Senin, 19 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Serunya Berburu Cinderamata di Buddhist Amulet Market, Bangkok

Posted: 19 May 2014 05:05 AM PDT

Jika Anda berkunjung ke Bangkok, Thailand dan bingung mencari cinderamata yang unik dan khas dari kota tersebut, Anda dapat berkunjung ke Buddhist Amulet Market sebagai alternatif pilihan.

Seperti yang dilansir dari Travel.Cnn.com, Senin (19/5/2014), Buddhist Amulet Market yang terletak di Wat Ratchanada, Bangkok, Thailand ini menjual jimat keagamaan, mantra, benda-benda yang dipercaya memiliki kekuatan magis dan juga obat-obatan tradisional.

Para penduduk sekitar maupun wisatawan yang datang ke pasar ini percaya jika benda-benda yang dijual di pasar tersebut sangat berpengaruh pada keberuntungan, cinta, seks, uang, dan masalah duniawi lainnya.

Benda-benda tersebut pun memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang berfungsi mendatangkan keberuntungan, mendapatkan gadis pujaan, lulus ujian.

Benda-benda yang menyerupai jimat, yang dijual di pasar tersebut terbuat dari bermacam bahan. Ada yang terbuat dari logam, kayu, tulang, abu suci dari dupa, abu berwarna, batu-batu keramat, rambut manusia dan bahan lainnya.

Untuk mendapatkan benda-benda tersebut, pembeli harus rela merogoh kocek yang tidak sedikit. Satu buah benda langka dan antik bisa dihargai 3,3 juta Bhat atau Rp 1,1 miliar. Tetapi jika kita mencari di toko-toko sederhana bisa mendapat jimat mulai harga 10 Bhat (Rp 3.200).

Lebih lanjut, awalnya pasar di persimpangan Mahachai Road dan Ratchadamnoen Klang Road di Golden Mount di Wat Saket ini hanya diperuntukan bagi penduduk lokal. Namun saat ini pasar unik tersebut diperuntukan juga untuk wisatawan asing. (Ars)

Sidik Kasus Korupsi Alkes, KPK Geledah RSUD Banten

Posted: 19 May 2014 05:02 AM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah beberapa ruangan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten terkait dugaan korupsi alat kesehatan (alkes) Banten 2012-2013. Tak banya yang menyadari kedatangan penyidik di RS yang berlokasi di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Banjarsari, Cipocok Jaya, Kota Serang itu.

"Ada sekitar 10 penyidik KPK yang datang," kata salah seorang petugas medis RSUD Banten yang enggan disebutkan namanya, Senin (19/5/2014).

Menurut pantauan Liputan6.com, penyidik KPK datang pukul 15.30 WIB tanpa mengenakan rompi khas yang biasa digunakan penyidik lembaga itu. Penyidik awalnya menggeledah ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD), lalu beranjak ke lantai 1 hingga lantai 4.

Penyidik datang menggunakan kendaraan pribadi roda 4, yaitu mobil Grand Livina warna hitam dengan pelat nomor B 1110 NKH, Toyota Innova B 1904 SYU, B 1442 CFZ dan B 1285 WVH.

Mereka meninggalkan RSUD Banten pukul 15.56 WIB dengan menyita 3 koper dan 2 tas yang diduga berisi dokumen terkait kasus yang tengah disidik KPK. Penyidik ketika diminta konfirmasi tentang penggeledahan enggan memberikan pernyataan.

Sebelumnya, KPK telah memanggil 5 saksi terkait untuk kelengkapan berkas kasus ini. Kelimanya dimintai keterangan untuk tersangka Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan adiknya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Adapun mereka yang diperiksa untuk Atut adalah General Manager PT FA Antares Medika Hermawan Iskandar dan Kabid Binkemas Kesehatan Provinsi Banten Ferga Andriyana. "Mereka ini jadi saksi untuk RAC," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta, Jumat 25 April 2014.

Bersamaan dengan mereka, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan kepada 2 PNS Dinkes Provinsi Banten, yakni Sobran Yulinda dan Jana Sunawati. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk Wawan. "Kedua saksi ini untuk tersangka TCW," kata Priharsa.

Atut  dan Wawan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alkes di Provinsi Banten. Penyidik menyimpulkan telah menemukan 2 alat bukti permulaan yang cukup untuk dimulainya penyidikan kasus tersebut. Penetapan Atut dan Wawan sebagai tersangka sudah dilakukan sejak 6 Januari 2014. (Ans)

Wisnu Tjandra Hilang, Apa Kata Peggy Melati Sukma?

Posted: 19 May 2014 05:00 AM PDT

Wisnu Tjandra, pejabat tinggi Artha Graha dikabarkan hilang sejak 11 Mei 2014. Lalu apa kata Peggy Melati Sukma, mantan istri Wisnu Tjandra tentang masalah ini?
 
Dihubungi via BlackBerry Messanger (BBM) pada Senin (19/5/2014), Peggy Melati Sukma memilih berhati-hati dalam bicara. Ia tak mau banyak bicara tentang masalah ini.
 
Ketika ditanya, sudah tahu kah Peggy tentang hilangnya Wisnu Tjandra? Peggy Melati Sukma yang kini mengenakan hijab, justru memberikan jawaban yang menggantung. "Mohon doanya ya. Terima kasih," begitu Peggy menulis.
 
Ditanya lebih jauh soal Wisnu Tjandra, Peggy Melati Sukma memilih untuk diam. Ia tak mau menjawab pertanyaan yang dilontarkan kembali kepadanya.
 
Peggy Melati Sukma menikah dengan Wisnu Tjandra pada 28 Januari 2007. Akad nikah dilakukan di Kampung Cijeruk, Sukabumi, Jawa Barat. Pernikahan itu tidak berlangsung lama. Pada 14 November 2011, Peggy Melati Sukma resmi bercerai dari Wisnu Tjandra.

BlackBerry PlayBook Generasi Mendatang Cuma Mimpi

Posted: 19 May 2014 05:00 AM PDT

BlackBerry sempat melahirkan produk tablet yang dinamai BlackBerry PlayBook untuk bersaing dengan iPad Apple dan tablet Android. Sayang, perangkat layar sentuh berlayar besar itu tak meraih sukses ketika hadir di pasaran.

Beberapa waktu lalu, rencana BlackBerry membuat kembali produk berbentuk tablet komputer kembali beredar. Kabar itu santer beredar berdasarkan keterangan yang diungkap John Chen yang tak lain merupakan CEO BlackBerry.

Sayangnya, ketika dikonfrontir langsung Chen mengaku pihaknya tak berencana membuat generasi lanjutan dari PlayBook. Ia juga berkilah perusahaannya tak berniat membuat komputer jinjing alias notebook. 

"Kami tidak berencana untuk membuat tablet ataupun notebook. Tablet mungkin dulu masuk dalam rencana kami, tapi untuk sekarang kami masih ingin berfokus mengembangkan smartphone," ungkap Chen di Jakarta.

Fokus mengembangkan smartphone yang dilakukan perusahaan asal Kanada itu seakan ingin menepis isu BlackBerry bakalan melepas bisnis handset miliknya. Bahkan, Chen mengaku smartphone buatannya sanggup bersaing dengan handset berbasis sistem operasi Android dan iOS.

"Saya tetap yakin bahwa smartphone buatan BlackBerry masih memiliki tempat di pasar smartphone. Itu sebabnya kami masih tetap terus bekerja untuk mengembangkan perangkat smartphone untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," paparnya.

Pengembangan smartphone yang akan jadi fokus BlackBerry diakui Chen bakalan menyedot perhatian dan tenaga di perusahaannya. Hal itu jadi penyebab kemungkinan perusahaan yang dulu tenar dengan nama Research In Motion (RIM) itu pun masih belum mau masuk ke pasar wearable device dalam waktu dekat.

Padahal, banyak orang dari kalangan analis memprediksi wearable device berteknologi canggih dalam bentuk gelang, jam tangan maupun kacamata bakalan meramaikan pasar gadget di tahun 2014.

"Kami masih belum akan masuk ke pasar wearable device dalam waktu dekat entah jam tangan pintar atau produk sejenis lainnya," tandas Chen kala itu.

5 Warna Pereda Mata Tegang

Posted: 19 May 2014 05:00 AM PDT

Mata bisa menjadi tegang saat melihat warna yang tak enak dipandang. Akan lebih baik jika Anda melihat warna yang menenangkan mata. Jangan sampai, warna yang Anda lihat membuat kepala sakit atau mengalami masalah mata lainnya.

Kebanyakan orang cenderung melihat warna yang gelap, terutama ketika berkerja di depan monitor. Apabila Anda mempertimbangkan warna latar belakang, perhitungkan warna yang akan sesuai dengan mata Anda. Berkonsentrasilah pada warna yang akan menenangkan mata Anda.

Berikut beberapa warna yang bisa membantu menenangkan mata Anda seperti dilansir Boldsky, Senin (19/5/2014).

1. Merah

Warna merah tampaknya bagus untuk mata Anda apabila digunakan sebagai latar belakang. Anda akan menemukan warna merah, terutama merah kayu gelap yang menenangkan mata Anda.

Ini adalah warna terbaik untuk latar belakang telepon atau komputer. Anda harus selalu berpikir merah menjadi warna yang baik untuk mata Anda.

2. Biru

Apabila ingin warna yang menenangkan mata, Anda bisa memilih biru karena ringan dan mewah. Anda akan menganggap warna ini berperan terbaik sebagai warna latar belakang. Biru disukai karena menenangkan Anda.

3. Cokelat

Ketika Anda ingin warna yang membumi, cobalah warna cokalet. Warna ini terasa baik ketika dipandang dan paling menenangkan. Cokelat tampak ramah dan menenangkan mata terutama apabila tegang karena berlebihan melihat monitor.

4. Putih

Anda akan menemukan bahwa latar belakang putih adalah yang terbaik. Putih selalu digunakan untuk menggambarkan dan menunjukkan perdamaian.

Ini adalah salah satu kombinasi terbaik untuk mata.  Bila Anda menempatkan hal-hal putih di meja Anda, seluruh aura menjadi damai dan baik.

5. Hitam

Warna ini selalu disukai sebagai latar belakang untuk monitor Anda. Ini bukan warna menyedihkan yang sering dibicarakan orang-orang. Ini merupakan warna yang kuat yang menandai kekuatan dan kekuasaan.



BI Berharap Penguatan Rupiah Bisa Permanen

Posted: 19 May 2014 04:58 AM PDT

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan perhelatan pemilihan presiden (pilpres) berpotensi pada menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) secara temporer atau sementara. Namun, BI berharap presiden dan wakil presiden terpilih bisa membuat penguatan tersebut menjadi Permanen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, dengan adanya pilpres membuat para investor cenderung untuk melepas valuta asing (valas) mereka. Alhasil, suplai atas valas di pasar menjadi lebih besar sehingga menguatkan nilai tukar rupiah.

"Kalau yang sekarang ini bisa dikatakan, seandainya ada penguatan yang sifatnya karena ada pengumuman secara politik ,baik menurut persepsi investor, itu tentu sifatnya sementara," kata dia, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Namun demikian, pihaknya berharap rupiah diharapkan menguat lebih permanen ketika pengumuman capres pada tanggal 20 Mei 2014 dan berakhirnya masa kampanye.

Hal itu, lanjut dia akan membuat para investor memiliki rasa percaya diri untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Sementara itu, Agus menerangkan menguatnya rupiah tidak hanya ditunjang dengan adanya investor asing yang masuk ke Indonesia. Akan tetapi juga berasal dari investor lokal.

"Bukan hanya dari luar tapi yang di dalam negeri sendiri, kan kita ada suplai dari masyarakat eksportir. Kita yang pegang dana valas besar dan mereka  percaya bahwa ini saatnya mereka melepas dolar, dan itu mereka lakukan," kata dia.

Di sisi lain, ia mengatakan siapa yang  capres yang terpilih sewajarnya memiliki kemampuan dan wawasan untuk mengelola Indonesia.

"Masing-masing memiliki wawasan, mempunyai kemampuan untuk mengelola Indonesia, tentu Indonesia yg lebih baik, kami sambut baik," tegasnya. (Amd/Gdn)

Mahfud Dapat Tawaran Posisi Terhormat dari Prabowo

Posted: 19 May 2014 04:56 AM PDT

Direktur MMD Initiative Masduki Baidlowi mengakui bahwa mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mendapatkan tawaran, untuk bergabung dengan Capres Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa.

"Iya, ada tawaran terhormat bagi Pak Mahfud. Untuk sebuah posisi penting dan strategis dalam kabinet, merealisasikan cita-citanya memberantas korupsi dan menegakkan hukum," ungkap Masduki di Kantor MMD Initiative Jakarta, Senin (19/5/2014).

Masduki mengakui tawaran itu terhormat dan tidak pernah didapat di tempat lain. Namun, lanjut Masduki, Mahfud MD masih ingin mendiskusikan tawaran tersebut bersama timnya, terutama meminta masukan dari para kiai yang selama ini mendukung mantan Menteri Pertahanan era Presiden K.H. Abdurrahman Wahid itu.

"Karena pada prinsipnya kita tidak mengejar jabatan, perlu didiskusikan lebih lanjut apa manfaat dan mudaratnya bagi rakyat. Utamanya meminta masukan dan arahan dari kiai-kiai, yang selama ini mendorong Pak Mahfud untuk berperan penting di pentas nasional," ujar pria yang akrab disapa Cak Duki itu.

Ia pun menjelaskan, Mahfud MD akan sowan ke beberapa kiai dalam beberapa hari ke depan. Di antaranya, Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan Kiai Nawawi Abdul Jalil, Gus Ali Masyhuri dari PP Bumi Shalawat Sidoarjo, Kiai Basyir di Sumenep, Rais Syuriah PBNU K.H. Hasyim Muzadi, K.H. Syukron Makmun dari PP Darul Rahman Jakarta, sesepuh PPP sekaligus pengasuh PP Al Anwar Rembang Maimun Zubair, Kiai Dimyati Romli dan K.H. SHalahuddin Wahid di Jombang dan kiai-kiai lain di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten.

Bagi para kiai, lanjut Cak Duki, Mahfud merupakan sosok yang jujur, tegas, dan tak pandang bulu dalam penegakan hukum. Sepak terjang Mahfud selama menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, terutama para kiai dari Jawa Timur hingga Banten.

Melihat track record atau rekam jejak itu, capres Prabowo pun ingin mengajak Mahfud untuk merealisasikan cita-citanya dalam membenahi penegakan hukum dan keamanan.

Selain terlibat dalam pemerintahan mendatang, dengan bergabungnya Mahfud diharapkan bisa memenangkan pasangan yang diusung 5 partai politik yakni Partai Gerindra, PKS, PPP, dan PAN, serta Golkar.

"Karena, untuk merealisasikan cita-cita itu tentu perlu kemenangan dalam menghadapi pilpres mendatang ini. Karena itu, Pak Mahfud juga diminta untuk memimpin tim nasional pemenangan pasangan Prabowo-Hatta," tutup Cak Duki. (Ans)

Main Film Horor, Yama Carlos Ketakutan di Lokasi Syuting

Posted: 19 May 2014 04:50 AM PDT

Bermain film horor, memang menampilkan sosok makhluk gaib. Namun, di lokasi syuting para pemain tak sendiri. Mereka ditemani banyak kru film. Anehnya, Yama Carlos mengaku merasa ketakutan. Kenapa?

Bersama Sentra Film, Yama baru saja merilis film horor berjudul Hotline 666. Di film itu, Yama menjadi pengantar pizza yang kemudian terjebak di rumah hantu. Rumah itu merupakan tempat pembunuhan satu keluarga.

"Sebenarnya di lokasi syuting nggak ada yang aneh. Apalagi saya bukan orang yang sensitif terhadap itu (makhluk gaib). Tapi saya ini penakut. Jadi sebisa mungkin hindari syuting sendiri, pasti kumpul-kumpul sama kru," kata Yama saat screening film itu di Planet Hollywood XXI, Jakarta Selatan, Senin (19/5/2014).

Ada yang berbeda saat Yama berakting untuk film ini. Yama perlu penyesuaian lagi mengingat sudah lama ia tidak terlibat film horor. Terakhir, pemilik nama asli Hamba Ramanda itu main di Mati Suri pada 2009 lalu.

"Sudah lama nggak main film horor. Makanya perlu penyesuaian lagi. Tingkat kesulitan film beda-beda, pun dengan film ini. Berusaha menjiwai rasa takutnya," cetus Yama.

Hotline 666 juga diramaikan dengan penampilan Alodya Desi dan Natha Narita. Dijadwalkan, film ini bakal tayang akhir Mei mendatang.(Jul/Mer)

Atasi Macet, Pemerintah Minta Perusahaan Longgarkan Libur Mudik

Posted: 19 May 2014 04:47 AM PDT

Demi mengantisipasi kepadatan arus mudik, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menghimbau kepada perusahaan-perusahaan untuk memberikan kelonggaran libur bagi karyawan yang ingin mudik lebaran.

"Himbauan untuk perusahaan kami harapkan gajian itu kalau bisa jauh-jauh sebelumnya, kasih libur panjang biar bisa mudik lebih cepat," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Kemenhub juga meminta bagi perusahaan yang mempunyai program mudik bareng untuk menyelenggarakan program tersebut dalam dua tahap atau dua periode.

"Jadi keberangkatan bisa dua kali, misalnya anak istri dulu, kemudian bapaknya nyusul, itu bisa kurangi kepadatan arus mudik," katanya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, Kemenhub sudah menyiapkan beberapa armada tambahan untuk mampu mengurangi kepadatan arus mudik, terutama melalui jalur laut.

Dalam perayaan lebaran tahun ini, Kemenhub telah menyiapkan tambahan setidaknya tiga kapal roro untuk jurusan ke beberapa kota di pulau Jawa dan Sumatera.

"Kapasitas dari Fery dan kapal laut untuk terutama Jakarta-Semarang, kemudian Jakarta-Panjang untuk meringankan beban aktivitas di Selat Sunda. Fery juga disiapkan untuk Jakarta-Tegal-Semarang," kata dia. (Yas/Gdn)

Lucky Hakim Resmi Laporkan Pencemaran Nama Baik dan Fitnah

Posted: 19 May 2014 04:40 AM PDT

Pesinetron Lucky Hakim resmi melaporkan Intan Fitriana Fauzi dengan dugaan melakukan pencemaran nama baik dan fitnah. Laporan itu diajukan Lucky di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (19/5/2014).

"Hari ini secara resmi bapak Lucky didampingi kami membuat laporan polisi terhadap saudari Intan Fitriana Fauzi, SH terkait tindak pidana pencemaran nama baik dan atau fitnah sesuai pasal 310 dan 311 KUHP," kata kuasa hukum Lucky, Yules Kelo.

Intan dilaporkan karena telah menuduh Lucky melakukan pencurian sebanyak 45 ribu suara dalam pemilu legislatif, April lalu. Tuduhan itu disampaikan Intan terang-terangan dan terpajang di website Mahkamah Konstitusi di www.mahkamahkonstitusi.go.id

"Website itu bisa diakes seluruh Indonesia dan juga dunia. Apalagi di masa seperti ini web nya sering dibuka. Ini jelas pencemaran nama baik buat saya," tandas Lucky.

Seperti diketahui, Lucky dan Intan merupakan caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan Jawa Barat VI yang meliputi Bekasi dan Depok. Dalam pemilu lalu, KPU menyatakan Lucky mendapat 57ribu suara sedangkan Intan hanya 20 ribu suara.(Jul/Mer)