Selasa, 20 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Potong Anggaran Rp 100 Triliun, DPR Khawatir Ekonomi RI

Posted: 20 May 2014 05:12 AM PDT

Rencana pemerintah memangkas anggaran mulai dari bantuan sosial (bansos) sampai perjalanan dinas menimbulkan kecemasan dari DPR. Anggota Parlemen justru lebih setuju bila pemerintah memotong belanja subsidi bahan bakar minyak (BBM).

"Pemerintah sekarang mengusulkan pengurangan program, saya khawatirkan penurunan belanja modal dan akhirnya ke pertumbuhan ekonomi kita," kata Ketua Badan Anggaran DPR, Ahmadi Noor Supit di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Lebih jauh, dia mengusulkan supaya pemerintah mengambil keputusan untuk mengurangi subsidi BBM maupun subsidi listrik. "Sisa anggaran saja tidak terserap rata-rata 12%-15%. Kalau 10% saja dari Rp 1.800 triliun sudah luar biasa besar kan," terangnya.

Meski tak menyebut secara gamblang terkait peluang menaikkan harga BBM bersubsidi, Ahmadi mengaku, pemerintah harus berani mengambil keputusan tepat.

"Yang diberi subsidi adalah mereka yang pantas mendapatkan subsidi. Jadi diberlakukan kepada masyarakat yang mampu untuk menggunakan pertamax," paparnya.

Selain itu, lanjut dia, mengurangi subsidi listrik kepada industri-industri besar yang sudah tercatat di pasar modal. "Kita dapatkan bahwa banyak industri yang sudah go public seharusnya tidak dapat subsidi tapi kenyataannya dapat," ujarnya.

Ahmadi menilai, sekitar 62 perusahaan besar dan 1.000 perusahaan kelas menengah yang berpotensi dikurangi subsidi listrik. "Itu bisa menghemat banyak," pungkasnya.  

Dari data Kementerian Keuangan, pemerintah telah merevisi target pertumbuhan ekonomi dari 6% menjadi 5,5% di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014.

"Perkembangan ekonomi terus memburuk, likuiditas global semakin ketat sehingga berpengaruh likuiditas domestik dan suku bunga dalam negeri. Dan akhirnya akan mempengaruhi aktivitas investasi," ucap Menteri Keuangan, Chatib Basri.  

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2014 yang mencantumkan rincian penghematan anggaran dari 86 Kementerian/Lembaga (K/L). Total anggaran yang dihemat berdasarkan Inpres ini mencapai Rp 100 triliun, dari jumlah anggaran belanja K/L sebelumnya, yaitu Rp 637,841 triliun. (Fik/Ndw)

Olahraga Ekstrim Mulai Digandrungi Pemuda Irak

Posted: 20 May 2014 05:12 AM PDT

Parkour mulai diminati para pemuda Irak, Rabu (14/05/2014) (AFP PHOTO/HAIDER HAMDANI).

Band Milik Yui Ciptakan Lagu Tentang Tuhan

Posted: 20 May 2014 05:10 AM PDT

Salah satu penyanyi wanita populer Jepang Yui, berencana untuk merilis sebuah single baru bersama band miliknya, Flower Flower. Single yang digarap dalam format digital itu, diberi judul Kamisama.

Dilansir dari JPop Asia, (20/5/2014) single yang memiliki arti 'Tuhan' itu, akan dirilis pada 21 Mei 2014. Lagu-lagu yang ada di dalamnya pun bukanlah materi baru, namun lebih kepada kumpulan rekaman mereka selama manggung.

Di CD single baru ini, hanya terdapat materi lagu lama dikarenakan kurangnya aktivitas band serta tidak adanya waktu untuk menghasilkan judul-judul baru. Sehingga, mereka pun memutuskan untuk merekam materi lama dalam wujud single.

Melalui blog Flower Flower, Yui pun menyatakan, "Saya dulu hanya memainkan gitar akustik, tapi akhir-akhir ini sudah menggunakan gitar listrik. Kamisama adalah salah satu lagu pertama yang saya mainkan dengan gitar listrik, jadi lagu ini sangat penting bagi saya. Saya berharap lagunya bisa mengangkat semangat kalian ketika mendengarkannya."



Flower Flower sempat rehat sejak Maret 2014 lalu setelah Yui mengalami serangan panik secara tiba-tiba. Akibat kejadian itu, Yui pun kemudian menerima perawatan medis akibat gejala tersebut. Ia pun berencana melanjutkan aktivitasnya sedikit demi sedikit.

Serangan panik Yui juga sempat membuat Flower Flower membatalkan konsernya di Saitama Super Arena dalam konser bertema Viva La Rock yang diadakan pada 4 Maret 2014 lalu.

Grup band Flower Flower terdiri dari Yui (vokal, gitar), Murajun (keyboard), Mafune (bass) dan Saji (drum). Demi kariernya bersama band barunya ini, Yui rela memotong rambutnya serta mewarnainya hingga berubah menjadi pirang.(Rul/*)

Kiper PSAP Menyesal `Tendang` Akli Hingga Tewas

Posted: 20 May 2014 05:05 AM PDT

Penjaga gawang PSAP Sigli, Agus Rohman mengaku sangat sedih mendengar striker Persiraja, Akli Fairuz meninggal dunia usai insiden yang terjadi dengannya di lapangan. Pasalnya Akli tewas usai berbenturan dengan Agus, saat kedua tim bertemu di Stadion H Dimurthala, Sabtu 10 Mei 2014.

Akibat benturan keras itu, Akli mengalami luka dalam. Kantong kemihnya mengalami kebocoran dan ususnya robek. Dia menghembuskan napas terakhir setelah hampir sepekan dirawat.

Kiper PSAP itu pun langsung merespon atas kabar meninggalnya Akli. Seperti dilansir laman resmi klub Persiraja, Agus menyebutkan sambil menangis, "Saya sangat menyesal, tidak ada unsur kesengajaan untuk mencederai dia."

Pada prosesi pemakaman, hadir pula beberapa pemain PSAP seperti Riza Fandi dan Bustami. Namun sayang, saat masih dirawat, tidak ada satu orang pun dari klub PSAP yang menjenguk ke rumah sakit.

Sementara itu, Sekretaris Jendral PSSI, Joko Driyono berjanji akan mengusut kematian Akli. "PSSI akan bekerjasama dengan Persiraja. Kami meninjau kasus Akli dari sisi medis dan olahraga," kata Joko.

Sementara itu, Sekretaris Jendral PSSI, Joko Driyono berjanji akan mengusut kematian Akli. "PSSI akan bekerjasama dengan Persiraja. Kami meninjau kasus Akli dari sisi medis dan olahraga," kata Joko. - See more at: http://bola.liputan6.com/read/2050826/pemain-divisi-utama-meninggal-setelah-kontak-fisik-dengan-kiper#sthash.GNzcxtsS.dpuf

 

Minyak Zaitun dan Sayuran Turunkan Tekanan Darah

Posted: 20 May 2014 05:00 AM PDT

Menurunkan tekanan darah bisa dari makanan yang Anda konsumsi. Cobalah memasukkan minyak zaitun pada menu yang biasa Anda konsumsi karena ini bisa mengurangi tekanan darah.

Lemak tak jenuh pada minyak zaitun bereaksi dengan senyawa tertentu di dalam sayuran sehingga membentuk senyawa ketiga yang bisa mengurangi tekanan darah.

Temuan tersebut mungkin menjelaskan mengapa diet Mediterania tampaknya bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

Ketika minyak zaitun dan sayuran dicerna bersama-sama, perut menyediakan lingkungan untuk asam lemak yang bereaksi dengan senyawa nitrogen dalam sayuran, dan senyawa yang dibentuk disebut asam lemak nitro, yang terbukti menjaga tekanan darah pada hewan.

Para peneliti menggunakan tikus untuk menyelidiki bagaimana asam lemak nitro bisa menyebabkan berkurangnya tekanan darah. Hewan yang digunakan dalam penelitian ini memiliki tekanan darah yang tinggi dan diberi minyak zaitun dengan asam lemak omega-6 bersama dengan natrium nitrit, untuk meniru komponen dari diet Mediterania, selama lima hari.

Hasilnya, diet bisa meningkatkan asam lemak nitro pada tikus dan menurunkan tekanan darah mereka.

Bukti ini diperkuat oleh fakta bahwa sekelompok tikus yang dimodifikasi secara genetik dan resisten terhadap efek penghambatan enzim ditemukan tekanan darah tingginya bertahan meski sudah melakukan diet yang sama.

Pada diet Mediterania, pelaku mengonsumsi lemak tak jenuh yang ditemukan dalam minyak zaitun, ikan, dan kacang-kacangan, serta sayuran seperti bayam, seledri, dan wortel yang kaya akan nitrogen.

"Meskipun tinggi lemak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diet Mediterania tampaknya mencegah penyakit jantung," kata peneliti seperti dilansir LiveScience, Selasa (20/5/2014).

Ini mungkin karena lemak yang dimakan bersama sayuran berdaun hijau dan mengakibatkan produksi asam lemak.

Asam lemak nitro telah terdeteksi dalam darah dan urine manusia serta hewan. Asam ini terbukti membuat rileks pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Penemuan baru ini menunjukkan diet Mediterania yang melindungi jantung sebagian datang dari asam lemak nitro.
Penelitian ini dicantumkan dalam Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Bumi Serpong Damai Bagi Dividen Rp 275,58 Miliar

Posted: 20 May 2014 05:00 AM PDT

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), perusahaan yang bergerak di bidang properti, membagikan dividen sebesar Rp 275,58 miliar atau 10,24% dari total laba bersih tahun buku 2013 yang tercatat Rp 2,69 triliun.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan BSDE Hermawan Wijaya mengatakan, sisa laba bersih atau kirang lebih 89,69% yang bernilai Rp 2,414 triliun akan dipergunakan perseroan sebagai laba ditahan dan akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan khususnya dalam pengembangan anak usaha.

"Pertumbuhan tahun 2013 merupakan lonjakan tertinggi dalam lima tahun terakhir," ucapnya usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Pertumbuhan laba tersebut didukung adanya transaksi berupa penjualan tanah kepada entitas anak usaha senilai Rp 1,20 triliun. Selain itu, perolehan laba tersebut juga didorong penjualan unit-unit residensial, tanah dan kawasan komersial perusahaan. Penjualan tersebut mendongkrak pendapatan perseroan sebesar Rp 5,74 triliun.

"Transaksi anorganik setara 21% dari total pendapatan konsolidasi perseroan, sedangkan 79% atau Rp 4,53 triliun dikontribusikan oleh pendapatan organik perseroan," jelas dia.

Sebagai informasi di tahun 2013 laba bersih tumbuh sebanyak 109% menjadi Rp 2,69 triliun dari tahun sebelumnya. Aset perseroan naik sebanyak 35% menjadi Rp 22,57 triliun dari Rp 16,76 triliun. Kenaikan tersebut terutama terjadi pasa aset lancar mencapai 40% menjadi Rp 11,83 triliun dari Rp 8,44 triliun. (Amd/Gdn)

XL Gempur UKM Untuk Pasarkan Iklan Mobile

Posted: 20 May 2014 05:00 AM PDT

Tingginya angka adopsi perangkat mobile ikut mendorong pertumbuhan industri iklan mobile. PT XL Axiata Tbk mengaku akan memacu bisnis mobile advertising pada tahun ini.

Operator telekomunikasi itu berniat meningkatkan jumlah pengiklan dari layanan mobile yang ditawarkannya. XL mengaku pada tahun lalu telah menguasai 25% di industri iklan mobile Tanah Air.

"Kami menguasai sekitar 25% atau setara USD 2,375 juta dari iklan mobile Indonesia tahun lalu yang mencapai USD 9,5 juta. Iklan berbasis lokasi menyumbang 12,5% bagi total pendapatan iklan digital XL," papar Herwinto Chandra Sutantyo, GM Mobile Advertising Digital Services.

Iklan berbasis lokasi atau Location Based Advertising (LBA) cukup diminati oleh para pengiklan di layanan XL. Iklan berbasis LBA dianggap bisa lebih efektif dan tepat sasaran dibandingkan dengan model iklan lainnya.

Usaha kecil dan menengah atau UKM disebutkan Herwinto jadi target pengguna layanan iklan mobile yang disediakan XL. Perusahaan operator terbesar kedua di Indonesia itu mengaku menyediakan tim Mobile Advertising untuk memasarkan layanan iklan mobile LBA ke UKM.

"Kita sediakan tim Mobile Advertising untuk UKM di lima wilayah regional yang meliputi Sumatra dan kepulauan, Jabodetabek dan Banten, Jabar-Jateng-DIY, Jatim – Bali dan Nusa Tenggara, serta Kalimantan-Sulawesi-dan Kawasan Timur Indonesia," tambahnya.

Lebih lanjut, Herwinto mengungkapkan UKM yang paling banyak memanfaatkan iklam mobile berbasis LBA ada di Bali dan Surabaya. Berikutnya ialah pasar yang ada di daerah Makassar, Jakarta, dan Jawa Barat.

Dian Siswarini selaku Chief of Digital Services XL mengatakan di tahun ini bisnis digital seperti mobile advertising. Keduanya memasuki tahapan adopsi yang diharapkan bakalan mendapat penambahan pelanggan secara signifikan dan pada tahun 2015 akan terjadi usage stimulation dengan menggenjot frekuensi penggunaan.

"Pada 2016 baru revenue membesar dan kontribusinya ke bisnis XL secara keseluruhan kelihatan. Tahun ini kita bidik omzetnya sekitar Rp 850 miliar," kata Dian yang ditemui tim Tekno Liputan6.com, Selasa (20/5/2014).

Widi Arjuna Mesra dengan Juwita Bahar

Posted: 20 May 2014 05:00 AM PDT

Kemesraan terlihat saat pedangdut Widi Arjuna dan Juwita Bahar menggarap videoklip berjudul I'm Fallin In Love With U. Pesona kecantikan dan suara merdu Juwita, mampu dengan mudah menghipnotis Widi Arjuna.

"Juwita memang penyanyi dangdut yang komplet. Punya wajah cantik dan didukung dengan suara yang prima. Cocok sekali jadi model videoklip saya," ungkap Widi saat ditemui disela-sela pembuatan videoklip lagu terbarunya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (20/5/2014).

Juwita tak sebatas menjadi pemanis dalam videoklip milik pedangdut jebolan Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 4 itu. "Dia jago akting juga. Makanya dia gampang menyesuaikan karakternya sama cerita di lagu saya. Jadi memang konsepnya pas," papar Widi.

Konsep pembuatan videoklip ini memang sengaja dibuat seperti musisi favorit pemain sinetron Raden Kian Santang. Walau bernuansa gothic tetap elegan.

"Seperti video klipnya Jay Z, salah satu musisi favorit saya. Memang pengin banget bikin videoklip yang ada nuansa dark, tapi juga pakai tata lampu yang keren," tutup dia.(Gie/Mer)

Meniru Gaya Seleb, Balita 4 tahun Jadi Bintang Fashion Instagram

Posted: 20 May 2014 05:00 AM PDT

Apa beda makna kata `meniru`, `menyontoh`, dan `menyontek`? Meski sense dari tiap kata tersebut berbeda dan maknanya bergantung dalam konteks kalimat tertentu, ada ide dasar dari ketiga kata tersebut. Yakni menghasilkan sesuatu yang konsepnya diambil dari sesuatu yang lain. `Plagiat` atau `copycat` adalah ekspresi verbal serupa yang berkonotasi negatif.

 

Jika Anda melihat penampilan balita 4 tahun ini, Anda bisa punya referensi baru dalam diskusi tentang kata-kata yang sebelumnya disebut. Dilansir dari dailymail.co.uk Selasa (20/5/2014), Ryker Wixom, bocah asal Los Angeles California, adalah bintang Instagram yang melalui gaya busana meniru seleb atau fashion blogger berhasil menarik 80.000 followers.

 

Pada sebuah foto tampak Ryker meniru gaya Ryan Gosling yang sedang memakai kaos, jeans, dan tas ransel. Di foto lainnya tampak Ryker mengenakan sweater dan kacamata hitam seperti tampilan Pharrell Williams. Selain dua artis tersebut, Ryker juga meniru gaya-gaya fashion blogger Adam Gallagher dengan akun Instagram bernama IAmGalla.

 

Selain item-item fashion serupa, pose-pose Ryker yang mirip bintang yang ditirunya menambah kesan cute dari tampilannya di foto-foto tersebut. Adalah Collete, ibu Ryker, yang menjadi pengarah busana dan gaya bintang fesyen Instagram itu. Collete mengatakan bahwa hal ini dilakukan sejak tiga bulan lalu. Istilah yang digunakan oleh Collete pada website dan akun Instagram anaknya adalah Mini Style Hacker.

 

Item-item fesyen yang dikenakan oleh Ryker dalam tampilannya adalah barang-barang dari merek yang lebih terjangkau seperti Gap, H&M, dan Zara. Tentang pose-pose Ryker, Collete memiliki caranya sendiri agar Ryker bergaya seperti pose orang yang ditiru. Caranya adalah dengan mengajaknya bermain hingga pose serupa muncul tanpa ia sengaja melakukannya sebagai bentuk tiruan.

 

“Kami menggunakan banyak imajinasi saat melakukan hal itu dan kami sangat menikmati nya. Jika Anda melihat posenya sedang memasukkan tangan ke saku, sesungguhnya Ryker sedang berimajinasi memegang senjata dan bermain tembak-tembakan. Jika Anda melihat posenya sedang bersandar di dinding, sebenarnya Ryker sedang bermain untuk mendorong dinding dengan tubuhnya,” jelas Collete.

Persib Gagal Balas Dendam Terhadap PBR

Posted: 20 May 2014 04:53 AM PDT

Persib Bandung gagal membalaskan dendamnya terhadap rival sekota, Pelita Bandung Raya (PBR) ketika bertemu di Stadion Si Jalak Harupat dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL), Selasa (20/5/2014).

Seperti yang diketahui, di pertemuan pertama kala PBR berperan sebagai tuan rumah di Stadion yang sama, Persib takluk 0-1. Kendati demikian, Persib gagal membayar kekalahan tersebut karena di pertemuan kedua ini skor berakhir imbang 2-2.

Di awal-awal babak pertama, Persib coba mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Alhasil mereka mendapat peluang pertama lewat pergerakan Firman Utina. Namun sayang, umpannya ke jantung pertahanan PBR masih dapat dihalau.

Melihat serangan Persib yang cukup berbahaya, maka PBR mengambil inisiatif dengan bermain hati-hati. Namun dengan perlahan tapi pasti, PBR mampu keluar dari tekanan dan memberikan ancaman melalui umpan silang Kim dari sisi kiri pertahanan Persib. Beruntung bagi Persib, bola masih bisa dapat ditangkap Made Wirawan.

Tidak lama berselang, Persib membalas serangan PBR tersebut ketika umpan silang Konate menimbulkan kemelut di depan gawang. Akan tetapi Tantan gagal memaksimalkannya meski ia tinggal berhadapan dengan kiper Romanovs.

Persib akhirnya berhasil memecah kebuntuan berkat tendangan spektakuler Tantan pada menit ke-33. Tusukan Tantan dari sayap kanan tidak mampu diadang Hermawan, dan begitu mendapat ruang ia langsung melepas tembakan yang menjebol gawang Romanovs.

Selang dua menit kemudian, Persib sebetulnya berhasil memperbesar keunggulan berkat gol yang dicetak Djibril. Namun Djibril sudah lebih dahulu offside sehingga gol dianulir wasit.

Pada waktu tambahan dua menit, PBR mampu menyamakan kedudukan lewat tandukan Wildansyah yang memanfaatkan tendangan bebas Kim. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, baik Persib dan PBR langsung bermain terbuka untuk bisa mencetak gol lebih dulu sejak peluit dibunyikan. Persib kembali menciptakan peluang ketika Sinaga menyambut umpan cerdik Konate dengan tandukannya, tapi Romanovs dengan sigap menangkap bola.

PBR membalikkan keadaan pada menit ke-70 melalui Kim J. Kurniawan. Gol tercipta hasil dari kerja sama apik Bambang Pamungkas yang memberikan umpan terobosan menyilang, Vladimir Vujovic yang mengejar bola, tidak terjangkau. Skor pun berubah menjadi 1-2.

Berbeda dengan PBR, tuan rumah Persib lebih memilih menyerang. Hariono ditarik digantikan oleh Atep di menit ke-78. Serangan bertubi-tubi yang dilakukan tim asal Bandung ini pun berbuah hasil. Ferdinand sukses memanfaatkan umpan dari Konate melalui tandukannya. Hingga tambahan waktu empat menit skor tidak berubah dan bertahan 2-2.

Susunan pemain:

Persib: Made Wirawan; Supardi, Vladimir, Abdul Rahman, Tony; Hariono, Taufiq, Firman, Konate; Tantan, Coulibaly

PBR: Romanovs; Iman, Boban, Hermawan, Wildansyah Diaz, Kim, David Laly, TA Musafri, Riz. Pellu, Bambang.