Rabu, 21 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Warga Padang Bisa Stop Merokok Dihadiahi Rp 100 ribu

Posted: 21 May 2014 04:34 AM PDT

Tak hanya melarang dalam bentuk Peraturan Daerah, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar), juga turut memotivasi warganya untuk tidak merokok dengan cara unik. Selain mendapat sertifikat bebas rokok, warga yang berkomitmen berhenti merokok akan diberikan hadiah berupa uang sebesar Rp 100 ribu.

Meskipun bukan jumlah yang banyak, Ketua Forum Pengendalian Penyakit tidak Menular Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, Firdaus menerangkan, jumlah ini cukup memberikan motivasi bagi warga. Buktinya, banyak keluarga yang dapat penghargaan dan jumlahnya terus meningkat sejak 2008.

"Mungkin nggak besar bagi Anda, tapi mereka yang mendapat Rp 100 ribu per keluarga di sini karena terus bertambah. Sejak 2008, ada 36 RT tanpa asap rokok. 2009 Sebanyak empat kelurahan dengan jumlah 200 rumah tangga. Pada 2010 menjadi 516 rumah tangga. Pemberian reward juga berlaku untuk aparatur pemerintah," kata Firdaus saat ditemui wartawan di acara kunjungan ke Wilayah Bebas Rokok di Padang Panjang, Sumatra Barat, Rabu (21/5/2014).

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Forum Kota Sehat Padang Panjang- Sumbar, Hariyanto juga mengungkapkan bahwa hadiah berupa uang akan diberikan setahun sekali atas dasar komitmen keluarga dan memotivasi perokok untuk berhenti.

Lagipula, kata Hariyanto, sebelum undang-undang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berlaku, masyarakat Padang Panjang memang telah diimbau untuk tidak merokok.

"Tahun 2006, pemerintah daerah memiliki kebijakan, siapa yang sakit akibat dari rokok, maka Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Padang Panjang (JPKMPP) tidak akan diberikan," ujar Hariyanto.

Nasdem: Tidak Ada Soal Belot-membelot Rachmawati ke Prabowo

Posted: 21 May 2014 04:33 AM PDT

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Patrice Rio Capella membantah, dukungan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Rachmawati Soekarnoputri terhadap pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengindikasikan adanya perpecahan di internal partai.

Menurutnya, dukungan yang diberikan Rahmawati ke Prabowo hanya bersifat pribadi, dan tidak mewakili partai. Sementara Partai Nasdem menyatakan berkoalisi dengan PDIP, PKB, dan Partai Hanura mengusung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Itu kan Prabowo datang ke rumahnya. Itu bahasa tuan rumah, dia menerima tamu yang sowan ke rumahnya. Lalu bilang mendukung. Tapi prinsip partai tidak ada soal belot-membelot," kata Patrice di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Patrice mengatakan, sebelum menerima kunjungan dari Prabowo itu, Rachmawati sudah meminta izin terlebih dulu kepada Partai Nasdem. Internal partainya pun tak mempermasalahkannya.

"Beliau bilang mau menerima Prabowo nanti di rumahnya, ya sudah kita tidak ada masalah. Itu dilakukan dia secara pribadi, bukan atas nama partai," ujarnya.

Patrice mengakui, posisi Rahmawati saat ini tidak dimasukkan dalam tim pemenangan Joko Widodo dan Hatta Rajasa sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden. Namun menurutnya, hal itu terjadi karena keterbatasan slot.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto berkunjung bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon ke kediaman Rachmawati yang letaknya tidak jauh dari Kantor DPP Partai Gerindra, pada Jumat 16 Mei silam.

Meski Partai Nasdem telah berkoalisi dengan PDIP untuk mendukung pencapresan Jokowi, Rachmawati tetap menerima Prabowo itu dengan ramah. Putri mendiang Presiden Soekarno ini bahkan memuji Prabowo. Ia menganggap Prabowo memiliki niat kuat dalam menyelesaikan persoalan konstitusi yang tengah dihadapi bangsa Indonesia. (Ans)

Kemenhub Usul Tambahan Subsidi Distribusi Daging Sapi

Posted: 21 May 2014 04:30 AM PDT

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengusulkan tambahan dana subsidi kepada Kementerian Keuangan untuk maskapai penerbangan Kargo Air yang membantu distribusi daging sapi. Tambahan dana subsidi ini mengantisipasi lonjakan harga daging sapi saat Lebaran.

Menteri Perhubungan, EE Mangindaan menuturkan, selama ini ada program distribusi daging yang menggunakan penerbangan perintis. Distribusi daging sapi lewat penerbangan perintis ini telah mendapatkan subsidi.

"Selama ini sudah ada dengan subsidi penerbangan perintis. Kalau perintis itu oke. Yang lalu sudah dilayani oleh maskapai penerbangan namanya Kargo Air. Kami subsidi," ujar Mangindaan, usai menghadiri Rakornas V TPID 2014 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Dia menjelaskan, pihak Kargo Air telah melayani pengangkutan daging dari Nusa Tenggara Barat ke Jakarta. Namun, diakuinya program ini masih memiliki banyak kendala seperti keterbatasan dana.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Mangindaan akan mengusulkan tambahan dana subsidi kepada Kementerian Keuangan, terlebih lagi untuk menghadapi lebaran yang biasanya harga daging melonjak naik. "Yang lalu memang sudah dan dilayani Kargo Air. Asal keluar anggarannya kami siap, Kargo Air siap pasti," jelas Mangindaan.

Selain itu, Mangindaan juga menyatakan telah menyiapkan kapal khusus pengangkut sapi. Kapal ini merupakan kapal tua milik PT Pelni (persero) yang telah diperbaiki dan diperkirakan mampu mengangkut 1.000 ekor sapi per kapal.

"Sekarang sudah ada 3 kapal kargo ternak. Tahun ini, ada 3 kapal, tahun depan tambah 1 kapal dengan kapasitas per kapalnya 1.000 ekor. Kereta api khusus angkut sapi juga sedang kita siapkan dengan modifikasi kereta yang sudah ada," tandasnya.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia kerap mengalami masalah dalam hal distribusi kebutuhan bahan baku dan bahan makanan. Salah satu bahan makanan yang mengalami kesulitan untuk distribusi daging sapi. (Dny/Ahm)

Ashanty Nilai Orasi Politik Anang Hermansyah Biasa Saja

Posted: 21 May 2014 04:30 AM PDT

Anang Hermansyah turut naik pentas dan memberikan orasi politik saat deklarasi Gema Indonesia di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Rabu (21/5/2014). Namun, sang istri, Ashanty yang duduk di depan panggung tidak tergugah dengan ucapan Anang. Ashanty justru menilai orasi politik yang disampaikan sang suami biasa-biasa saja.

"Orasi dia tadi biasa saja. Aku tahu dia bisa jauh lebih dari itu karena suami saya cerdas. Kalau aku melihat dia lebih memperjuangkan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)," kata Ashanty usai deklarasi.

Seperti telah diberitakan, Anang yang menjadi calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) lolos sebagai anggota DPR. Di Senayan nanti, Anang mengaku tak tahu seluruh bidang yang ada di komisi DPR.

"Saya akan masuk ke komisi yang bidangnya saya ngerti. Nggak mungkin di bidang tambang atau hukum. Mungkin di bidang industri kreatif," kata Anang.

Pelantun Jodohku itu diperkirakan akan semakin sibuk dengan perannya sebagai wakil rakyat. Ashanty pun memakluminya bila kelak waktu Anang banyak tersita untuk urusan negara.

"Semenjak jadi politikus (waktu Anang) agak susah. Apalagi pas hamil muda begini aku penginnya dekat terus. Tapi dia ngelayap terus, hehehe," canda Ashanty. (Jul/Fei)

Kerlap-Kerlip Gua Waitomo yang Berasal dari Cacing Bercahaya

Posted: 21 May 2014 04:30 AM PDT

Pernahkah Anda membayangkan melihat cantiknya kerlap-kerlip cahaya ketika berada di dalam gua? Umumnya cahaya kerlap-kerlip dapat Anda saksikan ketika tengah memandang hamparan langit di malam hari, namun kini cantiknya kerlap-kerlip cahaya dapat juga Anda nikmati saat berkunjung ke gua berikut ini.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Rabu (21/5/2014), Anda dapat melihat cantiknya kerlap-kerlip cahaya di gua Waitomo yang terletak tepat di luar kota Waitomo di North Island Selandia Baru.

Cahaya kerlap-kerlip yang cantik nan indah yang dapat dilihat dalam gua tersebut berasal dari cacing-cacing bercahaya yang hidup di gua dan memiliki populasi yang cukup besar.

Sementara itu, cacing bercahaya atau Arachnocampa luminosa adalah mahluk kecil, yang menghasilkan cahaya biru-hijau dan ditemukan secara eksklusif di Selandia Baru.

Gua-gua Waitomo pertama kali dieksplorasi pada tahun 1887 oleh kepala suku Maori lokal, Tane Tinorau didampingi oleh surveyor Inggris Fred Mace.

Penduduk Maori lokal mengetahui keberadaan gua-gua tersebut, tapi gua-gua bawah tanah ini tidak pernah secara luas dieksplorasi sampai Fred dan Tane pergi untuk menyelidiki. Mereka pun kemudian membangun rakit batang dan rami dan dengan lilin di tangan, menelusuri gua yang dialiri oleh sungai bawah tanah.

Ketika mereka memasuki gua, mereka kagum dengan cahaya cacing-cacing di langit-langit gua yang berkelap-kelip. Saat mereka melakukan perjalanan lebih jauh ke dalam gua mereka juga takjub oleh formasi batu kapur di dalam gua.

Gembira pada penemuan mereka, mereka kembali berkali-kali untuk menjelajahi lebih lanjut dan saat Tane kembali sendirian kesana, dia menemukan menemukan pintu masuk ke gua yang lebih mudah diakses, dan yang sekarang tetap menjadi pintu masuk gua saat ini.

Pada 1889 Tane Tinorau telah membuka gua untuk para wisatawan. Tane Tinorau dan istrinya Huti, memandu para wisatawan dengan bayaran yang murah. Pada tahun 1906 administrasi gua diambil alih oleh pemerintah.
Lebih lanjut, saat ini Tane Tinorau dan Fred Mace menerima persentase dari pendapatan gua dan terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan gua. (Ars)

Jokowi Lapor Kekayaan ke KPK Hari Ini

Posted: 21 May 2014 04:29 AM PDT

Calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Joko Widodo melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan yang menjadi salah satu syarat pencapresan itu bukan langsung disampaikan oleh Jokowi, melainkan melalui salah satu ajudannya.

"Hari ini Joko Widodo (melaporkan) Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)," ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi S.P. di kantornya, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Johan menjelaskan, selain pria yang akrab disapa Jokowi, pasangan Prabowo-Hatta juga sudah menyerahkan dokumen yang di dalamnya terdapat semua kekayaan para capres-cawapres.

"Kemarin yang sudah melapor Prabowo dan Hatta Rajasa. Besok JK (Jusuf Kalla) akan melapor," beber Johan.

Kendati begitu, Johan mengaku belum bisa menjelaskan secara detail mengenai jumlah kekayaan milik para capres dan cawapres yang akan bertarung pada Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang. "Saat ini masih diverifikasi," jelas Johan.

Sebelumnya, KPK sudah mengirimkan surat edaran kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk meminta seluruh calon presiden dan calon wakil presiden melaporkan harta kekayaannya yang terkini.

Sebab, ada aturan dalam tentang pelaporan harta itu dalam Pasal 5 huruf f dan Pasal 14 ayat (1) huruf d, Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. (Ans)

Aneka Busana Santai di Hari Minggu

Posted: 21 May 2014 04:28 AM PDT

Desainer Lenny Agustin memamerkan karyanya di Jakarta Fashion & Food di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Robinho Hijrah ke MLS?

Posted: 21 May 2014 04:22 AM PDT

Striker AC Milan, Robinho, dikabarkan akan hijrah ke liga utama Amerika Serikat (MLS). Gazzetta dello Sport, Rabu (21/5/2014), melaporkan bahwa pemain asal Brasil ini akan meninggalkan Rossoneri musim panas ini, sebagai bagian dari strategi transfer klub.

Agen Robinho juga mengatakan bahwa mantan pemain Santos ini memiliki opsi untuk pindah ke MLS, dan bergabung dengan Orlando City.

Media Italia itu juga mengabarkan soal masa depan bek Milan, Philippe Mexes. Pemain asal Prancis itu diyakini juga akan keluar dari Milan. Namun, Wakil Presiden Adriano Galliani, tidak menempatkan Mexes di antara daftar pemain yang akan pergi meninggalkan Milan.

Masalah kepindahan pemain Milan ini, juga sempat dikaitkan dengan sosok gelandang serang Milan Ricardo Kaka. Tapi, sepertinya mantan pemenang Ballon d'Or ini lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan San Siro musim panas ini.

Kaka sendiri akhir pekan kemarin memastikan akan bertahan di San Siro pada musim mendatang.

Kontrak Kaka bersama Milan sebenarnya baru habis Juni 2015. Namun muncul kecemasan Kaka akan pergi lebih cepat. Pasalnya dalam klausul kontrak ada pasal yang membuat Kaka bisa hengkang bila Milan gagal ke Liga Champions.

 

Bareskrim Polri Bongkar Penyelundupan 13 Kg Sabu dalam Pipa

Posted: 21 May 2014 04:22 AM PDT

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri bekerja sama dengan Direktorat Bea dan Cukai mengungkap jaringan narkoba internasional asal China. Para pelaku memanfaatkan pipa penyaring air untuk menyembunyikan sabu.

Penangkapan itu berawal dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai dengan adanya paket pipa. Petugas kemudian berkoordinasi dengan petugas Direktorat IV Mabes Polri.

"Pipa itu semula tidak terdeteksi. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam dengan membongkar isi pipa, baru ditemukan narkoba jenis sabu," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Pol. Arman Depari di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Arman mengatakan, X-ray atau sinar X tidak dapat mendeteksi isi dari pipa itu karena pelaku membungkus rapi sabu itu. Sabu dilapisi dengan berbagai bahan sehingga sinar X sulit untuk memastikan isi dari pipa.

"Pipa ini dibuka, lalu sabu yang sudah dibungkus plastik seberat 250 hingga 300 gram dimasukkan ke dalam pipa. Pinggiran pipa lalu dibalut dengan serbuk hitam. Jadi X-ray sulit mendeteksi," lanjutnya.

Penemuan barang bukti ini merupakan pengembangan kasus dari penangkapan terhadap TCH dan SN pada 1 Mei 2014 di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Jumlah pipa yang dapat kami amankan 10 set 20 buah. Jumlah sabu yang kami amankan 13 kg," terangnya.

Akibat perbuatannya, kedua kurir itu diancam Pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 2 subsider Pasal 113 ayat 2 jo Pasal 132 ayat 2 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (Ans)

Tanggapan Mirranda Kerr Tentang Kekasih Baru Orlando Bloom

Posted: 21 May 2014 04:20 AM PDT

Orlando Bloom dikabarkan tengah dekat dengan model cantik asal Inggris bernama Laura Paine. Dilansir dari Femalefirst, Rabu (21/5/2014), Laura tertangkap kamera menggandeng tangan Bloom saat mereka terlihat jalan bersama di London, baru-baru ini.

Menurut seorang sumber, Bloom dan Laura Paine memang menikmati makan malam bersama dengan dua orang teman mereka. Mereka memilih menghabiskan waktu bersama di Little House, Mayfair.

Ini bukan kali pertama, Bloom dikabarkan dekat dengan seorang wanita pasca perceraiannya dengan Miranda Kerr pada Oktober tahun lalu. Sebelumya, Bloom pernah dikabarkan telah menjali hubungan dengan seorang aktris asal Perancis bernama Nora Arnezeder pada awal tahun ini.

Namun, rupanya kabar berpacaran Laura Paine dan Orlando Bloom tersebut dibantah oleh Miranda Kerr. Mantan istri Bloom itu mengatakan hubungan Laura dan Bloom tidak lebih dari sekedar teman saja.

"Mereka hanya berteman. Keduanya sudah berteman selama bertahun-tahun. Kami berbicara tentang hal itu setiap hari. Semua ini akan baik-baik saja," ungkap Kerr seperti dikutip dari Contactmusic.

Selain itu, Kerr juga menjelaskan dirinya selama ini tidak memperhatikan kehidupan asmara mantan suaminya tersebut. Namun, model asal Australia itu hanya ingin memberitahukan kepada publik sebelum isu tentang hubungan Laura dan Bloom semakin mencuat.

"Sejauh ini saya tahu kebenaran akan hal itu (hubungan Laura dengan Bloom) dan orang-orang terdekat saya juga mengetahuinya. Bagiku, itulah hal yang terpenting," ujar Kerr. (Fir/Des)