SDM tidak sekedar upah murah tapi kualitas SDM yang bergantung pada perbaikan pendidikan, produktivitas, dan penghapusan penyelundupan, serta perbaikan infra struktur dan sistem pajak atau kepabeanan," jelasnya.

Kedua, dengan merelokasi industri padat karya atau labour intensive ke daerah atau provinsi yang KHL-nya rendah sehingga upah minimumnya bisa bersaing dengan Kamboja, Vietnam dan Myanmar. "Bisa direlokasi seperti ke Subang, Boyolali, Jombang, Deli dan lain-lain. Bukan malah mempertahankan labour intensive di Jabodetabek, Karawang, Purwakarta atau Batam," ungkapnya.

Dan ketiga, dengan melakukan penolakan terhadap penangguhan upah minimum perusahaan multinasional yang bergerak di industri padat karya. "Karena upah minimum adalah safety net buruh lajang, tapi kenapa harus ditangguhkan padahal mereka mampu bayar. Bayangkan harga satu potong baju H&M itu setara UMP buruh sebulan atau harga sepasang sepatu Nike setara upah minimum buruhnya. Ini tidak adil," tandasnya. (Dny/Ndw)

Raffi Ahmad: Nagita Slavina Perempuan Paling Ajaib

Posted: 17 May 2014 04:30 AM PDT

Tak ada yang meragukan kedekatan antara Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina. Bahkan keduanya telah dikabarkan sudah bertunangan beberapa bulan lalu di Jepang. Pihak keluarga Raffi dan Gigi, sapaan akrabnya, juga sudah saling mengenal satu sama lain.

Sementara itu, Raffi sepertinya sudah terlanjur jatuh hati dengan Gigi. Pemain film Love Is Cinta ini mengakui pribadi Gigi sebagai sosok yang berbeda dibanding mantan pacarnya terdahulu. Sikap dingin Gigi, rupanya menjadi hal yang unik untuk Raffi.

"Kebetulan yang ini (Gigi) sudah tahu saya dari dulu. Ini perempuan paling ajaib, kalo saya BBM (BlackBerry Messanger) pagi sama perempuan-perempuan lain langsung dibalas. Kalau Gigi, balasnya siang besoknya," ungkap Raffi Ahmad ditemui Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (17/5/2014).

Selain itu, meski sudah memasuki usia 27 tahun, tak membuat Raffi merasa terbebani diburu-buru untuk segera menikah. Bagi Raffi, siapapun jodohnya nanti haruslah orang yang bisa memberikan kenyamanan dan bisa membuatnya selalu berkata jujur.

"Sebenarnya menurut saya, tahu diri saja. Umur sudah segini juga, mama juga sudah bilang supaya cepat menikah. Saya kan pernah pacaran sama yang lebih muda, pernah juga sama yang lebih tua. Malah sampai empat tahun sama yang kemarin. Sebenarnya buat laki-laki yang penting kenyamanan," kata mantan kekasih Yuni Shara tersebut.

"Kalau saya sih mencari pendamping hidup yang bisa membuat saya selalu jujur. Dia tahu bagaimana kita, brengsek-brengseknya kita," tuturnya. (Ras/Fei)

Hindari Jalan Rusak, Pemotor Kecelakaan dan Kritis

Posted: 17 May 2014 04:28 AM PDT

Akibat menghindari bagian jalan rusak, seorang pengendara motor jatuh dan harus dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Bayu Asih Purwakarta karena luka parah.

Bambang Setiawan (30) warga Perum Dian Anyar Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Purwakarta, mengalami kecelakaan tunggal pada Sabtu, 17 Mei 2014 karena motor bernomor polisi T 2605 AT yang ia tunggangi mengalai kehilangan keseimbangan saat mengindari lubangan di Jalan Alternatif Cikopak Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Jawa Barat siang tadi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, koban rencananya menuju kediamanya di Perum Dian Anyar setelah menuaikan tugas bekerja di kawasan Industri Kota Bukit Indah (KBI) Bungursari. Namun, saat melintas di jalan alternatif Cikopak, ia terjatuh. Dan mengalami luka parah di bahgian kepala dan dada. Korban yang dalam kondisi keritis lagsung dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Bayu Asih dan mendapatkan penanganan serius dari Tim Medis.

AIPTU Pol Sobandi Anggota Lakalantas Polres Purwakarta membenarkan, adanya kejadian kecelakaan tersebut. Dan saat ini dalam penanganan Laka Lantas Polres Purwakarta.

"Iya benar, diduga kecelakaannya saat mengindari lubang. Untuk korban dilarikan ke Bayu Asih, dan motornya kita amankan di unit laka," singkatnya.
 

Pengirim:

Wahyudin, Purwakarta


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID 

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Posted: 17 May 2014 04:15 AM PDT

Tidak memiliki gejala yang berakibat pada kematian membuat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu menakutkan. Beragam cara pun dijalani, agar kita terhindar dari kondisi ini. Salah satunya dengan diet dash.

Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudiroto, SpPJ menjelaskan, diet dash memang dianjurkan untuk dilakukan terlebih bagi para penderita hipertensi. Dengan diet ini, pasien akan mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal, dan jauh dari risiko akan mengalaminya.

"Diet ini tidak hanya fokus pada satu elemen saja, tapi semuanya diperhatikan. Mulai dari karbohidrat, vitamin, sampai mineral," kata Ika menjelaskan dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovascular Summit 2014`, The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)

Pelaku diet dash, lanjut Ika, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, rendah lemak, dengan biji-bijian. Bahkan, pelaku diharus untuk mengonsumsi 4 sampai 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.

Dengan begitu, jumlah serat dalam tubuh akan sangat besar, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pun akan rendah. "Untuk memenuhinya, karbohidratnya lebih fokus pada gandum, ya. Dan untuk buah serta sayur, porsinya yang dibanyakin, bukan berapa banyak jumlah sayurannya," kata dia menambahkan.

Menurut sebuah penelitian, diet jenis ini terbukti mampu menurunkan tekanan darah dalam waktu 14 hari. Respons terbaik akan didapat para pasien yang tekanan darahnya cukup tinggi, termasuk bagi pasien dengan prehipertensi.

Pasien hipertensi yang lebih parah, yang mungkin hanya dapat disembuhkan dengan obat, dengan diet ini akan membantunya meningkatkan respons terhadap obat-obatan, dan membantu menurunkan tekanan darah. Diet ini pun dapat membantu orang menurunkan kolesterol, dan menurunkan berat badan dengan olahraga, dan mengurangi resistensi insulin dan mengurani risiko terkena diabetes.

"Diet dash ini tidak hanya untuk mereka yang sudah hipertensi saja. Yang normal juga dapat melakukannya, bahkan lebih bagus lagi manfaatnya," kata dia menekankan.

Statistik Final La Liga Barcelona vs Atletico Madrid

Posted: 17 May 2014 04:14 AM PDT

 Barcelona dan Atletico akan memperebutkan titel juara di laga terakhir yang berlangsung Sabtu (17/5/2014) malam WIB di Stadion Camp Nou. Musim ini, Barcelona dan Atletico total sudah bertemu lima kali.

Statistiknya yaitu Barca empat kali imbang dan satu kali kalah. Kekalahan Barcelona diderita saat leg kedua perempat final Liga Champions dimana gol tunggal Koke menjadi pembeda.

Pertemuan kedua tim ini sepanjang musim ini sangat ketat dan seret gol. Barcelona bahkan hanya mampu mencetak dua gol, sedangkan Atletico tiga gol. Siapapun yang mencetak gol berpeluang menjadi pemenang di duel antara dua rival kuat ini.

Di sisi lain, Barcelona unggul jauh dalam hal umpan-umpan silang, passing, penguasaan bola dan dribble bola. Terlihat jelas, Barcelona mempertahankan ciri khasnya yaitu tiki-taka menghadapi Atletico Madrid.

Sedangkan pelatih Atletico, Diego Simeone lebih menyukai permainan langsung ke depan. Itu tercermin dari statistik jika Atletico lebih banyak terperangkap offside dan pelanggaran juga banyak dilakukan pasukan Simeone.

Ingin tahu statistik lengkapnya? Berikut data yang dikutip Barcelona.com dari Optasports:

 

                            STATISTIK
Gol (rata-rata)
2 (0.4) 3 (0.6)
Total Tembakan
54 (10.8) 41 (8.2)
Tembakan ke Gawang
18 (3.6) 21 (4.2)
Umpan Silang
118 (23.6) 60 (12)
Offsides
2 (0.4) 12 (2.4)
Merebut Bola
370 (74) 383 (76.6)
Kehilangan Bola
477 (95.4) 475 (95)
Pelanggaran
57 (11.4) 102 (20.4)
Penalti
1 (0.2) 0 (0)
Kartu Kuning
13 (2.6) 15 (3)
Kartu Merah
0 (0) 2 (0,.)
Total Umpan
3.767 (753.4) 1.514 (302.8)
Umpan Yang Berhasil
3.245 (649) 1.040 (208)
Dribble
64 (12.8) 30 (6)
Rata-rata Penguasaan Bola
71.2 28.8

Mantan TNI Jadi Bandar Sabu Ditangkap

Posted: 17 May 2014 04:04 AM PDT

Polisi menangkap seorang mantan anggota TNI yang menjadi bandar narkoba di Bogor, Jawa Barat.

Lobi-lobi Parpol Jelang Pilpres 2014

Posted: 17 May 2014 04:04 AM PDT

Jelang pemilihan presiden , lobi-lobi politik partai makin memanas.

Kasus Kematian Renggo, Kepsek SDN 09 Makasar Dicopot

Posted: 17 May 2014 04:02 AM PDT

Buntut Kasus Kematian Renggo Khadafi,  Kepala Sekolah SDN Makasar 09 Pagi dicopot dari jabatannya

Syarief Demokrat: Ada Miskomunikasi Info Koalisi dengan Golkar

Posted: 17 May 2014 04:01 AM PDT

Sejumlah nama muncul untuk dijadikan sebagai capres-cawapres dalam dialog antara Demokrat dan Golkar.

Sambangi Markas PKS, Prabowo: Kita Ingin Buat Kekuatan Besar

Posted: 17 May 2014 04:00 AM PDT

PKS menyodorkan 3 nama cawapres ke Prabowo, yakni Hidayat Nur Wahid, Anis Matta, dan Ahmad Heryawan.